Cara Mencar Ilmu Komputer (Dasar-Dasarnya) Untuk Pemula Dengan Cepat

Komputer, merupakan teknologi yang sangat membantu kita dalam pekerjaan sehari-hari. Dan komputer kini sanggup dibilang tidak sanggup lepas dari kehidupan. Maka dari itu sobat harus mau untuk berguru komputer.

Komputer juga sudah banyak jenisnya. Untuk yang biasa dipakai, namanya PC (Personal Computer / Komputer Pribadi) dan Laptop, alias komputer portable.

Untuk cara kerja, intinya sama. Yang jadi perbedaan, ialah komponen-komponen pecahan dalamnya, yang mana laptop punya komponen lebih kecil dan ekonomis daya.


 merupakan teknologi yang sangat membantu kita dalam pekerjaan sehari Cara Belajar Komputer (Dasar-dasarnya) Untuk Pemula Dengan Cepat


Saya buat artikel ini, sebab jujur saja. Kurangnya pembahasan wacana cara berguru komputer pemula. Walau di blog (situs) ini sudah banyak tips-tips komputer. Tapi kebanyakan tips ditujukan untuk level menengah.

Jadi, artikel ini akan ditujukan khusus untuk sobat yang masih pemula dan ingin berguru komputer supaya cepat bisa.


Sebelum mulai...


  • Untuk cara belajar, sobat beli bukunya terlebih dahulu. Karena kalau dibahas disini akan sangat panjang.
  • Artikel ini akan berisi penjelasan tentang komputer. Bagian-bagian komponen dasar komputer, sistem operasi pada komputer, dan program-program yang biasa digunakan di komputer, yang bermanfaat untuk pemahaman dasar (sesuai judul goresan pena ini). 
  • Seperti yang kita tahu, kebanyakan isi buku bahasanya baku, sehingga agak kurang dipahami sebagian orang. Disini saya akan berusaha menjelaskan apa-apa yang gampang untuk dipahami. Dan saya pribadi jelaskan yang penting-pentingnya saja.
  • Dengan memahami isi goresan pena ini, sobat diharapkan akan lebih cepat paham dengan bahan yang diajarkan buku.


Tips cara berguru komputer:



1. Niat

Seperti kata orang-orang, niat kemudian usaha. Niatkan diri yang berpengaruh dan ingin cepat sanggup untuk mengoperasikan komputer.


2. Tujuan

Apa tujuan sobat menggunakan komputer? Apakah pekerjaan? Atau sekedar hiburan? Ini harus diketahui sebab nanti kita harus menggunakan kegiatan sesuai yang kita tuju.


3. Punya komputer sendiri

Jangan berguru komputer kalau belum punya komputer sendiri. Karena kita harus rutin terus menerus menggunakan komputer supaya cepat bisa.


4. Rajin

Yang terpenting, ialah rajin dan terus menerus belajar, entah lewat buku atau teman. Rajin praktek setiap hari. Kuasai materi-materi dasar dari buku ialah cara tercepat berguru komputer.


5. Jangan takut rusak

Karena asal bukan komponen komputer yang rusak, memperbaiki komputer yang rusak sangat mudah. Kaprikornus tetap damai dan santai saja belajarnya.


 merupakan teknologi yang sangat membantu kita dalam pekerjaan sehari Cara Belajar Komputer (Dasar-dasarnya) Untuk Pemula Dengan Cepat
Belajar komputer itu harus sabar dan rutin.. Butuh berminggu-minggu hingga bertahun-tahun untuk benar-benar paham komputer


Dasar-dasar komputer



Kaprikornus sebelum kita mulai, kita bahas dulu komponen-komponen komputer:


  • NB: Untuk gambarnya, silakan buka: google.com/images kemudian masukkan komponen yang mau dicari di kolom pencarian, kemudian klik enter.


Komponen-komponen komputer



1. Monitor

Monitor, alias layar yang berfungsi sebagai 'penampil' visual. Yang menampilkan gambar yang telah di proses oleh komputer.

Monitor bukanlah komputer. Karena kebanyakan banyak sekali yang salah kaprah bahwa merk monitor adalah merk komputer.

Mudahnya, anggap saja monitor ialah TV yang hanya sanggup berfungsi kalau disambungkan ke komputer.


2. Processor

Processor merupakan 'otak' dari komputer yang berfungsi untuk memproses perintah-perintah yang dijalankan komputer.



3. Harddisk

Harddisk, ialah penyimpan data yang berfungsi menyimpan data-data dalam komputer dalam jumlah besar. Kalau sobat juga niscaya sudah tahu, satuan data menyerupai MB, GB.

Nah, ukuran harddisk ini untuk jaman sekarang, paling kecil biasanya 160GB (giga).


4. RAM

RAM merupakan kependekan dari random access memory yang berfungsi sebagai penyimpan memori sementara di komputer.

Simpelnya, data yang akan di proses oleh komputer akan ditampung dulu di RAM kemudian di proses oleh Processor.


5. VGA

VGA merupakan alat untuk menampilkan visual dari data komputer ke layar. VGA sendiri sesungguhnya istilah yang salah. Yang benar ialah kartu grafis.

Tapi sebab memang sudah kebiasaan, saya sendiri tidak mempermasalahkan hal ini.


6. Motherboard

Motherboard alias mainboard, ialah 'papan' yang berfungsi sebagai komponen utama penampung komponen-komponen sebelumnya.

Coba lihat pecahan dalam komputer, ada papan besar bukan? Itulah motherboard.


7. Power Supply

Power Supply, fungsinya sebagai pemasok fatwa listrik dari PLN ke komputer. Power suplly biasanya bentuknya kotak dengan banyak kabel tersambung didalamnya.



8. Casing

Casing merupakan daerah atau sarang komputer. Casing biasanya bentuknya kotak dan besar. Kaprikornus sesungguhnya tanpa casing pun komputer masih sanggup nyala. (PC saya juga nggak pake casing lho).



Nah, 8 komponen diatas ialah komponen dasar dari komputer. Untuk yang lainnya tidak perlu untuk dipelajari dulu.


Dan jangan dihapal, cukup dibaca dan sedikit dipahami saja. Untuk menerima citra serta pengetahuan dasar wacana komputer.

Note: Sebenarnya banyak orang yang belum tahu detil wacana komponen komputer. Kalau sobat sudah paham, berarti sobat sudah naik level haha.

Lalu sehabis seluruh komponen diatas sudah komplit dipasang. Komputer akan siap dijalankan, tapi belum sanggup dijalankan.

Untuk menjalankan komputer, dibutuhkan sebuah kegiatan sistem. Program sistem ini dinamakan Sistem Operasi atau bahasa inggrisnya Operating System. Sistem operasi juga biasa disingkat OS.

OS ini ada banyak. Kita ambil gampang saja, yang biasa digunakan ialah Windows, Linux, dan Machintosh. Tapi sebab di Indonesia kebanyakan penggunanya Windows, kita bahas Windows saja.

Windows mempunyai bermacam-macam versi, dan dibawah ini akan saya rangkum yang paling sering digunakan di Indonesia:

Untuk melihat gambarnya, buka google.com/images kemudian masukkan Windows yang dicari dan tekan enter.

Sistem Operasi Komputer


1. Windows XP

Windows XP merupakan sistem operasi yang keluar sekitar tahun 2001 / 2002 (saya lupa tepatnya), dan merupakan sistem operasi yang sangat populer.

OS Windows XP, sering digunakan sebab ringan dan gampang penggunaannya. Biasanya, Windows XP banyak digunakan di warnet.


2. Windows 7

Windows 7 merupakan sistem operasi yang dirilis kira-kira tahun 2009. Windows 7 merupakan penerus dari Windows vista (yang sengaja tidak saya bahas), dan mempunyai banyak perbaikan-perbaikan.


Sejak adanya Windows 7, Windows XP jadi mulai ditinggalkan, sebab fitur-fiturnya yang sudah outdate (ketinggalan jaman).


3. Windows 8

Windows 8, ialah sistem operasi yang dirilis tahun 2012 yang lalu. Windows 8 mempunyai tampilan utama yang sanggup dibilang tidak mengecewakan berbeda dari Windows 7.


Yang paling mencolok, ialah hilangnya startmenu (Menu dibagian bawah), dan sudah dioptimalkan untuk komputer layar sentuh.


4. Windows 10

Windows 10, ialah sistem operasi yang dirilis tahun 2015 lalu. Sistem operasi ini mempunyai bermacam-macam perbaikan dari versi Windows sebelumnya. Diantaranya, kembalinya start sajian yang tadinya hilang di Windows 8.



Supaya sobat paham cara mengoperasikan komputer. Sobat harus tahu dulu versi Windows apa yang sobat pakai. Silakan cari dan sesuaikan Windows yang digunakan dengan gambar di Google.

Kemudian, kita sanggup mulai berguru mengoperasikannya.

Di dalam komputer, ada komponen dan software. Software ini ialah kegiatan / data yang dipasang di komputer.

Pada sistem operasi, sesungguhnya sudah banyak terpasang program-program dasar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komputer.

Nah, disini saya ingin tahu, sobat ingin mengoperasikan komputer menyerupai apa. Apakah mau nonton film? Main game? Atau mengetik? Atau ber-internet?

Berikut ini ialah software-software untuk menggunakan banyak sekali hal di komputer.

Software-software yang biasa digunakan di komputer



1. Browser

Browser ialah kegiatan untuk berinternet. Untuk Windows sendiri biasanya sudah terpasang secara bawaan, browser internet explorer yang sanggup digunakan untuk berinternet.
Untuk kegiatan lainnya, sanggup coba google chrome, mozilla firefox dan sebagainya.


2. Aplikasi pemutar video

Untuk menjalankan video, dibutuhkan sebuah aplikasi pemutar video. Kalau di Windows, sudah ada aplikasi bawaan yang namanya Windows Media Player.
Sobat sanggup juga menggunakan aplikasi-apikasi pemutar video lain.


3. Microsoft Word

Adalah software yang biasa digunakan untuk mengetik. Jika sobat tujuannya ingin ngetik, silakan berguru cara mengoperasikan software ini.


4. Photoshop

Photoshop, ialah kegiatan komputer yang berfungsi untuk editing foto. Photoshop sanggup digunakan untuk pemula hingga professional.


5. Movie maker

Movie maker, ialah aplikasi editing video yang cocok untuk pemula. Sobat sanggup menambahkan bermacam-macam imbas pada video, memotong video, hingga menambahkan lagu ke dalam video dengan mudah.


6. Notepad

Notepad ialah aplikasi bawaan Windows yang fungsinya menyerupai mirip Microsoft Word. Bedanya, notepad punya fitur yang simpel yang sanggup digunakan untuk catat apa-apa yang pendek saja.


7. Paint

Paint ialah software untuk menggambar di komputer. Paint, selain digunakan untuk menggambar, juga sanggup digunakan untuk menangkap screenshots (Memfoto layar) dengan mudah.


8. Dan masih banyak lagi...

Sesuaikan lagi sesuai kebutuhan. Karena ada ribuan jenis software di komputer yang sanggup digunakan sesuai harapan masing-masing.



Penutup...

 

Semoga artikel ini sanggup membantu sobat yang masih pemula untuk berguru komputer dengan cepat. Sobat juga sanggup mencari tumpuan cara berguru komputer lewat youtube. 

Karena lewat video, jauh lebih gampang dimengerti dibanding lewat tulisan.

Silakan masukkan apa yang diinginkan di kolom search  kemudian cari. Ada ribuan hingga mungkin puluhan ribu video tutorial komputer di youtube yang terbagi dalam banyak kebutuhan.

Sekian, sekali lagi supaya bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Cara Mencar Ilmu Komputer (Dasar-Dasarnya) Untuk Pemula Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel