Perbedaan Memory Internal Dan Memory External (Simpel Dan Lengkap)

Kalau sedang browsing dan melihat-lihat spesifikasi HP, sebagian orang mungkin ada yang kebingungan dengan spek-spek yang ditampilkan di website-website HP tersebut. Seperti chipset, sensor, dan masih banyak lagi..

Salah satunya yaitu memori..

Memori yaitu komponen penting dalam HP maupun komputer / laptop, yang mempunyai bermacam-macam fungsi. Memori sendiri ada beberapa jenisnya. Memori RAM, ROM, Internal dan eksternal..

Nah, disini aku ingin sedikit membahas, jenis-jenis memori pada HP maupun Laptop (Kurang lebih sama soalnya) dan sesuai judul, aku ingin membahas perbedaan antara memori internal dan memori eksternal, buat teman yang barangkali belum tahu..


 sebagian orang mungkin ada yang kebingungan dengan spek Perbedaan Memory Internal Dan Memory External (Simpel Dan Lengkap)


Beda memory internal dan memory eksternal


Pertama perihal perbedaan memori internal dan eksternal. Apa yang dimaksud dengan memori internal? Nah, Sebenarnya simpel sekali. Memori internal, yaitu memori yang tidak dapat dicabut dari perangkat, atau istilahnya sudah tersolder dan permanen lah..

Memori internal, biasanya berbentuk chip yang sudah terpasang di PCB..

Nah, sedangkan memori eksternal, yaitu memori portable yang dapat teman cabut pasang sesuka hati.. Contoh memori eksternal ini ada beberapa.. Seperti harddisk, kartu memori, SSD.

3 Perangkat memori tersebut dapat teman pasang maupun dilepas kapanpun teman mau..


 sebagian orang mungkin ada yang kebingungan dengan spek Perbedaan Memory Internal Dan Memory External (Simpel Dan Lengkap)


Nah, perangkat memori internal dibagi 2..


Core internal

 

Core internal, yaitu memori khusus untuk menyimpan data-data dari aplikasi, email, kontak dan sejenisnya. Yah, mudahnya core internal ini yaitu memori khusus yang dipakai untuk menyimpan data dari operating system.

Jumlah memori dari core internal ini berbeda-beda, tergantung dari setting vendor HP, jenis operating system, dan tipe HP yang teman gunakan..

..Dimana kita harus memakai cara tertentu untuk melihat detail kapasitas yang terpakainya. Nah, Core internal ini secara default tidak dapat diakses, kecuali jika teman sudah melaksanakan root.


 Internal HP

 

Inilah memori yang biasa teman lihat ketika sedang mengakses file manager. Internal HP, yaitu memori khusus yang disediakan untuk menyimpan file-file dari pemakaian pengguna. Seperti file video, foto, game dan sejenisnya.

Sama dengan core internal, Memori Internal HP ini kapasitasnya berbeda-beda, tergantung dari tipe HP yang teman gunakan. 

Nah, jika teman bingung, kenapa memori internal HP terpotong / ada file padahal kosong, itu alasannya yaitu sudah diambil dari core internal diatas.



Cara melihat memori internal



Untuk melihat kapasitas memori internal sangatlah mudah. Sobat dapat melihatnya melalui settings >> Storage / Penyimpanan. Disana akan ditampilkan jumlah detail perihal total memori, available memory, serta akan ditampilkan juga detail dari used memory


 sebagian orang mungkin ada yang kebingungan dengan spek Perbedaan Memory Internal Dan Memory External (Simpel Dan Lengkap)


Apa bedanya memori internal dengan ROM?

 

Mungkin teman pernah melihat, orang yang bicara perihal RAM dan ROM.. Tapi, apa sih bekerjsama ROM ini?

ROM, jika di HP Android, biasanya merujuk kepada dua hal :


1. ROM, biasa dijadikan penyebutan lain untuk Core internal alias memori sistem. ROM yaitu kependekan dari Read Only Memory yang memang sudah terhubung eksklusif dengan HP. Begitu pula dengan Laptop / Komputer. 

ROM ini masuk ke jenis memori Non-Volatile alias memori yang datanya tidak hilang ketika tidak ada daya.


2. ROM juga biasa dijadikan penyebutan lain untuk Operating System (OS) Android. Ada juga istilah-istilah lain menyerupai Custom ROM yang merujuk kepada ROM yang telah dimodifikasi untuk ditingkatkan banyak sekali fitur dan performa.


Apa beda RAM dan ROM?

 

Membaca pembahasan diatas, mungkin teman sudah mulai sedikit mengerti perihal apa itu Memori internal, memori eksternal, core internal, dan ROM.. Nah lanjut perihal bedanya dengan RAM :

RAM, merupakan kependekan dari Random Access Memory. Beda dengan ROM yang cara kerjanya menyimpan data secara permanen, RAM punya cara kerja berbeda dengan ROM.  

RAM mempunyai fungsi untuk menyimpan data memori sementara sebelum data tersebut diproses oleh Processor dari perangkat. 

Nah, ketika HP / Perangkat mati, data-data pada RAM otomatis akan terhapus.. Atau biasa disebut dengan istilah Volatile memori..
 
 

Kesimpulan...

 

Memori internal, atau kadang disebut ROM yaitu memori yang sudah tersambung eksklusif ke HP atau perangkat sejenis. Memori internal ini dibagi dua, yaitu Core internal, dan internal HP.. 

Core internal mempunyai fungsi untuk menyimpan data setting dan operating system, sedangkan internal HP berfungsi untuk menyimpan data pribadi.

Memori internal / ROM, punya cara kerja berbeda dengan RAM. Perbedaannya dapat dilihat di cara kerjanya, dimana RAM merupakan memori yang mempunyai cara kerja menyimpan data sementara. Sedangkan ROM sebaliknya.

Sobat dapat melihat kapasitas memori internal maupun RAM teman di Settings >> Storage..


Penutup...


Demikian, gosip singkat perihal beda memory internal dan memory eksternal. Informasi ini aku buat untuk menghabiskan waktu luang saya, kebetulan tidak ada wangsit nulis haha.. Semoga gosip ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat.

Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan taruh di kotak komentar dibawah.

0 Response to "Perbedaan Memory Internal Dan Memory External (Simpel Dan Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel