✓ Cara Cek Kesehatan Vga Normal Atau Tidak

VGA, sanggup dibilang yaitu salah satu komponen paling rentan rusak sesudah harddisk.. Belum lagi kerusakan yang didapat itu rata-rata susah diperbaiki.. Contohnya : Artefak..

Kalau udah rusak, Artefak bahkan hingga no display, mau gak mau sahabat mesti RMA VGA tersebut..  

Karena itu kesehatan VGA ini wajib diperhatikan.. Terutama buat yang mau beli VGA bekas / Laptop bekas.. Apalagi kini VGA juga banyak dipake para miner..

..Yang notabene resiko kerusakannya jauh lebih tinggi..

 sanggup dibilang yaitu salah satu komponen paling rentan rusak sesudah harddisk ✓ Cara Cek Kesehatan VGA Normal Atau tidak


Cerita sedikit, Belum usang ini, saya pernah nggak sengaja nemu glitch di game..

Waktu itu saya main game AC Syndicate.. Ceritanya waktu saya teleport ke satu menara, grafis yang ditampilkan game tersebut error.. berubah menyerupai ada kilauan cahaya warna hijau, merah, random lah pokoknya..

Waktu Googling, ternyata ada beberapa orang juga mengalami hal yang sama menyerupai saya tapi di game yang berbeda..

Ada yang bilang ini tanda-tanda artefak..




Jujur agak kaget juga.. Apalagi waktu itu PC saya emang pernah ga sengaja kena radiasi petir..

Parahnya ini VGA belum sebulan ganti ditambah waktu itu VGA lagi langka + harganya naik luar biasa (Efek mining) 😑

Biar jelas, saya konsultasi ke admin vendor VGA yang saya pakai, bilangnya hanya problem driver.. (Soalnya memang cuma game ini saja yang error)..

Nah, tapi semoga kondusif saya inisiatif juga cek kesehatan VGA dengan cara stress test.. Alhasil, ternyata normal tanpa problem 😃

Nah, kemudian bagaimana cara ceknya? Silakan disimak :


Cara Mengecek VGA Rusak Atau Tidak

 

Bahan :

Untuk mengeceknya, sahabat butuh software untuk stress test menyerupai yang saya bilang tadi.. Nah, ada dua software yang paling banyak dipake buat cek VGA rusak atau normal, yaitu Furmark dan OCCT..

Untuk fungsinya sama aja sih.. Tapi disini saya pakai furmark alasannya relatif lebih banyak dipakai.. 

Cara kerjanya :

Umumnya, load VGA waktu digunakan render atau game biasanya hanya menyentuh angka kurang lebih 91% saja.. Tapi dengan test memakai aplikasi ini, VGA bakal di load hingga 100%..

Nah, tanda-tanda artefak VGA sendiri jikalau belum parah ga keliatan jikalau digunakan daily.. Tapi dengan melaksanakan load 100% menyerupai ini, otomatis sanggup di cek...

  • Note : Silakan cari software tersebut.. Link download sanggup dicari di Google.. Softwarenya free kok.. Sizenya kecil juga..


Cara test VGA :

 

Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi selama proses test

1. Setelah download, install dan buka aplikasinya..

2. Di aplikasi furmark perhatikan setting berikut :


 sanggup dibilang yaitu salah satu komponen paling rentan rusak sesudah harddisk ✓ Cara Cek Kesehatan VGA Normal Atau tidak

  • Ubah resolusi ke resolusi layar yang Anda pakai..
  • Centang (✓) pada bab full screen
  • Perhatikan temperatur VGA.. Kondisi iddle VGA normal bahwasanya tergantung jenis, tipe VGA dan fan yang dipakai.. Rata-rata kondisi iddle VGA ada di suhu 40 - 53 derajat.. Diatas itu, kemungkinan pasta VGA sahabat kering. Kalau udah kondisi begini direkomendasikan semoga jangan lakukan test.. Bahaya panas..

3. Jika sudah, klik GPU Stress test..

4. Selanjutnya akan muncul proses testing.. Perhatikan hal-hal berikut :

 sanggup dibilang yaitu salah satu komponen paling rentan rusak sesudah harddisk ✓ Cara Cek Kesehatan VGA Normal Atau tidak


  • Perhatikan temperatur VGA sobat.. Rekomendasi saya, jangan hingga lebih dari 78C.. Apalagi jikalau VGA sahabat seri low-end yang rata-rata pendinginannya seadanya.. Mesti lebih dikurang lagi maks tempnya..
  • Perhatikan apakah ada tanda-tanda Artefak pada layar atau tidak.. Contohnya, warna berubah, muncul garis-garis vertikal / horizontal, muncul random object yang ajaib dan sejenisnya..
  • Rekomendasi saya, lakukan test selama 5 - 6 menit.. Tujuannya semoga VGA tidak terbebani dengan temperatur dan load yang terlalu tinggi.. Kalau selama proses test tidak masalah, kemungkinan besar VGA sahabat normal..


5. Setelah proses test, restart komputer semoga fresh kembali..


Penutup..

 

Sekian, guide singkat wacana cara cek kesehatan VGA.. Atau lebih tepatnya cara pakai furmark 😀

Untuk yang OCCT saya juga sudah coba.. Selain fungsinya sama, cara setting + pemakaiannya juga sama dengan pemakaian Furmark menyerupai yang saya jelaskan diatas..

Semoga bermanfaat.

1 Response to "✓ Cara Cek Kesehatan Vga Normal Atau Tidak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel