8 Cara Mengatasi Galeri Telah Berhenti / Error / Tidak Dapat Dibuka Hp Android

HP Android, didalamnya mempunyai bermacam-macam komponen yang selalu dikembangkan setiap waktu. Contohnya.. Layar, Baterai, Sistem, bahkan body HP juga selalu dikembangkan.

Termasuk juga sektor multimedia juga selalu dikembangkan. Sektor ini bekerjasama dengan internet, kamera dan sejenisnya. Karena tanpanya, mungkin aplikasi-aplikasi media umum tidak akan sepopuler sekarang.

Bicara soal multimedia, ada 1 aplikasi yang SELALU ada di HP Android, yakni aplikasi galeri (Gallery dalam bahasa inggris). Aplikasi ini yaitu aplikasi khusus, untuk melihat simpanan foto atau video, hasil kamera maupun hasil download yang tersimpan.

Fungsinya tidak mengecewakan vital buat sebagian orang.. Namun, kadang ada 1 duduk perkara yang sering muncul pada galeri ini. Yakni suka berhenti sendiri dan mengeluarkan pesan "Sayangnya, Galeri telah berhenti" / "Unfortunately Gallery Has Stopped" atau biasa disebut force close.

 didalamnya mempunyai bermacam-macam komponen yang selalu dikembangkan setiap waktu 8 Cara Mengatasi Galeri Telah Berhenti / Error / Tidak Bisa Dibuka HP Android


Galeri menutup sendiri ini sebetulnya bukan duduk perkara satu-satunya lho. Ada beberapa error lain yang suka terjadi pada aplikasi galeri, misalnya ibarat Error, bergerak sendiri, macet, hang, tidak merespon, bahkan hingga tidak sanggup dibuka.

Bagi sebagian orang terutama yang bahagia menggunakan HP untuk acara media umum yang notabene penggunaan multimedia, aplikasi galeri yang berhenti ini cukup merepotkan..

Karena ibarat yang Anda tahu, tiap kita ingin mengupload video atau foto ke media sosial, kita akan diarahkan terlebih dahulu ke sebuah aplikasi untuk menentukan foto, dan aplikasi tersebut biasanya galeri.

Kalau galerinya berhenti? Gimana mau memilih?


Pada artikel ini, saya ingin membahas beberapa cara untuk mengatasi galeri berhenti dan mengeluarkan pesan "Sayangnya, Galeri telah berhenti" / "Unfortunately, Gallery has stopped", tidak sanggup dibuka, error, macet, hang dan sejeniisnya.

Diharapkan tips ini work dan sanggup membantu Anda. Nah, pribadi saja, berikut caranya :


#1. Matikan HP


Pertama, silakan matikan terlebih dahulu HP Android Anda. Jika sudah mati, cabut baterai dan tunggu selama minimal 30 detik, kemudian pasang kembali.

Nyalakan kembali HP, kemudian buka galeri bila sudah siap. Galeri yang error biasanya akan normal kembali.

Cara ini selain untuk galeri, juga sanggup digunakan untuk aplikasi-aplikasi lainnya yang error. Kaprikornus sanggup dibilang universal.



#2. Cek RAM HP


Penyebab utama HP suka force close, biasanya disebabkan lantaran RAMnya penuh..

RAM merupakan abreviasi dari Random Access Memory, yang berfungsi untuk menyimpan data sementara di HP Android sebelum diproses. Nah, semakin banyak data yang diproses, semakin berat pula kinerja HP..

..Dan kalau hingga penuh (Over), RAM tidak sanggup menampung lagi data-data tersebut, hasilnya aplikasi yang berjalan akan menutup secara paksa (force close).

Untuk itu, penting sekali untuk memastikan biar RAM selalu terdapat ruang kosong. Apalagi, berdasarkan pendapat saya, aplikasi galeri ini cukup memakan RAM.. Karena tiap dibuka galeri mesti memproses ratusan bahkan ribuan gambar yang tersimpan dalam satu waktu .

Bagaimana cara ceknya? 

Anda sanggup melihatnya di Settings >> Penyimpanan / Atau pakai aplikasi Android tertentu untuk mengecek RAM.


#3. Bersihkan memori internal


Memori Internal di HP Android, mempunyai size yang beragam.. Ada yang 4GB, 8GB, 16GB, 32GB dan seterusnya yang tentunya juga setiap pengguna mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Buat yang belum tahu, sebenarnya, bukan hanya RAM yang mensugesti aplikasi error, atau force close pada Android.. Memori Internal juga sangat berpengaruh.

Nah, untuk error yang dimaksud disini sanggup aneka macam macam. Untuk di galeri sendiri yang saya tahu, biasanya akan menjadikan loading foto dan video lama, macet, bahkan hang. 

Solusinya, silakan bersihkan memori internal Anda. Pastikan terdapat ruang cukup, minimal 800MB atau setidaknya 1GB lebih biar HP sanggup selalu berjalan optimal.  

Bagaimana cara mengosongkannya?

Banyak. Tapi langkah pertama, saya sarankan Anda untuk memindahkan foto dan video yang ada di internal, ke memori eksternal. 

Selanjutnya, Anda sanggup membaca cara membersihkan memori internal berikut.
 

#4. Clear data / cache Galeri


Tiap Anda membuka galeri, gambar dan video akan selalu terloading, dan acara yang Anda lakukan akan tersimpan sebagai sebuah file cache. File cache ini berfungsi sebagai 'pengingat' biar saluran Anda ke galeri jadi lebih cepat.

Nah, tapi dalam situasi tertentu, galeri kadang bukannya cepat justru malah jadi error, dan kadang malah jadi tidak sanggup dibuka.

Silakan clear cache galeri Anda melalui pengaturan galeri di sistem Android. Caranya klik : Settings >> Apps >> Cari Galeri >> Clear data / Clear Cache >. Kemudian Restart HP.

 didalamnya mempunyai bermacam-macam komponen yang selalu dikembangkan setiap waktu 8 Cara Mengatasi Galeri Telah Berhenti / Error / Tidak Bisa Dibuka HP Android


Cara ini juga efektif untuk mengatasi gambar tidak kebaca di galeri / gambar hilang.


#5. Ganti aplikasi galeri


Kebanyakan aplikasi galeri, sudah ada dari bawaan waktu HP itu dibeli. Dan tiap merk, biasanya galerinya beda-beda.. Dan juga galerinya sudah didesain sedemikian rupa, mengikuti fitur HP maupun sistem HP (Walau ada yang universal).

Nah, walau beda-beda, namun tidak serta merta menciptakan aplikasi galeri itu hanya ada bawaannya. Banyak aplikasi galeri yang sudah tersedia di Playstore, yang juga sudah didesain khusus supaya sanggup digunakan diseluruh HP.

Aplikasi-aplikasi ini sanggup jadi alternatif, bila galeri Anda suka error, hang atau berhenti sendiri. Sayapun memakainya lho.

Silakan buka playstore, kemudian cari aplikasinya dengan kata kunci "Galeri" (Tanpa tanda kutip). Sisanya Anda tinggal menentukan aplikasi galeri mana yang Anda suka.

 didalamnya mempunyai bermacam-macam komponen yang selalu dikembangkan setiap waktu 8 Cara Mengatasi Galeri Telah Berhenti / Error / Tidak Bisa Dibuka HP Android



#6. Update HP


Biasanya, updatean pada sistem HP Android yang dirilis, bertujuan untuk memperbaiki bug-bug yang barangkali ada pada sistem. Tapi, selain update sistem, aplikasi-aplikasi bawaan HP juga kadang ikut di update.

Nah, di beberapa HP juga galeri mungkin termasuk. Jadi, saya sarankan untuk coba update HP Anda terlebih dahulu. Caranya silakan masuk ke System >> About >> Updates.

Atau Anda juga sanggup mengecek pribadi aplikasi galeri Anda, apabila ada opsi update didalamnya.



#7. Reset HP


Opsi reset selalu jadi pemecah duduk perkara terbaik untuk mengatasi aplikasi yang error, termasuk aplikasi galeri.

Anda sanggup mencoba mereset aplikasi galeri Anda, apabila galerinya suka macet dan force close. Opsi reset ini sanggup dibilang ampuh, lantaran saya pernah tes sendiri, galeri yang suka force close jadi normal kembali.

 didalamnya mempunyai bermacam-macam komponen yang selalu dikembangkan setiap waktu 8 Cara Mengatasi Galeri Telah Berhenti / Error / Tidak Bisa Dibuka HP Android


Sebelumnya, pastikan Anda sudah membackup data-data di memori. Terutama data-data penting. Karena dengan reset, data-data di HP dipastikan menghilang.


#8. ReFlash HP


Opsi / cara terakhir yang sanggup saya berikan kalau 7 cara sebelumnya tidak berfungsi, yaitu dengan melaksanakan reflashing HP.

Reflashing ini hanya saya sarankan bila aplikasi galeri Anda benar-benar error, sekalipun sudah direset.. Atau bila memang galerinya sudah error dari bawaan.

Beda dengan reset yang berfungsi untuk mengembaliukan sistem ke awal, Reflash HP, bertujuan untuk mengganti sistem, sehingga sistem dipastikan akan berbeda dengan sebelumnya.

Flashing ini tidak sanggup dilakukan sembarangan, dan tidak semua orang bisa. Disarankan untuk meminta pinjaman ke yang lebih paham.. Dan jangan lupa untuk memcari sistem paling gres sebelum di flash ulang.


Penutup...


Nah, demikian sedikit pembahasan wacana Cara Mengatasi "Galeri Telah Berhenti" / Error / Tidak Bisa Dibuka HP Android. Memperbaiki galeri yang error ini intinya ibarat bahkan sama dengan cara mengatasi aplikasi error pada umumnya.

8 Cara diatas juga yaitu cara-cara yang telah direkomendasikan oleh banyak orang, entah itu di lembaga lokal, luar, hingga website-website teknologi.

Saran terakhir, pastikan Anda mengikuti step by step, supaya tidak salah langkah. Atau Anda juga sanggup menentukan cara mana yang sesuai dengan kondisi aplikasi galeri Anda.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Cara Mengatasi Galeri Telah Berhenti / Error / Tidak Dapat Dibuka Hp Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel