6 Cara Membersihkan Ram Hp Android 100% Ampuh

Cara Membersihkan RAM HP Android - Di HP Android, RAM merupakan salah satu komponen vital yang berfungsi untuk menampung data HP. Dengan kapasitasnya yang beragam. Dari ratusan MB hingga satuan GB, sayangnya kadang bagi sebagian orang dirasa kurang cukuip, alasannya yaitu masih sering sekali penuh.

Padahal, secara default ukuran RAM sudah didesain secocok mungkin dengan jenis pemakaian dan harga HP. Sehingga intinya sudah mencukupi.

Terlalu banyak install aplikasi, atau menggunakan aplikasi diluar batas kemampuan HP yaitu salah satu penyebab RAM penuh..

Bukan apa-apa.. Tapi RAM yang penuh ini kedepannya akan cukup mengganggu. Karena bisa jadi penyebab utama Aplikasi Force Close.

 RAM merupakan salah satu komponen vital yang berfungsi untuk menampung data HP 6 Cara Membersihkan RAM HP Android 100% Ampuh



Nah, RAM yang penuh ini juga kadang suka telat disadari. Biasanya, orang-orang gres sadar saat HP yang mereka gunakan mulai terasa lemot atau kadang suka macet.


RAM penuh ini bisa di terjadi semua brand HP.. Seperti Samsung, Lenovo, Xiaomi, ASUS, OPPO, Vivo dan lain-lain. Dengan rentang harga mulai dari yang mainstream dibawah 2 atau 1 jutaan, hingga yang high-end hingga flagship dengan harga diatas 5 - 6 jutaan (Walau jarang).

Supaya tidak mengganggu, alasannya yaitu itulah disini saya ingin membahas cara membersihkan RAM HP praktis yang bisa teman gunakan apabila RAM HP teman mulai terasa kepenuhan..

Langsung saja, berikut tipsnya :


#1. Cek Penggunaan Memori

 

Pertama, yang perlu dilakukan tentu saja dengan mengecek penggunaan memori. Penyebab HP lemot atau aplikasi Force Close itu ada banyak sekali. Dari HP yang sistemnya error, bug hingga HP yang panas. Makara bukan alasannya yaitu RAM saja.

Untuk mengecek penggunaan RAM, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan tampilan menu (Tekan tombol menu).. Nanti akan muncul penggunaan memori walau tidak semua HP support metode ini.

Yang kedua, teman bisa melihatnya melalui Settings >> Memory.. Nanti akan terlihat aplikasi-aplikasi apa yang paling memakan memori..


 RAM merupakan salah satu komponen vital yang berfungsi untuk menampung data HP 6 Cara Membersihkan RAM HP Android 100% Ampuh


Yang ketiga, teman bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk mengeceknya. Bisa dicari Di Playstore.


#2. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

 

Selanjutnya, catat aplikasi-aplikasi yang telah di cek dan diketahui memakan banyak memori tadi, kemudian hapus. Termasuk juga aplikasi yang jarang, atau bahkan tidak pernah terpakai. Lebih baik hapus saja.

Ini wajib sekali.. Karena aplikasi yang tidak dibuka pun, bahwasanya sebagian ada yang masih memakan RAM. Apalagi kalau jumlah aplikasinya ada banyak, dan RAM HP teman kecil, otomatis akan penuh.

Cara menghapusnya bisa melalui Settings >> Apps..

 RAM merupakan salah satu komponen vital yang berfungsi untuk menampung data HP 6 Cara Membersihkan RAM HP Android 100% Ampuh


Kalau HP Sobat di-root, teman juga bisa menghapus aplikasi bawaan.

Tapi ingat, jangan hingga menghapus aplikasi-aplikasi yang dirasa penting (Seperti Aplikasi Google). Karena fungsinya penting sekali.


#3. Uninstall Aplikasi Chat

 

Lanjutan yang tadi. Sebagian besar aplikasi chatting, yaitu aplikasi yang selalu berjalan di latar belakang, sehingga tanpa disadari akan memberatkan HP.

Jika teman menginstall lebih dari 1 aplikasi chatting, namun ada yang jarang dipakai, disarankan untuk menghapus saja aplikasi chat yang tidak terpakai tersebut, untuk sedikit meringankan memori.

Dengan catatan, jikalau ada data penting dari aplikasi chat tersebut, jangan lupa untuk membackupnya terlebih dahulu.


#4. Matikan Animasi dan Transisi

 

Efek animasi dan pengaruh transisi, yaitu pengaruh yang secara default tersetting. Kedua pengaruh ini tidak membebani HP begitu berat, namun kalau dinonaktifkan bisa cukup membantu untuk mempercepat kinerja, jikalau HP yang teman pakai mempunyai RAM terbatas. 

Untuk menyettingnya, pertama teman harus membuka opsi Developer Options terlebih dahulu. Caranya pergi ke Settings >> About Phone >> Lalu ketuk Build number beberapa kali hingga muncul pesan "Anda telah menjadi pengembang".

Kemudian silakan pergi ke Settings >> Developer Options..

Lalu atur Windows Animation, Transition Animation, dan animator duration scale menjadi nonaktif.

 RAM merupakan salah satu komponen vital yang berfungsi untuk menampung data HP 6 Cara Membersihkan RAM HP Android 100% Ampuh


#5. Hilangkan Pengunaan Widget

 

Pada sajian utama Android, kita bisa mensetting beberapa opsi untuk mempercantik tampilan. Salah satu yang menjadi favorit orang-orang, yaitu dengan menggunakan Widget.

Widget ini tidak mengecewakan beragam.. Ada yang bawaan HP menyerupai kontak, JAM, dan widget bawaan aplikasi.

 RAM merupakan salah satu komponen vital yang berfungsi untuk menampung data HP 6 Cara Membersihkan RAM HP Android 100% Ampuh


Nah, kalau teman ingin RAM teman makin lega, lebih baik hilangkan saja widget yang tampil ini dengan cara menghapusnya dari layar utama.


#6. Pakai Greenify

 

Terakhir, selain mengatur 5 opsi tadi secara manual, teman juga bisa menggunakan Aplikasi Pembersih RAM, salah satunya dalah Greenify.

Ya, Greenify merupakan salah satu aplikasi pelega RAM favorit saya. Greenify ini bekerja dengan cara menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang berjalan secara sementara. Sehingga cukup aktif dalam melegakan RAM.

Bukan itu saja.. Kalau HP teman dalam keadaan root, teman tidak perlu menyetting apapun dari greenify. Cukup atur Greenify menjadi mode root, maka proses optimalisasi akan terus berjalan saat HP sedang dipakai.

 RAM merupakan salah satu komponen vital yang berfungsi untuk menampung data HP 6 Cara Membersihkan RAM HP Android 100% Ampuh


Penutup...

 

Demikian, 6 Cara gampang membersihkan RAM di HP. Membersihkan RAM HP penuh, intinya tidaklah sulit. Cukup menggunakan 6 Cara diatas, saya jamin, RAM HP teman akan kosong kembali tanpa reset.

Tutorial diatas bisa digunakan di HP Oppo. Vivo, ASUS, Samsung, Xiaomi, Lenovo dan lain-lain. Makara tidak perlu bingung, alasannya yaitu intinya sama.

Nah, perlu diketahu juga.. Cara meningkatkan secara optimal RAM diatas harus dilakukan secara rutin, apabila RAM terasa sudah penuh kembali. 

Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Cara Membersihkan Ram Hp Android 100% Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel