5 Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel Di Android Jadi Super Cepat

Indonesia mempunyai bermacam-macam provider internet yang sanggup dipilih. Harga paket internet yang ditawarkan juga bervariasi. Dari paket murah 5000an hingga paket super mahal hingga ratusan bahkan mungkin jutaan.

Provider-provider selular ini sanggup kita pilih sesuai kantong dan tentunya kualitas sinyal biar mendapat kecepatan internet berkualitas tapi dengan harga yang murah.

Dan salah satu provider yang sudah populer di Indonesia, ialah telkomsel, yang sudah cukup usang beroperasi di Indonesia. Telkomsel ini mempunyai paket-paket internet yang harganya cukup sesuai dengan kualitas jaringan yang ditawarkan.

 Indonesia mempunyai bermacam-macam provider internet yang sanggup dipilih 5 Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel Di Android Kaprikornus Super Cepat


Akses kecepatan internet yang cepat, bergantung kepada banyak faktor. Dari faktor cuaca, jaringan, kondisi trafik hingga gadget yang dipakai.

Provider telkomsel sendiri sebetulnya salah satu provider mempunyai kualitas jaringan serta kecepatan kanal internet yang baik. Saya sendiri sudah mencobanya.

Tapi dalam beberapa situasi, kadang kanal internet initernet telkomsel ini kadang melambat. Apalagi kalau ada salah satu faktor yang saya sebutkan tadi tidak terpenuhi.

Untuk itu, disini saya akan membahas cara percepat koneksi internet telkomsel khusus untuk pengguna Android.


1. Setting jaringan dari 3G HSPA >> 4G LTE

 

Jaringan 4G LTE, mempunyai kanal koneksi yang berkali lipat jauh lebih cepat dan respon ping yang cepat. Sehingga akan mempercepat browsing, upload dan main game online.

Penyettingan dari jaringan HSPA >> 4G LTE ini sangat wajib dilakukan, supaya kecepatan kanal internet tetap cepat dan stabil.

Cara melakukannya, buka setting >> kartu SIM >> pengaturan jaringan SIM >> ubah jenis jaringan ke 4G Only.

 Indonesia mempunyai bermacam-macam provider internet yang sanggup dipilih 5 Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel Di Android Kaprikornus Super Cepat


Setting diatas ialah cara saya mengubah dengan Android Nougat. Untuk yang mempunyai versi Android berbeda, anda sanggup mencarinya sendiri letaknya. Intinya hanya perlu mengubah jaringan ke LTE only.

Nah, perlu diketahui, penyettingan ke LTE only ini hanya di khususkan untuk yang jaringan 4G di wilayahnya sudah stabil. Jika belum stabil, sinyal yang didapat akan hilang muncul, sehingga akan mengganggu nantinya.

Kalau HPnya belum support 4G, cukup setting ke WCDMA / 3G only, supaya sinyal yang didapat selalu H+. 

Lanjut, coba lagi cara-cara ini:


2. Memakai aplikasi internet irit koneksi

 

Untuk mendapat kanal internet cepat, terutama untuk browsing atau chat, coba gunakan browser atau aplikasi yang irit koneksi. Hemat koneksi yang dimaksud disini, ialah aplikasi versi lite. Seperti line lite, facebook lite dan lainnya.

Juga gunakanlah browser dengan fitur kompress gambar biar kecepatan browsing jadi bertambah.

Cara ini sanggup digunakan di internet telkomsel maupun provider lainnya.


3. Memakai modem MIFI

 

Modem apalagi yang harganya mahal (diatas 500 ribuan), ini sanggup mempercepat koneksi kanal internet di Android. Nah, untuk pengguna provider telkomsel atau provider lainnya, sanggup mempertimbangkan cara ini.

Modem MIFI mempunyai bermacam-macam harga dengan kualitas jaringan yang berbeda-beda. Anda sanggup cari modem MIFI yang populer berkualitas sesuai budget yang dimiliki.


Tapi, untuk saran saya pribadi ambil MIFI dengan harga 500 ribu keatas. Karena kebanyakan penangkapan sinyalnya sangat baik, serta kecepatan internet yang didapat juga jauh lebih baik dibanding HP Android biasa. Apalagi model lama.

Mahal? Memang iya, tapi untuk jangka panjang, modem MIFI ini sangat worth.

Cara ini optional, sanggup di-skip kalau memang tidak bisa.


4. Pakai internet ketika jaringan sedang sepi

 

Pada provider apapun di Indonesia, walaupun kanal internetnya cepat, niscaya kecepatannya akan menurun di jam-jam tertentu. Termasuk telkomsel.

Akses internet telkomsel pada jam sibuk, akan tidak mengecewakan menurun signifikan. Biasanya ada di jam 1 siang hingga jam 11 malam.

Khusus yang suka download, lebih baik download diatas jam 12 malam hingga jam 6 pagi saja. Karena speed download telkomsel ketika itu jauh lebih cepat. Ditambah sanggup menghabiskan kuota midnight.


5. Bagaimana dengan setting APN?

 

Sebenarnya, tidak ada bukti niscaya apakah benar mengganti APN (Access Point Names) akan mempercepat internet.

Sejauh yang saya tahu, APN ini berfungsi untuk mengidentifikasi jaringan perangkat ke jaringan yang ingin disambung, untuk mengatur keamanan, paket serta fungsi-fungsi lainnya.

Karena belum ada bukti pasti, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba melaksanakan setting APN pada telkomsel. Caranya:

  • Masuk ke setting
  • Kartu SIM
  • Masuk jaringan seluler kartu SIM
  • Lanjut ke Nama Titik Akses (Access point names)
  • Buat gres APN atau edit APN usang dengan APN berikut:
  • Akses point name: internet - username dan password: kosongkan


APN diatas ialah APN rekomendasi langsung dari telkomsel, yang saya sanggup di situs telkomsel. Sekali lagi, setting diatas ialah cara setting saya pada Android nougat.
 
Kalau sudah di setting, lakukan pengetesan ping, untuk mengecek apakah internet sudah tersambung dengan benar. Caranya disini.
Kalau ada setting lain, silakan dicoba saja. 

 

Penutup...

 

Banyak faktor untuk mendapat kanal internet super cepat. Dari provider, kualitas jaringan, kualitas perangkat, kondisi jaringan, kondisi trafik dan masih banyak lagi. 5 cara singkat diatas ialah cara yang sanggup dilakukan untuk anda yang ingin mendapat kanal internet telkomsel  lebih cepat.

Selain 5 cara tadi, anda sanggup memanfaatkan root untuk mendapat kanal internet yang lebih cepat dengan cara optimasi. Baca: Fungsi root dan manfaat root

Dengan root, anda sanggup menciptakan banyak pengaturan yang sanggup menciptakan internet jadi jauh lebih cepat, yang juga berfungsi untuk semua provider, tidak terkecuali telkomsel.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "5 Cara Percepat Koneksi Internet Telkomsel Di Android Jadi Super Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel