Cara Mengatasi Black Screen Waktu Main Game Pc/Laptop (Layar Gelap)

Nge-game (gaming) yaitu hobi yang banyak disukai orang, alasannya sangat efektif untuk menghilangkan stress,penat, menghilangkan kebosanan atau hanya sekedar mengulur waktu.

Nge-game juga tidak selamanya negatif ibarat kebanyakan yang ditulis media-media hingga dikala ini. Banyak manfaat yang sanggup didapat dari nge-game, misalnya ibarat menerima teman baru, meningkatkan respon pada otak, serta menghilangkan stress,penat dan lainnya ibarat yang saya bilang tadi.

Nge game sanggup dilakukan di banyak device, ibarat Android, iphone,Konsol juga tidak terkecuali untuk PC dan Laptop.

 alasannya sangat efektif untuk menghilangkan stress Cara Mengatasi Black Screen Waktu Main Game PC/Laptop (Layar Gelap)



Berbeda dari Android yang game-gamenya jarang sekali ada masalah, alasannya didapat dari eksklusif dari Playstore. Atau juga ibarat konsol yang hanya tinggal main, Game di PC / Laptop terkadang punya masalah-masalah ibarat error atau Crash yang sanggup menciptakan pusing kepala.

Nah, salah satu error yang pernah saya dapat, yaitu error Black screen, Blank screen, atau layar hitam (terserah mau sebut yang mana).


Error black screen pada laptop atau PC yang berbasis Windows, terjadi ketika sobat sedang membuka game kemudian tidak muncul gambar apa-apa, tapi hanya keluar suara. Dulu saya pernah mengalami ini ketika main Winning Eleven 9 di laptop usang saya.


Nah, tidak perlu pusing, saya punya cara dan tips biar game yang sobat mainkan sanggup berjalan normal kembali.

Langsung saja:


1. Pastikan Driver VGA sudah terinstall dengan benar

 

Sebelumnya saya bilang bahwa saya pernah mengalami blank screen dikala main Winning Eleven 9 di laptop saya. Setelah saya cari masalahnya, ternyata masalahnya ada di Driver VGA yang belum terinstall.

Driver, fungsinya sebagai pengemudi dari hardware. Dengan pengemudi, maka kendaraan akan berjalan. Begitulah kira-kira.

Driver VGA yang tidak terinstall, akan menciptakan game menjadi black screen dan hanya menciptakan suaranya saja yang keluar.

Masalah blackscreen saya dulu teratasi ketika saya mengupdate dan mengistall driver VGA di laptop saya.


2. Pastikan Spesifikasi PC / Laptop mencukupi

 

Yang kedua, spesifikasi pada laptop atau PC bukan hanya besar lengan berkuasa terhadap kelancaran bermain game, tapi juga besar lengan berkuasa dengan kemungkinan error yang ada yang akan terjadi pada game.

PC atau Laptop dengan spesifikasi yang mencukupi untuk menjalankan game yang ingin dimainkan, akan mengurangi resiko error,crash juga blackscreen dikala dimainkan.

Tidak percaya? Saya dulu pernah coba main The Pun1sher di PC saya yang sudah tua, balasannya tidak keluar gambar apa-apa, hanya suara.

Kedua, saya pernah main Just Cause 2 di PC laptop renta saya, balasannya tidak keluar gambar apa-apa, bahkan suaranya juga tidak keluar.

Terakhir, saya pernah coba main FarCry 4 yang minimal processornya Quad Core di PC saya yang dual core, hasilnya? Layar blackscreen dan bunyi nya keluar. (Tapi sanggup diatasi dengan dual core injector fix).

Intinya begitu, pastikan PC atau laptop spesifikasinya mencukupi.


3. Pastikan File sistem sudah terinstall

 

Pada point ke 3 ini saya taruh rekomendasi untuk menginstall file sistem. Tujuannya untuk mengurangi resiko error yang akan terjadi ketika sobat mengalami blackscreen.

File sistem pada Windows, misalnya seperti: Microsoft Dotnet,DirectX,Microsoft Visual Credits ini perlu diinstall untuk menghindari resiko error yang ada.

Khusus Microsoft Visual Credist, terdapat banyak versi dari yang 2005 hingga yang terbaru, sobat wajib install semuanya.


4. Pastikan gamenya tidak bug (rusak)

 

Kerusakan blackscreen pada game juga bukan hanya dari faktor eksternal, tapi juga dari faktor internal game itu sendiri. Di beberapa kejadian, game yang corrupt akan mengalami layar blank,error dialog, hingga tidak sanggup dibuka sama sekali.

Cara memastikannya sedikit sulit, tapi sobat sanggup mencobanya dengan mengganti file gamenya dengan yang baru.


5. Pastikan Kompabilitas (Compability) dari game mendukung

 

Beberapa game, ada yang mendukung sistem operasi yang baru, tapi tidak mendukung sistem operasi lama. Dan juga ada sebaliknya.

Mengeceknya, Cara nya? Mudah, lihat sistem requirements game tersebut, akan terlihat sistem operasi yang didukung.

Game yang kompabilitasnya tidak mendukung, tidak menutup kemungkinan akan terjadi blackscreen dikala dimainkan.

Tapi poin 5 ini cukup jarang terjadi, kecuali hanya di game-game yang sudah sangat lama, atau game-game gres yang dimainkan di OS lama.



Begitulah, cara untuk mengatasi game yang blacksreen,blank screen, layar hitam. Intinya, pastikan 5 faktor diatas terpenuhi, maka semoga error yang didapat akan normal kembali.

Terima Kasih.

0 Response to "Cara Mengatasi Black Screen Waktu Main Game Pc/Laptop (Layar Gelap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel