3 Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi Paling Akurat [Gak Pake Ribet]

Buat teman-teman yang mau beli HP, terutama HP bekas, mesti lebih teliti waktu melaksanakan pengecekan. Karena yang namanya HP bekas, kita tidak tahu apakah HP tersebut masih normal atau tidak.

Dan itu berlaku untuk semua brand HP.

Tapi khusus untuk pengguna HP Xiaomi, tidak perlu khawatir :

Karena Anda dapat menggunakan Cara mengecek kerusakan HP Xiaomi, menyerupai yang ingin saya bahas disini.

 mesti lebih teliti waktu melaksanakan pengecekan 3 Cara Cek kerusakan HP Xiaomi Paling Akurat [Gak Pake Ribet]


Mengecek Xiaomi rusak atau tidak, bahu-membahu gampang asal Anda tahu caranya. Ditambah, ada semacam aplikasi tertentu, yang dapat digunakan menggunakan instruksi rahasia.

Nah, mengecek menggunakan metode ini penting..

Alasannya, tidak semua HP yang terlihat 'bagus', itu benar-benar bagus. Bisa saja hanya casingnya yang diganti, namun bab dalamnya sudah rusak. Benar kan?

Lalu gimana cara ceknya?

Langsung saja, kita bahas caranya :


1. Cek Bagian Body HP


Pertama, waktu membeli HP Xiaomi, Anda wajib cek terlebih dahulu bab body HP tersebut. Karena kalau ada kerusakan pada body, itu bukan mustahil dapat menyebar ke bab lain.

Yang perlu Anda cek :

 mesti lebih teliti waktu melaksanakan pengecekan 3 Cara Cek kerusakan HP Xiaomi Paling Akurat [Gak Pake Ribet]



LCD : LCD HP harus dalam keadaan bersih. Jangan ada retak apalagi pecah. Touchscreennya juga harus masih normal. Saat Layarnya Anda sentuh, pastikan masih responsive, tidak loncat kemana-mana.

Body : Body HP sebisa mungkin tidak retak atau pecah. Jika ada lecet pemakaian, itu masih wajar.

Tombol : Tombol HP waktu ditekan usahakan masih normal. Maksud normal disini yakni tidak keras, atau copot (Kadang ada yang begini).

Kamera : Kamera yakni fitur penting HP. Pastikan pada lensa kamera tidak ada lecet, apalagi ada retak.

Cek Segel : Lebih baik jangan Ambil HP yang segelnya sudah dibuka. Termasuk juga HP Xiaomi, pastikan segel pada casing masih utuh dan tidak rusak. Tujuannya, biar kalau contohnya tiba-tiba ada kerusakan dapat eksklusif diperbaiki ke Service Center resmi.


2. Cek Menggunakan Mode Engineering


Setelah cek body luar, selanjutnya cek menggunakan mode Engineering. Nah, inilah metode yang saya bilang tadi.

Di metode Engiinering ini, Anda dapat mengecek hardware apakah masih normal atau tidak secara lengkap. Mulai dari LCD hingga sensor.


Caranya :

1. Pada HP Xiaomi >> Buka hidangan Dial Pad >> Kemudian masukkan instruksi *#*#64663#*#*.. Anda tidak perlu menekan tombol panggil, nanti akan HP akan mendeteksi secara otomatis kode diam-diam tersebut.

 mesti lebih teliti waktu melaksanakan pengecekan 3 Cara Cek kerusakan HP Xiaomi Paling Akurat [Gak Pake Ribet]

2. Setelah menunya keluar, Anda akan melihat berbagai pilihan hardware-hardware yang dapat ditest. Anda tidak perlu mengecek seluruhnya. Cukup cek yang penting-penting saja, berikut panduannya :

 mesti lebih teliti waktu melaksanakan pengecekan 3 Cara Cek kerusakan HP Xiaomi Paling Akurat [Gak Pake Ribet]


  • Keypad : Berfungsi untuk mengecek fungsi tombol pada HP Xiaomi. Tombol ini termasuk Power, Volume Up, Volume Down, Menu, Home dan Back.

  • Backlight : Berfungsi untuk mengecek apakah layar dapat meredup atau tidak. Ini penting, alasannya yakni backlight ini bersahabat kaitannya dengan kecerahan pada layar (masih normal atau tidak).

  • LCD : Adalah tester untuk mengecek warna pada layar. Cara kerjanya yaitu dengan menampilkan warna Merah,  Hijau dan Biru. Pastikan semuanya normal.

  • Touchpal : Touchpal ini berfungsi untuk mengecek apakah layar sentuh error atau tidak. Melalui touchpal, Anda akan diperintahkan untuk menggeser jari Anda ke salah satu sisi layar, ke sisi yang lain secara keseluruhan. Touchpal ini tes yang wajib Anda lakukan. Karena kalau gagal ketika tes, itu berarti Touchscreenya ada yang rusak.

  • Led Indicator : Berfungsi untuk mengecek indicator (Lampu notifikasi) pada bab body HP Xiaomi. Pastikan masih nyala (Kecuali Anda hirau taacuh ya tidak apa-apa).

  • Battery : Nah ini sangat penting. Di pengecekan baterai ini Anda akan disuruh untuk menyambungkan kabel USB ke HP Xiaomi tersebut, untuk dicek apakah masih normal atau tidak (Wajib dilakukan kalau Anda tidak mau mengalami masalah HP dicas tapi tidak mengisi).

  • Bluetooth : Di pengecekan Bluetooth, HP akan secara otomatis mendeteksi apakah ada error pada bluetooth atau tidak. Kaprikornus cukup klik saja.

  • GPS : Sama menyerupai Bluetooth, pengecekan GPS akan dilakukan secara otomatis. Jika Anda tidak melihat ada duduk kasus pada hasil tes, tutup menunya.

  • Speaker : Pada testing Speaker di HP Xiaomi, Anda akan diberi sekitar 3 atau 4 jenis bunyi yang berbeda-beda. Suara percakapan, Ringtone dan musik. Pastikan seluruh bunyi yang keluar dari speaker normal dan tidak pecah-pecah (Bisa dampak ke terperinci tidaknya bunyi pada ketika telepon nantinya).

  • Proxymity Sensor : Berfungsi untuk mendeteksi pergerakan pada HP Xiaomi yang dapat menciptakan HP jadi mati secara otomatis (Misal : ketika mengangkat telepon layar jadi mati).

  • Gyro Sensor : Berfungsi untuk mendeteksi pergerakan sekaligus perubahan layar pada HP Xiaomi. Misalnya : HP dimiringkan ke kanan >> Otomatis layar akan berubah jadi mode landscape. Atau HP diarahkan keatas >> maka layar akan berubah jadi mode portrait.

  • MiuiMainCamera (Dan FrontCamera) : Berfungsi untuk mengecek kamera pada HP Xiaomi (depan belakang) masih normal atau tidak. Pastikan waktu pengetesan gambar pada kamera tidak ada yang absurd / error. Ini penting, soalnya berbagai orang yang mengalami kamera mereka error dan tidak dapat dibuka.

  • Headset : Terakhir headset. Lakukan tes headset, untuk mengecek apakah Portnya masih normal atau tidak.


3. Cek Jaringan


 mesti lebih teliti waktu melaksanakan pengecekan 3 Cara Cek kerusakan HP Xiaomi Paling Akurat [Gak Pake Ribet]


Nah, terakhir cek jaringan. Sebenarnya pengecekan jaringan menggunakan testing diatas sudah ada. Namun kenapa tidak saya bahas?

Karena mengecek menggunakan cara manual, berdasarkan saya lebih efektif. Karena kita dapat mengetes langsung, apakah ada duduk kasus jaringan atau tidak.

Untuk HP Xiaomi, ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan :

  • Kartu SIM : Pastikan kedua slot kartu SIM masih terbaca. Terutama SIM 1, alasannya yakni sinyal utama ada pada SIM 1.

  • WIFI : Coba sambungkan HP ke WIFI (Bisa pakai Hotspot dari HP lain).. Tujuannya untuk mengecek, apakah ada error pada WIFI atau tidak (Tidak dapat tersambung misalnya).

  • Sinyal : Pastikan sinyal masih muncul. Tidak lemah, muncul hilang, apalagi sama sekali tidak ada sinyal. Ini penting, alasannya yakni kalau ada yang rusak, duduk kasus sinyal sulit diperbaiki.

  • IMEI : Terakhir IMEI. Pastikan IMEInya masih terbaca dengan baik. Untuk HP Xiaomi, silakan baca Cara Cek IMEI Xiaomi. Disana sudah saya bahas sangat lengkap.


Jika sudah, lakukan juga Tes Internet.. Pastikan waktu browsing lancar dan tidak ada kendala. Tes juga telepon dan SMS, biar HP benar-benar dapat dipastikan normal.


Penutup...

 
Sepertinya 3 Info tersebut saja yang dapat saya berikan untuk mengecek kerusakan HP Xiaomi. Memakai 3 cara diatas, dapat saya bilang akurat alasannya yakni pengecekan dilakukan secara keseluruhan, mulai dari body, sinyal dan hardware.

Nah, untuk Anda yang sudah tidak mengecewakan Pro / Paham elektronik, Anda dapat menggunakan multitester untuk mengecek voltase pada HP, atau lebih tepatnya pada baterai dan konektornya.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "3 Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi Paling Akurat [Gak Pake Ribet]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel