3 Cara Ping Koneksi Pada Android Untuk Game Online

Ping, singkatnya, ialah sebuah patokan ukuran untuk melihat kecepatan respon terhadap server. Ping biasa digunakan untuk aneka macam hal. Salah satunya mengecek kelancaran konektivitas pada game online.

Ukuran ping, berbeda dengan ukuran speed internet yang semakin besar semakin bagus. Respon ping, semakin kecil justru semakin baik. Respon yang kecil ini menunjukan bahwa konektivitas antara user dan server dalam kondisi baik dan lancar.

Kaprikornus jangan heran, kalau spek PC atau HP bagus, tapi main game online suka ngelag atau patah-patah. Ini alasannya respon ping yang dimiliki buruk.

 ialah sebuah patokan ukuran untuk melihat kecepatan respon terhadap server 3 Cara Ping Koneksi Pada Android Untuk Game Online


Cara mengecek ping, kalau di PC atau laptop dengan sistem operasi Windows, biasanya menggunakan CMD dengan perintah "ping namaserver", kemudian CMD akan melaporkan respon ping pada koneksi yang sedang digunakan.

Lalu bagaimana untuk Android?

Tentu saja ada. Di android, terdapat bermacam-macam aplikasi yang bermanfaat untuk melaksanakan cek ping. Aplikasi-aplikasi ini bermanfaat untuk teman yang suka main game online. Seperti AOV, Mobile Legend, Seven Knight, Pokemon Go atau game-game lainnya.

Aplikasi-aplikasi berikut ini, ukurannya sangat kecil dan sanggup di download di playstore.

Apa saja aplikasinya? Nah, kita bahas dibawah:


 1. Menggunakan Aplikasi "Terminal Emulator for Android"

 

 ialah sebuah patokan ukuran untuk melihat kecepatan respon terhadap server 3 Cara Ping Koneksi Pada Android Untuk Game Online

 

Terminal Emulator, merupakan jadwal Android yang fungsinya menyerupai dengan terminal pada linux. Terminal ini, juga menyerupai dengan CMD pada Windows.

Aplikasi yang sudah diunduh sampai 10 juta unduhan ini hanya mempunyai size sekitar 313KB di playstore. Untuk cara pakainya, sama dengan cara ping di CMD Windows.

  • Buka aplikasinya, nanti akan muncul tampilan hitam.
  • Masukkan perintah "Ping namaserver" (Tanpa tanda kutip). Contohnya: Ping google.com
  • Kemudian akan masuk laporan respon ping.

Bedanya, ada beberapa perintah CMD yang tidak sanggup dilakukan di terminal ini. Silakan coba sendiri untuk mengetesnya.


2. Cek ping dengan aplikasi "Ping"


 ialah sebuah patokan ukuran untuk melihat kecepatan respon terhadap server 3 Cara Ping Koneksi Pada Android Untuk Game Online


Aplikasi ping, merupakan salah satu aplikasi untuk cek respon koneksi dengan mudah. Alasannya, alasannya pada aplikasi ini sudah ada host yang tersedia, sehingga teman tidak perlu repot-repot memasukkan nama server menyerupai yang digunakan di terminal.

Cara menggunakannya, cukup buka aplikasinya, pada bab ping, ketuk bagian host untuk mengganti (Jika perlu). Jika sudah, tinggal klik start.

Jika sukses, laporan hasil ping akan muncul dibawahnya. Kalau ingin menghentikannya, tekan saja tombol stop.

Aplikasi ini juga menyediakan speed test untuk menguji kecepatan internet sobat. Silakan tes sendiri di bab Speed Test.


3. Cek ping dengan aplikasi "Ping IP"

 

 ialah sebuah patokan ukuran untuk melihat kecepatan respon terhadap server 3 Cara Ping Koneksi Pada Android Untuk Game Online

 

Ping IP, merupakan aplikasi yang tampilannya menyerupai dengan terminal emulator pada Android. Bedanya, Ping IP sudah di khususkan untuk melaksanakan cek respon ping saja.

Cara menggunakannya, teman hanya perlu membuka aplikasinya, kemudian tekan tombol ping yang ada di bab atas.

Nanti akan muncul laporan respon ping persis menyerupai menggunakan terminal.


Cara menurunkan respon ping pada Android


Seperti yang tadi saya bilang. Respon ping, semakin kecil akan semakin baik. Respon ping yang kecil, akan menciptakan koneksi antara Android dan server menjadi lebih lancar.

Kelancaran ini sanggup dirasakan sendiri lewat game online, dimana nanti gerakan game akan patah-patah kalau ping yang didapat terlalu besar.

Untuk perkecil ping, ada beberapa cara efektif yang sanggup saya beri. Yaitu:


Memakai Android dengan sinyal 4G LTE

Sinyal 4G LTE, mempunyai respon ping pada server sekitar 50-60% lebih baik dibandingkan dengan sinyal 4G. Saya sendiri sudah mengetesnya.
 
 
Menghilangkan aplikasi background yang butuh koneksi Internet

Aplikasi yang butuh koneksi Internet, akan memperlambat kinerja Internet, sehingga fungsi ping jadi terganggu.
 

Mengganti provider dengan ping yang kecil
 
Cara paling efektif ialah dengan menggunakan provider yang mempunyai respon ping kecil. Ingat, respon ping yang kecil, bukan internet yang cepat
 
Internet yang cepat, tidak serta-merta akan menciptakan ping jadi kecil, begitupun sebaliknya.
 
 
Memakai WIFI
 
WIFI kebanyakan punya kualitas koneksi yang lebih baik dibandingkan dengan koneksi internet dengan kartu SIM. Cobalah untuk menggunakan WIFI, untuk mendapat latency yang rendah.
 
Kalau WIFInya lambat, baca ini: Cara percepat WIFI 
 
 

Penutup...

 

Pengecekan kualitas respon ping pada Android ternyata sangat mudah. Bahkan sanggup relatif jauh lebih mudah, dibandingkan cara ping lewat CMD di laptop atau PC.

Selain 3 cara diatas, ada beberapa aplikasi ping lain untuk melihat respon server. Tapi alasannya nanti malah kebanyakan (dan kurang efektif), 3 cara diatas juga sudah lebih dari cukup.

Semoga bermanfaat. 
 
 
 


0 Response to "3 Cara Ping Koneksi Pada Android Untuk Game Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel