Cara Mengatasi Windows Script Host Disabled Windows Dengan Cepat

"Windows Script Host access is disabled in this machine, Contact your direktur for details", pesan ini aku dapatkan ketika aku sedang membuka internet untuk browsing.

Sebelum menerima pesan ini, browser yang aku gunakan mengalami not responding terlebih dahulu. Dan jika tidak salah, ketika itu aku sedang membuka suatu website, sebelum keluar notifikasi error script menyerupai diatas.

Pesan tadi terus muncul berulang-ulang sampai aku berhasil memperbaikinya. Anehnya, hanya website yang aku buka tadi yang jadi penyebab error script ini.

Windows Script Host access is disabled in this machine Cara Mengatasi Windows Script Host Disabled Windows Dengan Cepat


Nah, sebenarnya, apa itu Windows Script Host? Setelah aku cari-cari, ternyata situs luar negeri sudah banyak membahas hal ini. Berikut hasil yang aku baca ya..

"Microsoft Windows Script Host (WSH), yaitu sebuah teknologi pada Windows. WHS ini mempunyai kemampuan script yang sebanding dengan file batch, tapi fitur yang didukung jauh lebih banyak"

"Script tadi, bisa dijalankan pribadi dengan cara membuka pribadi file script, atau membukanya lewat command promt (CMD). Selain itu, juga bisa dibuka dari wscript.exe di Windows, atau lewat perintah csript.exe yang berbasil shell."

Kurang lebihnya mohon maaf, alasannya aku hanya menerjemahkannya pribadi dari website yang aku baca.
  
Untuk cara mengatasi notifikasi "Windows script host access is disabled" ini sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengganti fungsi di registry dengan mengeditnya melalui regedit. Berikut caranya:


Metode 1


  • Buka regedit dengan cara mengetik di kolom search "regedit" atau tekan tombol Windows + R kemudian ketik "regedit", kemudian OK.
  • Lalu buka: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings.
  • Kemudian klik mouse kanan di area kanan yang kosong, kemudian pilih New.
  • Pilih DWORD (32) bit Value.
  • Untuk nama, isikan: "enabled" (Tanpa tanda kutip)
  • Klik kanan dan pilih modify di registry enabled tadi.
  • Ubah Value Datanya, dari 0 jadi 1, kemudian klik OK.
  • Restart Windows.
  • Selesai.
 
Ingat, jika di Windows Script Host\Settings nya sudah ada  registry dengan nama enabled, tidak usah dibentuk lagi. Cukup ubah value data registry tadi dari 0 (disabled) ke 1 (enabled).

Sehingga tidak ada double registry nantinya.

Dengan cara diatas, harusnya notifikasi pesan Windows Script Host Is Disabled bisa teratasi. Kalau belum, lanjut lagi ke cara 2.

Di cara kedua ini, kita harus mengaktifkan fungsi izin script host dari Smadav. Pada kasus notifikasi script host yang aku dapat, ternyata sumbernya dari Smadav.
 
Smadav, secara default tidak menunjukkan izin akses pada Windows Script host. Sehingga akan menyebabkan notifikasi disabled nantinya. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu mengubah settingnya menjadi enable (allow). 


Metode 2


Nah, Untuk cara memperbaiki error script host dari Smadav ini sangat mudah. 
 
Caranya:
 
  • Klik kanan icon tray smadav (di pojok bawah, klik tanda panah keatas, dan teman akan menemukan icon smadav).
  • Kemudian, akan ada dua pilihan:  1. Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent / Forever) 2. Allow Windows Script & Macro (Until Restart).

Windows Script Host access is disabled in this machine Cara Mengatasi Windows Script Host Disabled Windows Dengan Cepat
 

  • Silakan pilih opsi yang diinginkan. Saran saya, lebih baik yang permanent / forever semoga tidak perlu khawatir keluar notif-notif lagi nantinya.
  • Kemudian akan muncul notifikasi "Allowed permanently". Klik OK.
  • Selesai.

Masalah script host kini sudah teratasi. Praktis bukan?
 
Kalau di dilema yang aku alami, mengaktifkan perintah Allow di Smadav ini sudah cukup untuk menghilangkan notifikasi script host yang aku dapat.

Sebenarnya, ada beberapa mallware yang memanfaatkan WSH ini.  Dan mungkin, alasannya inilah aku sanggup notifikasi pesan WSH ketika sedang browsing di internet. 

Mungkin ketika itu mallware yang aktif waktu itu diblokir oleh Smadav.
 
 
Karena itu, untuk menghilangkan resiko terkena mallware ini, kita bisa melaksanakan cara-cara diatas. Tapi, ada juga beberapa user yang melaksanakan disable pada WSH. Resikonya, disini ada beberapa software yang mungkin memerlukan Windows Script Host semoga bisa berjalan normal.

Jadi, silakan pertimbangkan mau dimatikan atau dinyalakan.
 
 
Dan itu saja. Semoga notifikasi script host yang teman sanggup sudah tidak keluar lagi. Jika ada galau di salah satu poin, atau belum berhasil, silakan tinggalkan pesan pada kotak komentar. Nanti akan aku bantu sebisa mungkin.
 
Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Windows Script Host Disabled Windows Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel