9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Dapat Dibuka Dengan Cepat (Berhasil)

Bagi seluruh pengguna Android, Google Playstore merupakan aplikasi yang sangat penting. Di Playstore ini kita dapat mendapat banyak aplikasi, buku, film dan lainnya secara gratis maupun berbayar.

Nah, tapi apa hasilnya kalau tiba-tiba playstore tidak dapat dibuka?

Playstore sendiri memang kadang tidak dapat terbuka, dan penyebabnya cukup bermacam-macam. Dari persoalan cache, no connection / tidak ada sambungan dan masih banyak lagi..

Playstore tidak dapat terbuka, juga dapat terjadi di semua jenis brand HP. Samsung, Xiaomi, VIVO, OPPO, Lenovo, ASUS, Coolpad, Evercoss, dan HP-HP lainnya..

Dan juga dapat terjadi di banyak versi Android, dari versi lama, hingga versi gres (Dari dibawah jelly bean, lolipop, marshmallow, nougat, oreo dan seterusnya)..

 Google Playstore merupakan aplikasi yang sangat penting 9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka Dengan Cepat (Berhasil)


Karena penyebabnya banyak, kita tidak dapat memperbaikinya dengan satu cara saja. Karena itu, di judul goresan pena ini sendiri saya menaruhnya dengan lebih dari 1 cara, agar sahabat dapat mengetahui dan memperbaikinya sesuai persoalan yang sahabat alami.

Saya sendiri yang menulis artikel ini, tentu pernah mengalami persoalan playstore tidak dapat digunakan.

Malah, bukan cuma 1 atau 2 kali, entah sudah berkali-kali saya mengalami persoalan ini.

Apalagi HP saya itu di root, sering di twe@k, dan OSnya juga custom, sehingga masuk akal sering terjadi error, dan mengefek ke aplikasi-aplikasi lain.

Nah, di pembahasan ini, saya ingin menyebarkan solusi ihwal cara memperbaiki Google Playstore yang tidak dapat dibuka, beserta penyebabnya. Dengan begitu, dibutuhkan Playstore sahabat yang error dapat jalan normal kembali.

Langsung saja  :


#1. Uninstall pembaruan Playstore

 

Hal pertama yang dapat sahabat lakukan, yakni dengan menguninstall pembaruan Playstore. Playstore merupakan aplikasi permanen. Uninstall pembaruan disini bukan dimaksud untuk menghapus playstore dari HP, melainkan untuk mengubah versi playstore ke versi pabrik / awal,

Menguninstall pembaruan playstore, sangatlah ampuh untuk mengatasi banyak sekali error di Playstore. Mulai dari tidak dapat download, hingga tidak dapat terbuka sebab persoalan tidak ada sambungan / no connection.

Cara uninstallnya :


1. Pergi ke settings >> Apps >> Kemudian cari Playstore

2. Setelah itu klik uninstall pembaruan..
3. Akan muncul notifikasi "Apakah Anda ingin mengembalikan ke versi pabrik?" Klik OK saja..

4. Selesai. Coba buka playstore sahabat kembali.


 

#2. Restart HP

 

Restart HP, tolong-menolong kadang dapat menjadi solusi ampuh untuk mengatasi banyak sekali macam error pada Android, termasuk persoalan playstore yang sulit terbuka. Melakukan restart HP, dapat mengatasi error hang / macet pada Playstore ketika gres dibuka..


 Google Playstore merupakan aplikasi yang sangat penting 9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka Dengan Cepat (Berhasil)


Hang macet ini biasanya ditandai dengan tidak munculnya sajian utama, Playstore loading terus menerus, dan sejenisnya, Nah, merestart HP juga kadang dapat memperbaiki play store tidak dapat download loading terus,,
  

 #3. Atur tanggal & waktu HP

 

Tanggal dan Waktu yang tersetting di HP, tolong-menolong tidaklah permanen. Setting tersebut kadang berubah-ubah dalam beberapa situasi, misalnya ketika kartu SIM dicabut dari HP, yang menyebabkan hilangnya opsi pencarian jaringan otomatis.

Nah, tanggal dan waktu yang settingnya ngaco ini dapat menciptakan Playstore sulit dibuka. Biasanya masih berkenaan dengan persoalan sambungan dan loading terus menerus ketika gres dibuka.

Setting ini dapat diatur melalui Settings >> Tanggal dan Waktu.. Lalu pastikan Tanggal dan Waktu otomatis telah tersetting ON / Menyala.

 Google Playstore merupakan aplikasi yang sangat penting 9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka Dengan Cepat (Berhasil)


Jangan lupa untuk memasang sim card terlebih dahulu.


#4. Pastikan RAM Kosong

 


RAM penuh, memang sering jadi persoalan utama aplikasi force close.

Seperti yang saya bilang sebelumnya. Playstore yang tidak dapat dibuka, itu ada bermacam-macam. Nah Force close ini termasuk salah satunya.

RAM yang penuh, akan menyebabkan Playstore force close.. Entah itu di laman utama (Saat gres dibuka), maupun ketika kita sedang browsing mencari buku, film atau aplikasi.

Untuk detail penggunaan RAM Playstore sendiri saya tidak tahu berapa.. Namun ada baiknya untuk tetap menjaga RAM masih lega, setidaknya 200 - 300MB..

Caranya ?

Banyak. Sobat dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak perlu, terutama aplikasi-aplikasi Chatting atau aplikasi browser. Selain itu, sahabat juga dapat menggunakan aplikasi pelega RAM ibarat Greenify dan sejenisnya.



#5. Pakai VPN

 

Walau nggak begitu terbukti, penggunaan VPN juga kadang dapat mengatasi banyak sekali persoalan koneksi pada aplikasi, terutama aplikasi yang mempunyai server region di luar Asia.

Nah, bagi sahabat yang Playstorenya susah terbuka, disamping menggunakan koneksi biasa, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan VPN.

Sobat dapat menggunakan aplikasi VPN gratis semacam turboVPN

 Google Playstore merupakan aplikasi yang sangat penting 9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka Dengan Cepat (Berhasil)


Tapi ingat, hal sebaliknya juga dapat berlaku dalam penggunaan VPN. VPN juga dapat menyebabkan error koneksi pada HP. Jadi, jikalau sebelumnya Playstore sahabat error dan VPN sedang dalam keadaan aktif, coba matikan VPN tersebut dan coba buka lagi Playstorenya.


#6. Reset host (Root)

 

Masih dalam lingkup yang sama. Bagi HP sahabat yang di root, sahabat dapat mencoba melaksanakan reset host.

Playstore, ketika dibuka akan menyimpan alamat tertentu yang akan disimpan ke dalam sebuah file host, yang disimpan ke dalam sebuah direktori root.

Nah, saya pernah mencoba menghapus alamat dari file host tersebut, kemudian membuka kembali Playstore yang sulit terbuka..

Hasilnya?

Work, Playstore kembali berjalan normal.

Caranya :

1. Root dulu HP sahabat jikalau belum.

2. Install Aplikasi Root Explorer kemudian buka palikasinya.

3. Nyalakan opsi Mount as R/W (Read / Write)

4. Lanjut, masuk ke direktori System\Etc

5. Disana ada sebuah file host. Tekan file host tersebut, kemudian klik Open in a text editor..

6. Nah, di dalam file host tersebut, akan tersimpan banyak address. Hapus seluruhnya, kemudian sisakan 1 baris, yakni 127.0.0.1 localhost..

7. Simpan kemudian keluar

8. Restart HP.



#7.Re-Sync akun gmail

 

Akun gmail, merupakan hal yang wajib dimiliki untuk menggunakan Android. Karena ketika kita gres mulai menggunakan HP pun kita diharuskan untuk login atau mendaftar akun gmail terlebih dahulu.

Akun gmail yang terlogin ini, akan terus menerus melekat pada sistem Android, dan dalam opsi tertentu, data-data yang dihasilkan Android akan di sinkronisasi ke dalam akun tersebut untuk mengaktifkan banyak sekali macam fitur.


 Google Playstore merupakan aplikasi yang sangat penting 9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka Dengan Cepat (Berhasil)

Nah, ibarat pada judul poin ini, sahabat dapat melaksanakan Re-Sync alias sinkronisasi ulang untuk menciptakan Playstore yang susah terbuka jadi normal kembali. Trik Re-Sync ini susah saya coba dan work untuk mengatasi Playstore macet.

Re-Sync, dapat dilakukan dengan cara menghapus akun gmail dari HP, dan menyambungkannya kembali. Sobat dapat baca caranya disini : Cara logout akun gmail Android


#8. Hapus cache HP

 

Kalau belum bisa, pembatalan cache dari HP jadi solusi selanjutnya. Seperti yang telah banyak dibahas, file cache ini sangaat besar lengan berkuasa terhadap banyak sekali macam kerusakan pada HP, dan aplikasi-aplikasi yang terinstall.

File cache sendiri dibagi 2, yaitu cache aplikasi dan cache system.

 Google Playstore merupakan aplikasi yang sangat penting 9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka Dengan Cepat (Berhasil)

Nah, untuk playstore ada 2 langkah yang dapat sahabat coba satu persatu untuk pembatalan cachenya.. Yaitu :

  • Klik settings >> Apps >> Playstore >> Klik Clear data dan Clear Cache
  
  • Masuk ke mode Recovery >> kemudian cari opsi Clear Cache.. Ingat, Clear Cache saja, bukan Clear data. Kalau Clear data, data-data di HP sahabat akan hilang semua.


#9. Factory Reset HP

 

Langkah terakhir, yakni dengan melaksanakan Factory reset (Reset pabrik) pada HP yang juga dibutuhkan Playstore yang error tadi akan normal kembali.
Karena lewat factory reset, sebagian besar dari 8 cara yang saya bahas sebelumnya akan terwakilkan, jadi sahabat ga perlu repot-repot lagi atur ini itu.

 Google Playstore merupakan aplikasi yang sangat penting 9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka Dengan Cepat (Berhasil)


Nah, sebelum reset, pastikan saja data penting dan aplikasi yang sahabat butuh sudah terbackup. Masukkan ke dalam kartu SD, kemudian cabut kartu SDnya.

Cara resetnya, dapat dibaca di artikel berikut : 3 Cara reset HP Android Paling Mudah


Penutup...

 

Demikian, 9 cara untuk mengatasi playstore tidak dapat dibuka. Cara diatas semuanya sudah saya coba, dan work.

Karena penyebabnya yang berbeda-beda, dan tidak dapat dibukanya juga beda-beda definisinya, sahabat dapat menentukan atau mencoba satu persatu dari 9 cara diatas..

Nah, kalau sahabat punya tips lain, silakan taruh di komentar dibawah. Barangkali saya ada yang terlewat.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "9 Cara Mengatasi Playstore Tidak Dapat Dibuka Dengan Cepat (Berhasil)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel