6 Cara Mengatasi Laptop Tidak Dapat Masuk Windows (Dijamin Ampuh)

Ga sanggup masuk Windows.. One of common problem yang sanggup sahabat temui di Laptop, juga PC.

Masalah ini ditandai dengan laptop yang blank / layar hitam sehabis booting Windows.. Alias sebelum memasuki startscreen..

Masalah ini juga setahu saya ada 2 tipe.. Yaitu cursor yang muncul dan cursor yang menghilang....

Tapi ada juga duduk masalah laptop bukannya masuk Windows, malah restart terus..


 Masalah ini ditandai dengan laptop yang blank  6 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows (Dijamin Ampuh)


Laptop tidak sanggup masuk Windows ini agak-agak repot betulinnya. Walaupun ga serepot betulin Komputer / Laptop gagal booting tapi duduk masalah ini sering jadi duduk masalah yang berkelanjutan..

Bahkan jujur, waktu saya menulis artikel ini, PC saya masih suka mengalami layar hitam dikala startup dan tidak sanggup masuk Windows sama sekali..


Penyebab Laptop tidak sanggup masuk Windows

Walaupun betulinnya agak repot, tapi penyebabnya pada dasarnya sama menyerupai duduk masalah laptop / kompi pada umumnya.. Contonya :

Salah install : Sobat menginstall aplikasi yang bekerjasama dengan sistem.. Seperti Antivirus dan sejenisnya.. Tapi aplikasi tersebut malah error.. Akibatnya jadi gagal startup. Saya sendiri pernah mengalami hal ini dulu sekali.

Virus : Yup, Virus emang suka bikin masalah.. Beda sama duduk masalah gagal booting, duduk masalah virus ini sangat mungkin menciptakan laptop jadi tidak sanggup masuk Windows.. Penyebabnya yaitu akibat sistem yang terinfeksi sampai menciptakan file corrupt alias unreadable

Masalah harddisk : Biang kerok umum duduk masalah sistem.. Sama menyerupai virus, harddisk yang rusak sanggup menciptakan data jadi unreadable sehingga laptop mengalami black screen dikala gres startup..

Gagal update : Proses penginstallan dari update sistem yang gagal, sanggup menciptakan Windows jadi corrupt.. Contohnya, laptop / PC mati tiba-tiba dikala proses update..


Penyebabnya udah tau, terus gimana betulinnya?

Silakan disimak baik-baik :


1. Restart Laptop

 

Ini bekerjsama 'trik tanpa dasar', alasannya yaitu trik ini saya sanggup dari pengalaman pribadi saya..

Ketika laptop sahabat mengalami layar hitam dikala berada di startscreen, coba eksklusif matikan laptop lewat tombol power..

Dan dikala sudah mati, eksklusif cepat-cepat nyalakan kembali laptopnya..Biasanya dalam 1x percobaan, Windows nanti akan masuk Windows dengan normal.  

Tapi harus diingat, cara ini hanya bersifat sementara saja.. Soalnya bahaya, kalau sering-sering mematikan laptop tanpa shutdown dengan benar..

..Bisa ngerusak hardware..


2. Uninstall kegiatan penyebab kerusakan lewat safe mode

 

Safe mode, yaitu kondisi dimana Windows yang dibuka tanpa meload aplikasi-aplikasi maupun driver yang sudah terinstall..

Tujuan dari masuk safe mode, supaya sahabat sanggup mengecek apakah Windows yang terinstall masih sehat atau tidak..

Karena biasanya, kalau Windows masih sanggup masuk safe mode, itu artinya Windows tidak mengalami kerusakan / corrupt parah..

Selain itu, di safe mode, sahabat sanggup memperbaiki duduk masalah tidak sanggup masuk Windows akhir salah install seperti yang saya bilang sebelumnya..

Caranya :


1.  Nyalakan laptop menyerupai biasa..

2. Setelah melewati BIOS Screen, tekan tekan F8 berulang-ulang..

3. Pilih safe mode..


Nah, kalau sudah masuk, silakan uninstall program-program yang sahabat curigai sebagai penyebab laptop yang tidak sanggup booting..

Aplikasi, driver, atau sebagainya..


3. Scan antivirus

 

Kalau penyebab susah masuk Windowsnya gara-gara virus, sahabat sanggup mencoba melaksanakan scanning dengan Antivirus..

Caranya?

Sama menyerupai sebelumnya, lewat safe mode. Dengan catatan, laptop sahabat Windowsnya masih normal / belum parah rusaknya..

Langkahnya menyerupai berikut :


1. Download terlebih dahulu Antivirus dengan definisi virus terbaru di komputer / laptop lain.. Masukkan ke flashdisk / storage.. 

2. Masuk safe mode menyerupai yang saya jelaskan sebelumnya..

3. Install Antivirus menyerupai biasa..

4. Jalankan Antivirusnya dan mulai scanning dengan mode full scan.. Atau sahabat juga sanggup mengatur scanning dengan mode boot scan.. Jauh lebih efektif..


Jika sudah, silakan restart dan cek kembali kerusakannya.. sudah normal atau belum.. Scanning Antivirus ini hanya efektif kalau virus yang mengifeksi belum merusak file sistem..

Nah, kalau belum betul, coba pakai cara selanjutnya..
 

4. Pakai system restore

 

System Restore yaitu salah satu fitur Windows yang berfungsi untuk mengembalikan Windows pada waktu tertentu, ke beberapa waktu sebelumnya..

Ribet ? 😂

Yah, pada dasarnya sih sistem restore sanggup menciptakan dan mengembalikan Windows yang rusak ke kondisi sebelum rusak supaya sistem jadi normal kembali.

Nah, sistem restore ini cara kerjanya menggunakan restore point.. Sobat mesti buat dulu restore point sebelum Windows rusak supaya sanggup dipakai dikala Windows sedang mengalami kerusakan..

Terus gimana kalo belum buat restore point?

Sebenarnya, dikala sahabat menginstall aplikasi-aplikasi sistem tertentu (Seperti driver atau antivirus), biasanya Windows akan secara otomatis menciptakan restore point..

Nah, kelemahannya disini..

Restore Pointnya ini ngga selalu terbuat secara otomatis.. Kadang malah tidak ada restore point sama sekali..

Tapi tidak ada salahnya, untuk mengecek terlebih dahulu, siapa tahu ada.. Caranya :


1. Nyalakan laptop

2. Setelah melewati layar BIOS, tekan F8 secara berulang-ulang..

3. Masuk ke repair computer  

4. Cari sistem restore, kemudian cek apakah ada restore point atau tidak..


Kalau ada, silakan lakukan restore.. Data tetap aman, tapi aplikasi-aplikasi yang terinstall bakal hilang..

  • Note : Saya tidak sanggup menjelaskan langkah-langkah secara spesifik untuk menggunakan system restore.. Karena tiap versi Windows beda-beda cara pakainya.. Sobat sanggup cek lewat Googling atau Youtube
 

5. Install ulang


Kalau nggak sanggup pakai system restore ya mau nggak mau sahabat mesti install ulang..

Kalau cuma buat mengatasi laptop tidak sanggup masuk Windows dikala startup, install ulang sanggup dibilang yaitu cara yang paling efektif untuk mengatasinya..

Karena dengan install ulang, file-file sistem yang corrupt akan dihapus semuanya dan diganti dengan yang baru..

Sehingga laptop jadi normal kembali.

  • Note : Saya lebih menyarankan sahabat untuk melaksanakan clean install.. Format seluruh disk drive dikala proses penginstallan. Tujuannya, supaya virus yang melekat di harddisk akan ikut terhapus.. Catatan, data harus sudah dibackup semua..


6. Cek RAM


RAM, selain sanggup menciptakan komputer tidak sanggup booting kalau rusak, juga katanya sanggup bikin Windows susah startup.. (Sumber : Dari lembaga Tomshardware)

Nah, bedanya, error tidak sanggup masuk Windowsnya ini ditandai dengan Laptop yang restart terus menerus dikala berada di posisi startscreen..

Cara mengatasinya :

1. Silakan bongkar dan ambil RAM laptop sobat..

2. Bersihkan kuningannya menggunakan penghapus..

3. Pasang lagi, kemudian coba test lagi..



Penutup...


Sekian 6 cara yang biasa saya pakai dikala laptop / pc tidak sanggup masuk ke Windows.. Kesimpulannya, memperbaikinya memang sedikit bikin repot.. Tapi pada dasarnya kerusakan ini bukanlah kerusakan berat..

Asalkan bukan pada hardware (Harddisk atau RAM)

Pasti balik normal lagi..

Demkian, biar bermanfaat.



0 Response to "6 Cara Mengatasi Laptop Tidak Dapat Masuk Windows (Dijamin Ampuh)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel