Cara Memperbaiki Komputer No Signal Semoga Nyala Lagi

Komputer No signal, ialah kondisi dimana komputer sanggup menyala dengan normal. Hanya saja di layar tidak tampil gambar apa-apa, melainkan monitor mendeteksi bahwa tidak ada perangkat apapun yang tersambung ke monitor.

Saat monitor tidak mendeteksi perangkat apapun, secara otomatis komputer akan memperlihatkan pesan no signal.

Kerusakan no signal menyerupai ini, biasanya dialami alasannya ada kerusakan di salah satu perangkat komputer. Jadi, jarang sekali ada kerusakan software yang menciptakan no signal menyerupai ini (mungkin kecuali BIOS yang corrupt).


 ialah kondisi dimana komputer sanggup menyala dengan normal Cara Memperbaiki Komputer No Signal Supaya Nyala Lagi


Saya sendiri sudah beberapa kali mengalami monitor yang no signal menyerupai ini. Kejadiannya ketika malam hari, PC sedang dipakai, kemudian tiba-tiba PC saya mati dan muncul pesan no signal.

Untuk penyebabnya ada banyak. Bisa alasannya kabel yang tidak tersambung dengan benar, kabel yang rusak, monitor yang rusak hingga VGA atau motherboard yang rusak.

Untuk itu, kita harus sanggup menganalisa apa kerusakan yang dialami semoga sanggup memperbaikinya supaya normal kembali.


Sebelumnya, sobat harus sanggup membedakan gagal booting dan komputer no signal. No signal, ialah kondisi dimana komputer menyala tapi tidak tampil gambar apa-apa, melainkan muncul pesan no signal di monitor.

Sedangkan gagal booting, terutama alasannya RAM. Gejalanya hanya monitor tidak menampilkan gambar, tapi masih menyala dan tidak ada pesan no signal. Untuk gagal booting, silakan baca cara mengatasinya disini: Mengatasi komputer gagal booting.


Nah, kemudian apa saja cara memperbaikinya? Coba baca tips-tips berikut ini:


1. Cek kabel


Yang paling simpel, pertama coba cek kabel yang dipakai. Cek kabel, jangan hingga longgar pemasangannya. Karena di beberapa kejadian, terkadang ada user yang tidak membaut kabelnya dengan benar ketika dipasang.

Kabel yang tidak terpasang dengan benar ini, sanggup tidak sengaja terlepas ketika monitor di geser. Akibatnya akan muncul pesan no signal.

Kalau masih belum bisa, coba lanjut:


2. Mengganti kabel


Kabel konektor VGA Card ke komputer, ada 3 jenis yang biasa dipakai. Kabel VGA, DVI, dan HDMI.

Cobalah untuk ganti kabel konektor yang digunakan untuk menyambung komputer ke monitor. Jika normal kembali, itu artinya kabelnya memang kasatmata rusak.

Sobat sanggup beli atau meminjam ke sobat kabel yang ingin digunakan. Tapi saran saya, cobalah untuk ganti jenis kabel yang digunakan kalau memang port di monitornya ada lebih dari 1.

Ini untuk mengecek apakah ada kerusakan atau tidak pada konektor kabel di monitor.

Contohnya, kalau sobat biasa menggunakan kabel DVI, coba untuk pakai HDMI. Atau kalau biasa menggunakan kabel VGA, coba pakai kabel DVI dan sebaliknya.


3. Cek converter



Beberapa user PC, ada yang punya monitor dengan port yang tidak sesuai dengan spesifikasi VGA.


Contohnya, VGA yang digunakan hanya support DVI dan HDMI. Sedangkan monitornya hanya support port VGA saja. Sehingga VGA card tidak sanggup disambungkan ke monitor.

Untuk mengatasi ini, biasanya digunakan converter semoga komputer yang digunakan sanggup berjalan.

Masalahnya begini....


Ada dua jenis konverter yang biasa digunakan. Yaitu konverter aktif dan konverter pasif.

Untuk konverter pasif mempunyai harga yang relatif jauh lebih murah dibanding konverter aktif. Makara kebanyakan orang lebih menentukan untuk menggunakan konverter pasif.

Nah, konverter pasif ini, menurut pengalaman saya, tidak selalu bekerja dengan normal. Karena dulu saya pernah punya PC dengan VGA yang hanya mempunyai slot DVI dan HDMI.

Sedangkan monitor saya hanya ada port VGA dan DVI. Karena sayang sudah ada kabel VGA, jadi saya coba beli konverter pasif, dan kesudahannya berjalan normal.

Beberapa bulan berikutnya, konverter yang biasa digunakan tertinggal (saat keluar kota), kemudian saya beli lagi konverter pasif yang baru.

Hasilnya? Tidak jalan. Malah hanya keluar pesan no signal

Mungkin ini sanggup alasannya defect (rusak pabrik) juga. Tapi dari sumber forum-forum komputer besar, tidak jarang orang yang mengalami kerusakan menyerupai ini.

Untuk poin ini, saya ada dua solusi:



  • Pakai kabel yang masing-masing konektornya sama. DVI ke DVI, HDMI ke HDMI, VGA ke VGA. Karena 100% niscaya jalan (asal tidak ada yang rusak). Harganya juga tidak terlalu mahal.

  • Coba untuk menggunakan konverter aktif. Karena kebanyakan orang lebih menyarankan untuk menggunakan konverter aktif dibanding pasif (karena kemungkinan bekerjanya lebih tinggi). 


Untuk harganya sendiri, sedikit lebih mahal dibanding kabel dengan konektor yang sama. Jadi, untuk saya, konverter aktif ini hanyalah opsi kedua.


4. Cek VGA (Kartu grafis)

 

Kalau problem bukan pada kabel dan port monitor. Selanjutnya kita harus mengecek VGA yang dipakai. Apakah bermasalah atau tidak. VGA sendiri memang salah satu komponen yang gampang rusak, walau hanya di situasi-situasi tertentu.

Contohnya, alasannya supply daya power supply tidak stabil. Temperatur VGA yang terlalu panas, hingga kesalahan dengan overclock.


Untuk mengeceknya, ada tiga solusi yang sanggup saya berikan.


1. Beberapa Processor ada yang punya VGA onboard ada juga yang tidak. Nah, kalau sobat mempunyai VGA onboard (Integrated graphics) cobalah untuk menggunakan VGA onboard tersebut terlebih dahulu.

2. Kalau sobat Processornya tidak mempunyai VGA onboard. Cobalah untuk meminjam kartu VGA punya teman, untuk melaksanakan pengecekan.

3. Solusi lainnya, sobat sanggup membeli sebuah kartu VGA murah, entah seken atau apapun, asal kompabilitasnya sesuai dan masih normal. Tapi ini optional, alasannya buang-buang uang.


Kalau kasatmata VGA yang rusak, sobat sanggup melaksanakan RMA atau service ke pabrik sesuai vendor VGA yang sobat gunakan. Tapi tidak semua brand sanggup melaksanakan service ke pabrik. 


Ada mek-merk VGA tidak jelas, yang tentu saja hanya mempunyai garansi toko atau garansi distributor, hindari VGA jenis begini. Lebih baik, beli merk-merk yang sudah terkenal.


5. Periksa motherboard


Pada poin nomor 4 diatas ialah penyebab dengan VGA discrete (Dedicated Graphics). Lalu bagaimana dengan yang VGA onboard?

Kalau sobat sudah yakin, bahwa kerusakannya kasatmata ada di VGA onboard, maka solusinya mau tidak mau harus di service atau RMA juga sama dengan sebelumnya.

Kalau mau solusi yang lebih gampang sobat sanggup melaksanakan penggantian motherboard dengan yang baru. Atau sanggup juga downgrade untuk sanggup harga yang lebih murah.

Tapi ini kalau benar-benar yakin kalau VGA onboardnya yang rusak.


Periksa monitor...


Sengaja disini tidak saya beri poin penandanya. Sebelumnya, saya sudah bilang untuk mengecek port monitor apakah normal atau tidak.

Untuk cara ampuh mengetes apakah monitor masih normal atau tidak, coba pakai monitor tersebut di PC lain. Jika tidak terdeteksi, ada kemungkinan port monitor sobat yang rusak.

Kalau sobat punya laptop, sobat juga sanggup mencoba menyambungkannya ke laptop. Dengan catatan sobat tahu cara menyambungkannya.

[: 14 Cara Efektif Mengatasi PC lemot]


Penutup


5 Penyebab diatas ialah penyebab-penyebab umum di ketika komputer mengalami tanda-tanda no signal. Beberapa solusi ada yang gampang dilakukan ada juga yang sulit dilakukan.

Silakan lakukan saja sebisanya. Karena saya sendiri pun tidak semua solusi diatas sanggup saya lakukan semua.

Dan di youtube juga, sesungguhnya sudah tidak mengecewakan banyak tips-tips untuk atasi PC yang no signal. Salah satunya video berikut:




Coba cek video-video yang ada, barangkali sobat sanggup menemukan cara yang sanggup menciptakan komputer sobat normal kembali.
 

Itu saja, semoga bermanfaat. Sekian, dan terima kasih.

0 Response to "Cara Memperbaiki Komputer No Signal Semoga Nyala Lagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel