6 Cara Mengatasi Rar Tidak Dapat Di Ekstract (Corrupt / Rusak)

Saat ini, mengompress banyak file menggunakan format RAR lebih difavoritkan ketimbang yang lain. Apalagi untuk file-file besar, berukuran puluhan bahkan ratusan GB. Pengompresannya sering sekali menggunakan RAR.

Nah, walau sangat difavoritkan, tapi ada juga beberapa insiden dimana file RAR tidak dapat di ekstract, dan muncul pesan corrupt. Akibatnya file yang mestinya diperlukan jadi tidak dapat dipakai.

Pesan corrupt ini ada tidak mengecewakan banyak. Ada pesan CRC failed, Wrong pass, checksum dan lain-lain dari winrar diagnostic messages.

Lalu apa bekerjsama penyebab RAR rusak / corrupt ini? Dan bagaimana cara mengatasinya?


 mengompress banyak file menggunakan format RAR lebih difavoritkan ketimbang yang lain 6 Cara Mengatasi RAR Tidak Bisa Di Ekstract (Corrupt / Rusak)

Penyebab RAR corrupt, bekerjsama ada beberapa. Yang paling sering adalah, file RAR yang diterima mengalami kerusakan. Sedangkan kerusakannya dapat lantaran disebabkan kurangnya part tertentu, size tidak sempurna, dan lain-lain.

Mengatasi RAR Corrupt, bekerjsama gampang dilakukan. Hanya saja, mengatasinya tetap untung-untungan. Karena tidak semua file RAR rusak dapat diperbaiki.

Nah, walau begitu tidak ada salahnya, sobat untuk mencoba memperbaiki RAR yang corrupt tersebut, barangkali dapat berjalan lagi.


Berikut ini saya ingin membahas cara mengatasi rar tidak dapat diekstract yang semoga dapat membantu mengatasi problem sobat..

Langsung saja, berikut caranya :


#1. Cek Password RAR

 

Hal pertama yang wajib sobat lakukan, silakan cek password pada rar terlebih dahulu. Password rar yang salah, akan mengakibatkan rar mendeteksi corrupt atau wrong password.

Untuk pengetikan password, perlu diingat untuk hati-hati dalam memasukkan karakter Kapital. Biasanya berpengaruh. Untuk amannya, silahkan centang opsi show pass semoga hurufnya kelihatan ketika diketik.

 mengompress banyak file menggunakan format RAR lebih difavoritkan ketimbang yang lain 6 Cara Mengatasi RAR Tidak Bisa Di Ekstract (Corrupt / Rusak)

Bagaimana kalau masih salah? Padahal yakin ketikannya sudah benar?

Nah, silakan minta kembali passnya ke orang yang menciptakan rar tersebut. Bisa jadi memang salah dari sananya.


#2. Pastikan urutan part sama

 

Khusus untuk winrar yang mempunyai part, silakan cek kembali urutan part rar yang ada.

Ini wajib.. Karena untuk mendapat file pada rar tersebut, seluruh part dibutuhkan.

Jangan lupa juga untuk mengecek nama rar pada setiap part.. Pastikan namanya sama. Contoh F1.part1 .. Maka part 2nya mesti F1.part2.. Bukan F2.part2. 

 mengompress banyak file menggunakan format RAR lebih difavoritkan ketimbang yang lain 6 Cara Mengatasi RAR Tidak Bisa Di Ekstract (Corrupt / Rusak)



#3. Disable Antivirus

 

Antivirus, walau tidak sering, tapi kuat juga terhadap kesuksesan proses ekstract, lantaran di beberapa situasi suka salah deteksi.

Efeknya? Biasanya rar akan gagal ekstract. Atau biarpun berhasil di ekstract, biasanya hasil file akan hilang (Kosong).

Solusinya, silakan disable antivirus dulu sementara. Kemudian nyalakan kembali jikalau sudah.


#4. Repair rar

 

Melakukan repairing rar, kadang dapat membantu sobat untuk mengatasi problem rar corrupt atau error. Opsi repair ini sudah tidak mengecewakan banyak direkomendasikan website-website di internet. Coba saja dulu, siapa tahu dapat membantu.

Cara repairnya : Silakan buka rar yang corrupt tadi >> Klik sajian Tools (Pada pecahan atas) >> Kemudian klik Repair Archive.

 mengompress banyak file menggunakan format RAR lebih difavoritkan ketimbang yang lain 6 Cara Mengatasi RAR Tidak Bisa Di Ekstract (Corrupt / Rusak)


Kemudian silakan ikuti langkah repairnya. Masukkan direktori hasil repair yang diinginkan lalu tunggu prosesnya.
Setelah repairnya selesai, silakan buka rar hasil repair tersebut dan ekstract.

Selain menggunakan opsi repair eksklusif dari rar, sobat juga dapat menggunakan aplikasi repair rar tertentu yang dapat ditemukan di Google.


#5. Update Winrar

 

Nah, tips ini tidak mengecewakan ampuh, jikalau sobat yakin file rar sobat ini benar-benar masih sehat. Update winrar, silakan coba cara ini.

Cara ini belum usang saya temukan, dari teman saya. Ketika itu saya memberi ia file berbentuk rar yang normal dikomputer saya. Namun ketika di copy ke Laptopnya, ketika di ekstract muncul pesan corrupt.

Direkomendasikan update ke versi terbaru, semoga mengefek.


#6. Redownload file

 

Kalau masih belum bisa, mau tidak mau sobat mesti redownload file rar tersebut. Karena kemungkinan besar, memang file tersebut rusak dari proses download, atau dari sananya.

Agar file rar tidak rusak ketika didownload, pastikan proses download mempunyai kecepatan dan internet yang stabil. Kecepatannya tidak naik turun dan internet tidak suka mati (Disconnect).

Pastikan juga bahwa size file yang telah terdownload sama dengan size yang ada di server dimana sobat mendownload. Jangan sampai sizenya kurang.. Karena hampir dipastikan, bahwa file tersebut corrupt.

 

Jika sudah redownload tapi masih tetap sama, lebih baik ganti saja daerah server filenya. 


Penutup....

 

Demikian, 6 cara mengatasi rar tidak dapat di ekstract. Kesimpulannya pertama cek dulu file rarnya.. Password dan part.. Lanjut coba menggunakan repair archive, dan coba update winrar ke versi terbaru, dan jangan lupa antivirusnya dimatikan.

Kalau belum bisa, barulah coba redownload file tersebut. Cek filenya supaya jangan hingga size rarnya berkurang.

Jika sobat ada tips lain cara mengatasi file rar tidak dapat di ekstract, saya harap sobat mau memberi saran lewat kotak komentar dibawah. 

Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Cara Mengatasi Rar Tidak Dapat Di Ekstract (Corrupt / Rusak)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel