7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula Dan Enthusiast)

Sebelumnya, aku pernah membagikan 6 aplikasi editing video terbaik untuk Windows 10. Mengingat kebutuhan edit foto yang notabene jauh lebih tinggi dibanding edit video, disini aku akan mencoba membagikan aplikasi photo editing terbaik untuk Windows 10.

Aplikasi edit foto di Windows 10, gotong royong ada banyaak sekali. Ditambah software-software editing foto biasanya sudah menerima kompabilitas penuh dengan Windows 10.


 aplikasi editing video terbaik untuk Windows  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)


Untuk teman pengguna Windows 10, mungkin akan bingung, aplikasi editing apa yang paling bagus untuk Windows 10. Ditambah, kadang fitur-fitur aplikasi yang di download kurang lengkap. Atau malah user interfacenya yang bikin pusing.

Apalagi jika size softwarenya besar. Kalau yang pakai WIFI cepat sih ga masalah. Tapi jika yang pakai internet kuota dan koneksinya lambat..


Langsung saja, berikut ini ialah Aplikasi edit foto terbaik untuk Windows 10 yang semoga sanggup membantu teman yang hobi editing foto. Dari pemula hingga eunthusiast.


Aplikasi foto editor terbaik Windows 10

 

 

 1. Adobe Photoshop

 

 aplikasi editing video terbaik untuk Windows  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)



Yang pertama, tentunya Adobe Photoshop sama sekali dilarang dilewatkan. Adobe photoshop, jika aku baca dari Wikipedia, aplikasi ini dirilis tahun 1990, alias sudah lebih dari 27 tahun lalu.

Adobe photoshop, ialah sebuah aplikasi photo editing yang mempunyai berbagai fitur. Banyaknya fitur-fitur tersebut, menciptakan aplikasi ini berbagai digunakan oleh bermacam-macam kalangan. Dari pengguna komputer biasa hingga developer atau editor professional.

Penggunaan Adobe Photoshop ini tergantung skill. Karena banyaknya tools serta effect yang sanggup dimasukkan ke dalam foto. Tapi secara umum, penggunaan Adobe Photoshop ini termasuk mudah. Karena aku sendiri pertama kali menggunakan Adobe Photoshop pada umur 8 tahun. Waktu itu aku hanya memberi efek blend sederhana. Seperti menggabungkan wajah dengan buah.

Untuk versi, Adobe Photoshop kini dikenal dengan varian CS. Versi terakhir yang dirilis, ialah versi CS6.

Adobe Photoshop sudah aku coba dan work dengan normal di Windows 10. Bahkan hingga kini aku masih pakai (Versi CS5).



2. Paint

 

 aplikasi editing video terbaik untuk Windows  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)

 


Kok Paint? Bukannya paint itu aplikasi buat gambar di Windows?

Saya memutuskan untuk memasukkan Paint disini, alasannya Paint juga gotong royong sanggup digunakan untuk editing foto ringan lho. Di Paint, teman sanggup meng-crop foto, memberi warna foto, memotong foto, memberi font, mengubah resolusi dan men-savenya ke bermacam-macam format.

Dari segi interface juga Paint ini sangat simpel, Ditambah, aplikasi ini sudah ada dari bawaan Windows 10. Sehingga teman tidak perlu repot-repot men-downloadnya di internet.

Kalau aku pakai Paint, biasanya jika sedang screenshots layar Windows, atau crop foto. Karena memang loadingnya ringan dan tidak memakan waktu.

Karena aplikasi bawaan Windows, sudah niscaya Paint Work di Windows 10.


3. GIMP

 aplikasi editing video terbaik untuk Windows  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)

 


Selanjutnya GIMP. Walaupun namanya tidak setenar Adobe Photoshop di kalangan pengguna komputer / laptop, tapi GIMP ini dilarang dipandang sebelah mata.

GIMP, ialah aktivitas untuk manipulasi gambar (Akronim dari GNU Image Manipulaton Program) Secara fungsi, aplikasi ini seakan-akan Adobe Photoshop. Tapi aplikasi ini mempunyai lisensi gratis, sedangkan photoshop berbayar.

GIMP juga mendukung hampir seluruh format foto. Bahkan GIMP juga mendukung format PSD (Format standar photoshop).

Secara fitur, GIMP mempunyai fitur yang cukup lengkap untuk editing ringan hingga agak berat. Sobat sanggup melihat sendiri di youtube fitur-fitur dari GIMP ini.


GIMP ini sangat disukai oleh kalangan editor. Dikarenakan sifatnya yang open source dan gratis, ditambah GIMP juga support bermacam-macam sistem operasi. Termasuk Windows dan Linux.

GIMP ini sudah aku cek dan work di Windows 10.


4. Adobe Lightroom

 

 aplikasi editing video terbaik untuk Windows  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)



Selain Photoshop, teman juga dilarang melewatkan Adobe Lightroom. Adobe Lightroom, merupakan salah satu varian photo editor selain Adobe Photoshop. Aplikasi ini biasa digunakan untuk memainkan warna pada gambar atau foto sehingga jadi terlihat lebih cantik.

Untuk fitur, ada beberapa perbedaan mencolok dari Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom yang jika dibahas disini, akan terlalu panjang. Sobat sanggup mencari perbedaannya di Google.

Dari segi kompabilitas, Adobe Lightroom ini sudah aku cek dan work dengan normal di Windows 10.


5. Paint.NET

 

 aplikasi editing video terbaik untuk Windows  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)


Paint.NET, ini bukan Paint bawaan Windows. Paint.NET ialah aplikasi editing ringan dengan size kecil dengan fitur yang cukup lengkap. Paint.NET ini sanggup aku bilang cukup cocok untuk pengguna yang masih awam dengan foto editing tapi ingin menerima fitur yang memadai.

Dari segi tampilan, Paint.NET mempunyai interface seakan-akan Adobe Photoshop. Tampilannya di dominasi dengan warna putih, dan pada bab kiri aplikasi terdapat tools-tools untuk editing.

Paint.NET ini mempunyai 2 versi. Yaitu gratis dan berbayar. Untuk perbedaan fiturnya, aku kurang tahu.

Untuk versi berbayar, teman sanggup membeli dan mendownloadnya lewat Windows store bawaan Windows 10. Untuk versi gratis, teman sanggup mendownloadnya pribadi di website resminya.

Aplikasi Paint.NET ini sudah aku cek dan tested di Windows 10 berjalan normal (Versi gratis).


6. Corel PaintShop Pro

 

 aplikasi editing video terbaik untuk Windows  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)


Corel, jika mendengar namanya niscaya terbayang Corel Draw bukan? Corel PaintShop Pro ialah software photo editor yang mempunyai berbagai fitur di dalamnya. Aplikasi ini juga sudah cukup terkenal di kalangan foto editor.

Corel PaintShop Pro ini mempunyai bermacam-macam plugin yang mempunyai efek keren, elok dan menarik yang patut dicoba.

Sama halnya dengan Adobe Photoshop, untuk menggunakan Corel PaintShop Pro ini, teman harus mempelajarinya terlebih dahulu, semoga teman paham dan sanggup menggunakan seluruh fitur yang ada.

Aplikasi ini pastinya sudah support Windows 10. Tapi aplikasi ini mempunyai sistem requirements. Kaprikornus pastikan PC / laptop teman spesifikasinya sudah mendukung untuk menjalankannya.


System Requirements :



  • Windows 10, Windows 8/8.1, Windows 7 32 bit / 64 bit dengan update terbaru
  • Processor Intel atau AMD 1.5 GHz (Atau lebih cepat) yang sudah support SSE2 (Rekomendasi dual core keatas)
  • Minimal RAM 2GB. Rekomendasi 4GB.
  • Disk kosong min 1 GB. Rekomendasi 2 GB.
  • Layar minimal resolusi HD (1280 x 768 resolution dengan color 16-bit) Rekomendasi 1366 x 768 dengan color 24-bit (atau keatas).
  •  Driver VGA terbaru.


Tertarik mencobanya?


7. Affinity Photo

 

 aplikasi editing video terbaik untuk Windows  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula dan Enthusiast)


Terakhir Affinity Photo. Bagi sebagian orang, Affinity Photo ini memang mungkin masih belum dikenal dibanding aplikasi-aplikasi sebelumnya. Tapi, Affinity Photo ini sudah cukup terkenal di kalangan photo editor.

Fitur yang diberikan cukup lengkap, ditambah harganya yang relatif jauh lebih murah dibanding aplikasi sejenis, menciptakan aplikasi ini jadi cukup populer. Aplikasi ini bahkan sudah di rekomendasikan oleh editor dari situs tomsguide.com yang notabene ialah salah satu situs teknologi terbesar di dunia.

Sobat sanggup mendownload aplikasi ini pribadi lewat situs resminya dengan harga $49.99. Harga tersebut sudah cukup murah untuk seukuran aplikasi photo editor yang biasanya harganya mencapai jutaan.


Penutup..

 

Banyak sekali rekomendasi aplikasi edit foto yang sanggup dijalankan di Windows 10. 7 aplikasi diatas, aku harap sanggup membantu teman yang hobi editing foto dan sedang galau mencari aplikasi terbaik untuk editing foto.

Beberapa aplikasi diatas, penggunaannya harus diadaptasi dan dipelajari terlebih dahulu (Seperti Photoshop, Lightroom, dsb), alasannya banyaknya fitur yang ada.

Sekali lagi, semoga artikel ini sanggup membantu dan bermanfaat. Saya tunggu karya seni dari photo editing sobat.

0 Response to "7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Windows 10 (Pemula Dan Enthusiast)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel