5 Cara Cek Spesifikasi Android Lengkap Hingga Tipe & Brand Lengkap

Ada banyak sekali pengguna Android di Indonesia ketika ini. Penggunanya pun bermacam-macam usianya. Dari remaja, dewasa, lansia, bahkan anak-anak. Karena memang, pertumbuhan Android sudah meningkat sangat pesat.

Dan seiring pesatnya perkembangan teknologi, setiap tahun selalu lahir brand dan tipe smartphone serta tab Android baru, yang mempunyai spesifikasi hardware dan sistem yang beragam.

Harga yang ditawarkan pun ketika ini sudah sangat terjangkau. Karena saya beli HP Android Dual-core dengan RAM 512 MB dulu harganya 1 jutaan.. Tapi sekarang, dibawah 1 jutaan pun sudah banyak yang  berspesifikasi Quad-core dengan RAM 1 GB.


Ada banyak sekali pengguna Android di Indonesia ketika ini 5 Cara Cek Spesifikasi Android Lengkap Sampai Tipe & Merk Lengkap


Nah, dari banyaknya varian spesifikasi Android yang ada, tapi tidak semua pengguna Android tahu, bagaimana cara cek spesifikasi Android secara lengkap.


Pengecekan spek Android, dapat dilakukan secara manual atau lewat aplikasi. Melakukan pengecekan spek Android juga dapat bermanfaat untuk banyak hal. Salah satu contohnya, bila teman ingin main suatu game tapi tidak tahu gamenya berpengaruh atau tidak.

Untuk spek yang di cek, biasanya ada pada:

  • Ukuran layar
  • Spesifikasi layar
  • Slot SIM
  • Baterai
  • Kamera
  • Kapasitas RAM
  • Jenis CPU
  • Kapasitas penyimpanan
  • Dan masih banyak lagi...


Nah, disini saya akan membahas secara khusus, cara melihat spesifikasi Android secara lengkap. Tutorial ini dapat digunakan untuk semua jenis dan brand Android, hanya saja mungkin ada beberapa langkah yang berbeda-beda tergantung versi Android yang dipakai.

Langsung saja, berikut caranya ...


Cara Melihat Spek Android Lengkap

 

1. Lewat Dus Smartphone / Tablet

 

Kalau teman gres beli smartphone atau tablet, terutama yang gres (Bukan seken), teman niscaya akan mendapat dus smartphone atau tab tersebut. Nah, teman dapat melihat spesifikasi Android yang teman pakai pada dus tersebut,

Spesifikasi yang tertera pada dus, biasanya tidak begitu banyak. Diantaranya kapasitas RAM, ROM (Storage), CPU, Layar, kapasitas baterai, dan versi Android.


Tapi tentunya, spek yang tertera pada dus berdasarkan saya sudah mencukupi untuk sekedar melihat spek dasar HP.


2. Lewat ABOUT Android

 

Pada HP Android, bergotong-royong sudah tersedia gosip dasar dari sistem Android yang teman gunakan. Informasi ini meliputi dari versi Android, Tipe HP,  Kapasitas RAM, Kernel, dan masih banyak lagi.

Caranya : Silakan pergi ke Settings >> Geser layar ke paling bawah >> Klik Tentang Ponsel (About Phone) >> Sobat dapat cek gosip spek disini.


Ada banyak sekali pengguna Android di Indonesia ketika ini 5 Cara Cek Spesifikasi Android Lengkap Sampai Tipe & Merk Lengkap


  • Note : Sobat juga dapat mengaktifkan opsi pengembang (Developer options) dengan cara meng-klik nomor bentukan beberapa kali.


3. Lewat FILE MANAGER 


Semua HP Android, niscaya ada aplikasi file manager. Entah itu bawaan atau aplikasi pihak ketiga. Nah, teman dapat mengecek kapasitas penyimpanan teman lewat aplikasi ini.

Cara ceknya tentu saja sangat mudah. Sobat tinggal buka aplikasi file manager >> Kemudian lihat berapa kapasitas internal (maupun eksternal) di HP yang teman pakai.

Ada banyak sekali pengguna Android di Indonesia ketika ini 5 Cara Cek Spesifikasi Android Lengkap Sampai Tipe & Merk Lengkap


Ingat, kapasitas memori internal HP itu biasanya ada di 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB, dan seterusnya (Dikali 2). Makara bila kapasitas yang teman lihat berbeda dengan yang tadi, teman dapat mematok dengan kapasitas yang lebih besar (Contoh 14 GB = 16 GB).

  • Note : Selain lewat file manager, teman juga dapat mengecek kapasitas penyimpanan lewat settings >> Storage (Penyimpanan). Disana akan tertera kapasitas penyimpanan HP sobat.
 

4. Dengan aplikasi pengecek spek Android

 

A. Dengan CPU-Z

 
CPU-Z, bila di komputer, ialah software untuk mengecek spesifikasi Processor yang digunakan secara lengkap. Nah, bila di Android, CPU-Z ialah aplikasi khusus yang berfungsi untuk mengecek spesifikasi HP Android yang teman gunakan.

Ada banyak sekali pengguna Android di Indonesia ketika ini 5 Cara Cek Spesifikasi Android Lengkap Sampai Tipe & Merk Lengkap


Spesifikasi yang tertera di aplikasi ini pun cukup lengkap. Sobat dapat mengecek jenis SoC, ukuran dan resolusi layar, internal memori, hingga sensor pada HP. Selain itu, aplikasi ini sizenya kecil. Hanya 2 MB saja dan dapat di download di playstore.

Silakan download aplikasinya di : CPU-Z (Google Playstore)



B. Dengan Aida64


Sama halnya dengan CPU-Z, AIDA64 ialah aplikasi khusus dimana teman dapat mengecek spesifikasi HP Android teman secara lengkap, bahkan sangat lengkap.


Ada banyak sekali pengguna Android di Indonesia ketika ini 5 Cara Cek Spesifikasi Android Lengkap Sampai Tipe & Merk Lengkap



AIDA64 tidak hanya menampilkan spesifikasi-spesifikasi dasar HP menyerupai jenis CPU, Kapasitas RAM, Versi Android atau sejenisnya. Tapi aplikasi ini juga menampilkan aneka macam file-file system, Apps yang terinstall, hingga ukuran layar dalam satuan milimeter.

Silakan download aplikasinya di : AIDA64 (Google Playstore)


  • Note : Selain CPU-Z dan AIDA64, teman juga dapat melaksanakan pengecekan spek HP dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang sejenis. Silakan cari di playstore. Banyak kok.


5. Lewat internet


Internet, dapat dibilang ialah sumber gosip paling lengkap ketika ini. Di internet, teman dapat mencari banyak sekali informasi, termasuk gosip ihwal spesifikasi HP Android yang teman pakai.


Cara ceknya sangatlah mudah. Cukup buka Google >> Masukkan merk dan tipe HP yang teman pakai. Dan nanti teman akan melihat gosip spek yang dibutuhkan. Contohnya menyerupai berikut :

Ada banyak sekali pengguna Android di Indonesia ketika ini 5 Cara Cek Spesifikasi Android Lengkap Sampai Tipe & Merk Lengkap


Kalau teman tidak menemukan kotak gosip menyerupai gambar diatas, teman dapat masuk ke website-website hasil pencarian untuk mengecek spek HP yang diinginkan.


Penutup...


5 Cara diatas ialah 5 cara mengecek spek HP Android yang biasa saya pakai. Sebenarnya ada juga cara-cara lainnya, seperti melihat kapasitas baterai dengan cara melepas case belakang HP.

Tapi tidak semua HP dapat melaksanakan ini, alasannya ada HP dengan tipe non-removable battery alias baterainya tidak dapat dilepas.

Nah, sekian.. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Cek Spesifikasi Android Lengkap Hingga Tipe & Brand Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel