Cara Hp 3G Menjadi 4G? - Bisakah?

Bisakah Jaringan 3G diubah ke jaringan 4G? Ini yang biasa ditanyakan orang-orang yang mungkin masih awam di dunia Android.. Bahkan, tidak sedikit orang yang mencari di Google menyerupai "Aplikasi 4G" "Download 4G"  "Aplikasi jaringan 4G" dan masih banyak lagi..

Wajar tapi yah, namanya juga masih awam.. Saya sendiri juga dulu suka nyari-nyari di Google, aplikasi tambah ram laptop dan sejenisnya, haha..

Balik ke pembahasan.. Apakah HP 3G sanggup diubah ke 4G?


 tidak sedikit orang yang mencari di Google menyerupai  Cara HP 3G Menjadi 4G? - Bisakah?


Jawabannya tidak bisa.. Setidaknya untuk ketika ini.

Alasannya :

Di dalam HP, terdapat bermacam-macam komponen-komponen. Seperti chip processor, GPU, camera dan sebagainya.. Termasuk komponen jaringan.. yang tentunya berbeda-beda tergantung brand dan tipe HP.


Jadi...

Kalau Anda membaca artikel cara mengubah 3G jadi 4G, sanggup dipastikan itu palsu. Karena aku sendiri waktu searching pun belum pernah menemukan web yang membahas secara gamblang cara mengubah 3G ke 4G..

Rata-rata hanya membahas cara setting HP 3G ke 4G..

Ini juga termasuk aplikasi-aplikasi '4G' di Android yang KATANYA bisa merubah jaringan 3G ke 4G.. Padahal tidak. Paling hanya semacam optimizer saja (Itupun aku masih ragu apakah berfungsi atau tidak) 😄

Tapi Anda juga harus tahu, bahwa tidak semua HP 4G sanggup merasakan jaringan 4G kalau belum memenuhi persyaratan berikut :



Syarat semoga HP sanggup 4G

 

HP harus sudah mendukung jaringan 4G

 

Seperti yang tadi aku bilang, pertama, HP Anda tentu harus mendukung jaringan 4G. HP Android, terutama keluaran usang (2014 kebawah) itu kebanyakan gres support 3G. Kecuali kalau Anda pada ketika itu, beli HPnya jenis high-end atau flagship.. Mungkin HP Anda sudah support 4G..


Cara HP cek sudah 4G atau belum sesungguhnya simpel..

1. Coba cek spek HP Anda lewat dusbook yang sudah 1 paket dalam pembelian. Disitu biasanya tertera frekuensi jaringan HP. Kalau tercantum 4G LTE, itu artinya HP Anda sudah support 4G.

2. Coba kunjungi situs gsmarena.com, kemudian cari merk, seri dan tipe HP Anda secara lengkap. Kalau sudah ketemu, cek pada belahan jaringan (Network).. Kalau sudah tertera 4G LTE, berarti HP Anda sudah support 4G..


 tidak sedikit orang yang mencari di Google menyerupai  Cara HP 3G Menjadi 4G? - Bisakah?


Kartu SIM harus sudah mendukung 4G

 

Di tahun 2014 kebawah dimana jaringan 4G belum merata, kebanyakan kartu perdana yang beredar di masyarakat itu masih belum mendukung 4G. Rata-rata kartu perdana pada tahun-tahun tersebut maksimal hanya mendukung jaringan 3G HSPA+..

Solusinya, Anda harus mengganti kartu perdana Anda ke yang sudah mendukung jaringan 4G. Anda sanggup membeli kartu baru..

..Atau melaksanakan upgrade kartu 4G di gerai operator terdekat di kota Anda. Gratis kok, malah kadang suka dikasih bonus kuota hingga puluhan GB.


Daerah Anda harus sudah tercover 4G

 

Pembangunan tempat di Indonesia, memang masih banyak yang belum merata. Termasuk juga pembangunan jaringan.

Jaringan 4G, di Indonesia sendiri kini sudah lebih banyak tersebar kalau dibandingkan dengan 4 tahun ke belakang. Walau begitu, masih banyak juga daerah-daerah tertentu yang belum tercover jaringan 4G.

Contohnya daerah-daerah kabupaten atau tempat pelosok.

Solusinya... 

..Paling hanya pindah tempat.

Atau Anda juga sanggup melaksanakan tes operator di tempat Anda. Couverage Area jaringan 4G pada setiap operator itu berbeda-beda. Coba ganti operator jaringan satu persatu, barangkali salah satu sudah mendukung 4G.

Rekomendasi aku telkomsel.. Jaringannya sudah sangat merata dan berpengaruh di banyak tempat di Indonesia.


HP harus sudah mendukung frekuensi jaringan 4G Indonesia

 

Bagi Anda yang barangkali yang mau bawa HP dari luar, dalam beberapa perkara mungkin HP tersebut 4Gnya tidak berfungsi. Ini disebabkan lantaran frekuensi jaringan yang digunakan HP tersebut bisa saja berbeda dengan frekuensi umum jaringan 4G yang digunakan di Indonesia.

Akibatnya, sinyal 4G jadi tidak terdeteksi sekalipun Anda sudah memenuhi syarat-syarat sebelumnya.

Khusus untuk HP-HP Xiaomi.. Rata-rata sesungguhnya sudah mendukung sinyal 4G. Tapi dikarenakan hukum TKDN dari pemerintah, kebanyakan HP tersebut disembunyikan fitur 4Gnya. Ini banyak terjadi di HP Xiaomi usang (Contohnya : Redmi 3 Pro).


Kesimpulan..

 

Kesimpulannya, HP 3G tidak sanggup diubah jadi 4G. HP-HP 4G pun tidak semuanya sanggup merasakan jaringan 4G kecuali sudah memenuhi syarat-syarat yang telah aku bahas sebelumnya. Jadi, kalau Anda menemukan artikel atau aplikasi untuk mengubah 3G ke 4G, jangan dipercaya.

Gak ngefek sama sekali..


Penutup...

 

Buat saya, HP dengan jaringan 4G itu wajib. Kecepatan jaringan yang berkali-kali lipat jauh lebih cepat dibanding jaringan 3G menjadi alasan aku lebih suka menggunakan 4G.

Dari segi biayapun begitu.. Kuantitas kuota yang diberikan operator pada jaringan 4G, biasanya 2 hingga 4 kalil lipat ekstra lebih banyak. Sehingga kita sanggup melaksanakan penghematan dalam jangka waktu yang panjang.

Maka dari itu, ga rugi sama sekali kalau Anda ingin mempertimbangkan untuk mengganti HP usang Anda ke HP yang gres dan sudah support 4G. Apalagi HP Android kini sudah murah-murah. 700 - 800 ribuan pun Anda sudah sanggup HP dengan sinyal 4G..

Kalau Anda beruntung, Bahkan Anda sanggup saja menerima HP Android dengan jaringan 4G dengan harga 450 ribuan (second).. Lumayan kan?

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Hp 3G Menjadi 4G? - Bisakah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel