7 Aplikasi Pembersih Ram Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh

Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android biar tetap fresh, lancar dan tentunya tidak lemot. Mulai dari optimalisasi ringan hingga optimalisasi super 'advanced' yang tentunya tidak semua orang bisa.

Salah satu cara menjaga kinerja tersebut, yaitu melaksanakan pembersihan RAM secara terencana biar HP tidak mengalami duduk perkara ibarat force close dikala sedang dipakai.

Dan pengoptimalan RAM, kini sudah sanggup dilakukan oleh siapa saja. Bahkan untuk yang gres pegang HP Android pun sanggup pribadi paham. Caranya, dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM.


 Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android biar tetap fresh 7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh


Beda dengan komputer atau laptop, yang kalau memori penuh paling hanya terjadi hang. Kalau Android, memori RAM yang terlalu penuh akan mengakibatkan aplikasi tertutup secara paksa alias force close.

Tentu saja ini cukup menganggu.. Terutama untuk Android yang RAMnya kurang mumpuni (Dibawah 2GB).

Nah, dengan aplikasi pembersih RAM, teman tidak perlu khawatir dengan duduk perkara ini, alasannya yaitu RAM akan diatur semaksimal mungkin biar tidak terjadi force close. Aplikasi-aplikasi tersebut dikala ini ada berbagai di playstore.

Tentunya disarankan untuk tidak mendownload sembarangan. Bisa-bisa bukan RAM yang jadi bersih, justru HP Android kinerjanya akan jadi semakin terganggu..

Disini saya akan membagikan beberapa Aplikasi pembersih RAM yang saya (Dan para user Android) rekomendasikan untuk teman yang sedang mencari Aplikasi pengatur RAM. Berikut rekomendasi aplikasi-aplikasinya:


1. Greenify Root / Non Root

 

 Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android biar tetap fresh 7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh

Aplikasi pembersih RAM pertama yang saya rekomendasikan yaitu Greenify. Aplikasi yang identik dengan logo daun ini mempunyai fungsi menghibernasi / mematikan sementara aplikasi yang sedang berjalan melalui servicenya.

Dengan adanya fitur hibernasi ini, aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang akan berhenti. Sehingga RAM yang tadinya penuh akan jadi lega kembali.

Dengan aplikasi ini, teman juga tidak perlu mengoptimalisasi terus menerus. Cukup biarkan Greenify berjalan di background (Latar belakang) dan secara otomatis Greenify akan berjalan.

Aplikasi ini juga sanggup berjalan di mode root dan mode non root. Dimana tentu saja, mode root mempunyai fitur jauh lebih manis dibanding dengan mode non root.


Aplikasi ini cocok untuk semua jenis dan brand HP dan terdapat 2 versi. Yaitu versi gratis dan versi donatur. Sobat sanggup mendownloadnya lewat playstore.


2. Clean master

 

 Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android biar tetap fresh 7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh

Kalau berbicara duduk perkara aplikasi utilities maka teman dihentikan melewatkan Clean master. Clean master, yaitu aplikasi penjaga kinerja Android yang mempunyai bermacam-macam fitur. 

Selain menjaga kinerja RAM, di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur untuk membersihkan file-file sampah memori Internal. Sehingga sangat cocok untuk teman yang juga mempunyai duduk perkara internal penuh.

Aplikasi ini mempunyai user interface yang praktis dan gampang digunakan yang cocok untuk para pengguna Android yang masih awam (Adik saya wanita pun paham pake aplikasi ini).

Clean master sendiri mempunyai beberapa versi, dan sanggup di download gratis di playstore.


3. CCleaner

 
 Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android biar tetap fresh 7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh

CCleaner, kalau di PC / Laptop, software ini yaitu software favorit saya untuk menjaga kinerja PC saya biar tetap optimal. Nah, selain di PC / laptop, CCleaner juga terdapat di Android.

Ccleaner pada Android, tidak kalah dengan versi PCnya. Dengan CCleaner Android, teman sanggup melaksanakan bermacam-macam meningkatkan secara optimal ringan dengan cepat.

Aplikasi ini mempunyai size hanya berkisar 5 MB, terdapat versi free dan premium yang sanggup di download di playstore. 

Pada dasarnya, fungsi dari aplikasi ini, yaitu untuk mengoptimalisasi memori internal / data biar lega. Tapi, ada kategori App manager dimana terdapat isu secara detail ihwal aplikasi-aplikasi yang ada, ibarat ukuran, versi, bahkan isu apakah aplikasi itu berjalan pada startup atau service. 

Nah, lewat informasi-informasi aplikasi tadi teman sanggup dengan gampang menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak perlu, supaya RAM yang penuh jadi lega kembali.



4. RAM Booster eXtreme Speed Free

 

 Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android biar tetap fresh 7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh

 

Walaupun namanya tidak setenar aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi ini dihentikan dipandang sebelah mata. RAM Booster eXtreme Speed Free, yaitu aplikasi pembersih RAM yang cukup efektif untuk dipakai.

Dengan aplikasi ini, kita sanggup menghentikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di background service secara manual. Sehingga tidak akan mengganggu penggunaan HP barangkali ada aplikasi yang ingin tetap berjalan.

Walau jumlah download masih belum begitu banyak dibanding 3 aplikasi sebelumnya, aplikasi ini menerima review cukup nyata dari para penggunanya.

Yang harus diperhatikan, aplikasi ini mempunyai ciri khas tampilan berwarna hitam yang bagi sebagian orang terasa kurang 'user friendly'. Kaprikornus teman mungkin saja harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan tampilannya.


5. Power Clean

 

 Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android biar tetap fresh 7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh
Aplikasi selanjutnya yaitu Power Clean. Power Clean yaitu aplikasi utilities yang punya fitur sama dengan Clean Master. Aplikasi ini bahkan sudah di download oleh 100 juta pengguna Android di playstore.

Power Clean ini punya fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membersihkan file-file junk. Dan tentunya, Power Clean ini juga mempunyai fitur untuk end task pada aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan yang berkhasiat untuk melegakan RAM.

Selain 2 fitur tadi, di aplikasi ini juga terdapat fitur hibernasi dimana kita sanggup memberhentikan aplikasi secara manual. Dan aplikasi yang diberhentikan tadi hanya akan terbuka jikalau teman membukanya kembali (Mirip greenify).

Aplikasi ini sizenya hanya 4 MB dan sanggup di download secara gratis di Google Play Store.



6. AVG Cleaner

 Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android biar tetap fresh 7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh

Pasti tahu dong dengan AVG yang sudah populer sebagai salah satu Antivirus terbaik di PC / laptop? Nah, AVG juga punya aplikasi untuk membersihkan RAM penuh di Android, namanya AVG Cleaner.

Aplikasi ini mempunyai fitur utility sama ibarat aplikasi-aplikasi sebelumnya. Dengan AVG Cleaner, teman sanggup menghapus file-file sampah, menghapus aplikasi atau data yang kira-kira perlu dihapus, dan memberhentikan aplikasi yang sedang berjalan untuk melegakan RAM.

Cara melegakan RAM di aplikasi ini dilakukan secara manual. Kaprikornus teman disarankan supaya sedikit berhati-hati biar aplikasi penting tidak terhenti (Seperti sosial media / aplikasi chat).

Pada AVG Cleaner versi pro, terdapat fitur pencucian secara otomatis. Sehingga teman tidak perlu repot-repot melaksanakan optimalisasi secara manual.



7. Avast Cleanup


 Banyak sekali cara untuk menjaga kinerja Android biar tetap fresh 7 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh


Avast, perusahaan yang telah mengakuisisi AVG dan juga salah satu brand software Antivirus terbaik di PC / Laptop ini juga mempunyai aplikasi cleaner di Android. Namanya Avast Cleanup.

Untuk interface (Tampilan), Avast Cleanup ini ibarat dengan AVG Cleaner. Cara kerjanya juga ibarat dengan AVG Cleaner.

Bedanya, ada fitur dimana teman sanggup merubah tema dari aplikasi ini. Sehingga teman tidak akan bosan dengan tampilan yang itu-itu aja.

Aplikasi ini punya rating yang cukup baik. Sizenya sekitar 16 MB dan sudah diunduh sebanyak 10 juta kali di playstore.


Kesimpulan...

 

Nah, selain  7 Aplikasi diatas, sebetulnya ada beberapa Aplikasi pembersih RAM Android lainnya yang manis untuk dipakai. Tapi, tidak saya masukkan alasannya yaitu mempertimbangkan banyaknya iklan pada aplikasi-aplikasi tersebut.

Sebagian besar Aplikasi diatas juga terdapat iklan pada aplikasinya. Tapi masih dalam jumlah yang wajar. Sehingga tidak mengganggu para penggunanya.

Untuk aplikasi cleaner RAM sendiri sebetulnya masih pro-kontra, apakah sanggup melegakan RAM atau justru malah memberatkan RAM (Karena aplikasi pelega RAM sendiri butuh resource RAM).

Sejatinya, untuk HP yang kapasitas RAM-nya besar (Diatas 2GB) optimalisasi cukup dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang berjalan tapi tidak diperlukan. Mengingat tidak banyak aplikasi yang butuh resource RAM besar-besar.

Tapi untuk HP yang kapasitas RAM-nya dibawah 2GB, aplikasi pembersih RAM ini akan cukup membantu. Terutama untuk pengguna Android yang masih awam.

Untuk duduk perkara ini bebas. Sobat sanggup memasang atau mencopotnya kalau teman mau.


Penutup...

 

Aplikasi untuk membersihkan RAM di Android, memang berbagai jenisnya. Tapi ada sebagian yang tidak cocok untuk digunakan alasannya yaitu banyaknya iklan dan bahkan ada juga beberapa yang perlu dipertanyakan cara kerjanya.

7 aplikasi diatas saya masukkan mempertimbangkan cara kerja, fitur, jumlah iklan serta rating dan review dari penggunanya. Sehingga semoga sanggup cocok juga untuk teman yang sedang mencari aplikasi pembersih RAM Android yang paling bagus.

Jika teman punya rekomendasi aplikasi lain, silakan taruh di kolom komentar dibawah.

Dan itu saja, semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Aplikasi Pembersih Ram Terbaik Untuk Bersihkan Memori Penuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel