Apa Itu Domain .Xyz & Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?

Domain .xyz, mungkin masih terasa aneh bagi sebagian orang, alasannya ketika berselancar di internet, jujur saja, kita niscaya paling sering menemui website dengan akhiran .com di belakangnya. Selain .com, ada juga .net, .id, .co.id dan sejenisnya.

Walau teman relatif jarang menemukan nama domain ini di internet, tolong-menolong domain .xyz sudah cukup banyak di daftarkan lho, oleh para blogger. Bahkan pada november 2015, domain .xyz sudah didaftarkan lebih dari 1,5 juta orang di seluruh dunia.

Itu 2015.. Entah kalau sekarang.. Mungkin sudah meningkat jauh lebih pesat.

 mungkin masih terasa aneh bagi sebagian orang Apa Itu Domain .XYZ & Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?


Kalau baca-baca di internet, pemilihan nama XYZ ini berdasarkan sebuah teori yang mengklasifikasikan para pengguna teknologi ke 3 kategori, yaitu X, Y dan Z (Generasi XYZ). Nah, maksudnya begini..

Kategori X, yakni generasi untuk orang-orang yang lahir di rentang waktu 1960 sampai 1980. Kategori Y yakni generasi untuk orang-orang yang lahir di rentang waktu 1977 sampai 2004, dan kategori Z adalah generasi untuk orang-orang yang lahir dari tahun 2001 dan seterusnya.


Pengalaman beli domain .xyz

 

Saya sendiri tolong-menolong sudah mencoba domain .xyz untuk beberapa blog eksklusif saya. Domain .xyz ini, aku pakai untuk blog yang akan didaftarkan Google Adsense (Supaya dapet non-hosted), dan satunya untuk percobaan safelink.


But why saya pilih domain .xyz?

Karena untuk dikala ini, domain ini sangat murah harganya. Saya muter-muter kesana kemari, dan rata-rata aku menemukan harga domain ini hanya 20 ribuan. Bahkan, kalau teman beruntung, teman sanggup menemukan promo domain .xyz dengan harga hanya 5000 rupiah saja.

Pada akhirnya, aku beli domain .xyz ini di salah satu penyedia domain lokal terkenal di Indonesia. Biaya yang aku keluarkan untuk beli domain ini dikala itu hanya 11 ribu rupiah. Itu juga sudah termasuk PPN.

Tapi berdasarkan aku jauh lebih baik bila dibandingkan dengan domain gratisan yang sanggup mati kapan saja (Pengalaman pribadi).


Kelebihan domain .xyz

 

Nah, lanjut ke pembahasan utama. Setiap domain tentunya mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri. Tidak terkecuali domain .xyz.. Berikut kelebihan dari domain .xyz


Harga super murah

Seperti yang aku bilang tadi, harga domain .xyz untuk dikala ini masih sangat murah. Sobat sanggup menemukan domain ini di kisaran harga 2$ atau bahkan lebih murah.

Harganya yang murah ini, sangat cocok untuk teman blogger yang ingin domain TLD tapi tidak punya banyak modal, menyerupai saya.


Lebih gampang untuk diingat

Domain .xyz hanya terdapat 3 huruf, sehingga jadi lebih gampang untuk diingat. Jauh berbeda bila teman menggunakan subdomain bawaan, menyerupai blogspot.com atau wordpress.com.

Domain yang gampang diingat, berpotensi untuk mendapat returning visitor bahkan visitor loyal.


Lebih terpercaya

Kalau disuruh menentukan antara domain gratisan dan domain .xyz, aku lebih menentukan domain .xyz walaupun harus mengeluarkan sedikit biaya. Karena memang, domain .xyz jauh lebih sanggup dipercaya.


Alasannya, alasannya perusahaan sebesar Google sendiri punya website dengan domain .xyz untuk salah satu proyek perusahaannya. Penasaran? Klik abc.xyz

Ditambah, domain ini juga terus berkembang dengan pesat sampai dikala ini. So, jangan ragu-ragu lagi.


Lebih banyak pilihan untuk mendaftar

Domain .com, .net dan sejenisnya, sudah didaftarkan dan digunakan oleh berbagai orang.  Ini menjadikan alamat domain yang tersedia untuk didaftarkan jadi menurun alasannya 1 domain hanya sanggup untuk 1 website.

Tapi mengingat domain .xyz masih relatif baru, alamat yang tersedia jadi jauh lebih banyak dibandingkan domain TLD sejenis.



Ada kepuasan tersendiri

Penggunaan domain TLD, tidak terkecuali domain .xyz, memang menawarkan kepuasan tersendiri. Ini alasannya blog yang kita buat terasa lebih 'professional' dan terlihat 'premium'.

Dalam beberapa kasus, penggunaan domain TLD juga sanggup menciptakan teman jadi lebih rajin mengupdate blog lho.


Kekurangan domain .xyz  



Masih belum banyak diketahui

Ini alasannya domain .xyz gres beberapa tahun kemudian diluncurkan, dan jumlah pendaftaran domainnya tentu masih lebih sedikit bila dibandingkan dengan domain TLD sejenis. Karenanya, domain .xyz masih belum banyak diketahui oleh sebagian orang..

Akibatnya, kadang ada orang yang malas mengunjungi situs dengan domain .xyz dikarenakan terasa tidak familiar dengan nama domainnya.


Berbayar

Sebenarnya poin ini bukanlah termasuk kekurangan, alasannya pada dasarnya, domain TLD itu rata-rata berbayar. Tapi aku masukkan disini alasannya bagi sebagian orang, menggunakan domain berbayar tentunya agak memberatkan. Apalagi bila belum menghasilkan dari blog. 


Kesimpulan...

 

Menurut saya, penggunaan domain .xyz cukup worth untuk investasi masa depan. Mengingat domain ini harganya masih sangat murah untuk dikala ini. Domain ini juga terus dan terus berkembang. Belum lagi, Google sendiri juga punya website dengan domain .xyz.

Tapi untuk dikala ini, aku memang masih percaya dengan domain TLD yang sudah populer. Seperti ini.

Semuanya tidak mengikat, alasannya banyak juga, yang sudah menggunakan domain .xyz untuk website mereka.

Silakan kembali ke harapan masing-masing.


Penutup...


Nah, sekian informasi wacana apa itu domain .xyz serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini sanggup membantu teman yang ingin mendaftarkan domain .xyz ke website eksklusif sobat.

Artikel ini aku tulis, didasarkan dari beberapa sumber + pengalaman eksklusif aku menggunakan domain .xyz.

Semoga bermanfaat.

 

0 Response to "Apa Itu Domain .Xyz & Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel