7 Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot / Lambat Dengan Mudah

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot  - Indosat, merupakan salah satu provider jaringan seluler di Indonesia yang sudah cukup usang berdiri. Penggunanya pun kini sudah banyak sekali jumlahnya. Sebagai salah satu provider terpopuler di Indonesia, Indosat juga tentu selalu bersaing dengan provider lainnya di banyak sekali bidang, salah satunya bidang koneksi Internet.

Tapi, ada sebagian pengguna Indosat yang mengeluh, Internet mereka lemot / lambat. Padahal mereka sudah menggunakan jaringan 4G..

Lalu apa penyebab Indosat / Indosat ooredoo lemot dan bagaimana cara mengatasinya?


 merupakan salah satu provider jaringan seluler di Indonesia yang sudah cukup usang bangun 7 Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot / Lambat Dengan Mudah


Sebenarnya, lemot tidaknya provider tergantung letak tempat tinggal sobat. Seperti yang sahabat tahu, tiap kota terdapat tower-tower penghantar jaringan, yang kalau semakin jauh jaraknya maka kekuatan koneksi akan semakin berkurang.

Makara bukan Indosat saja..

Provider-provider lainpun juga sama. Jika letak geografis tempat tinggal sahabat jelek, maka tetap saja koneksi sahabat bakal lemot. Makanya koneksi internet di desa kebanyakan jauh lebih lelet daripada di kota..

Nah, Indosat sendiri bekerjsama berdasarkan saya pribadi cukup cepat. Saya sudah beberapa kali menggunakan kartu Indosat untuk download, dan kecepatan rata-rata yang saya sanggup itu sanggup mencapai 15Mbps..

Sebagai gambaran, rata-rata kecepatan provider internet lain di tempat saya itu hanya 10Mbps.. Makara Indosat ini di tempat saya sudah melampaui rata-rata..

Nah, tapi buat sahabat yang mengalami koneksi Indosat lemot, disini saya ingin membuatkan sedikit tips cara mengatasi Indosat lemot yang barangkali sanggup sedikit membantu mempercepat Internet Indosat sobat..

Langsung saja, berikut caranya :


#1. Disconnect dan reconnect 


Yang pertama, kalau sahabat mengalami Indosat lelet ketika sedang browsing, bahkan koneksi tidak merespon sama sekali, sahabat sanggup mencoba melaksanakan disconnect dan reconnect koneksi lagi.

Ketika kita menyambung HP, Laptop, atau PC ke internet, kita akan menerima IP yang dibentuk secara otomatis oleh provider. IP ini biasanya berbeda-beda..

Nah, ketika sahabat mengalami internet lelet, padahal awalnya lancar, dengan melaksanakan disconnect dan reconnect, IP yang lelet tadi akan berubah ke IP gres yang lebih fresh..

..Sehingga internet jadi lancar kembali.

Selain disconnect dan reconnect, untuk smartphone sahabat juga sanggup menyalakan airplane mode selama beberapa detik / menit.. Ini juga katanya sanggup membantu mereset koneksi yang lelet..

 merupakan salah satu provider jaringan seluler di Indonesia yang sudah cukup usang bangun 7 Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot / Lambat Dengan Mudah


Airplane mode ini di PC / Laptop juga bisa.. Tapi khusus Windows 10 (Dibawahnya saya kurang tahu)


#2. Setting APN Indosat


Sama halnya ibarat provider lainnya, Indosat juga mempunyai beberapa setting APN yang berbeda-beda. APN alias Access Point Name ini berfungsi sebagai gateway atau jembatan penghubung sekaligus untuk pengidentifikasi koneksi antara SIM dengan Operator jaringan..

APN ini masuknya ke trik setting internet indosat agar kenceng.. Nah, dan ibarat yang saya bilang tadi, APN Indosat itu ada beberapa.. Tapi ada satu APN yang sering saya pakai.. stabil nggaknya tergantung tempat.. Makara silakan coba dulu.

Berikut APN Indosat Stabil (Di tempat saya) untuk 3G / 4G :

  • Name: Indosat
  • APN: indosatgprs
  • Username: Indosat (Atau sanggup dikosongkan)
  • Password: Indosat (Atau sanggup dikosongkan)


#3. Restart HP / Modem


Percaya gak percaya, perangkat yang panas juga sanggup menurunkan kecepatan koneksi Internet lho. Saya sudah tes sendiri dulu ketika sedang download file dengan kartu Indosat.. Kecepatannya sesudah beberapa usang menurun..

Lalu ketika saya cek, ternyata perangkat yang saya pakai cukup panas ketika dipegang.

Setelah itu saya coba restart perangkat

dan coba mendinginkan perangkat tersebut selama beberapa saat, dan kecepatan internetnya normal kembali..

 merupakan salah satu provider jaringan seluler di Indonesia yang sudah cukup usang bangun 7 Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot / Lambat Dengan Mudah

Nah, buat sahabat yang mengalami persoalan panas, sanggup coba cara ibarat yang saya lakukan diatas. Lumayan work kok, terutama kalau sedang browsing dalam jangka waktu yang lama..


Khusus Smartphone, sahabat sanggup juga melaksanakan disable SIM kemudian di enable lagi melalui pengaturan. Fungsinya supaya jaringan di load ulang dan sinyal jadi lebih fresh/
  

#4. Setting 4G Only


Tidak sanggup dipungkiri, kalau sinyal 4G punya kecepatan berkali-kali lipat ketimbang sinyal 3G..

Termasuk jaringan 4G Indosat..

Jaringan 4G Indosat, punya kecepatan berkali-kali lebih cepat ketimbang jaringan 3Gnya.

Untuk menggunakan 4G di Indosat, kartu Indosat sahabat harus mendukung 4G dulu.. Serta pastikan juga perangkat yang dipakai sudah 4G, dan tempat yang sahabat tinggali sudah tercover 4G Indosat.

Nah, untuk sahabat yang barangkali galau cara cek perangkat sudah 4G atau belum, sanggup baca disini.. 

Jika sudah mendukung, pastikan HP tersetting 4G LTE Only supaya jaringan tidak berubah-rubah ke 3G..

 merupakan salah satu provider jaringan seluler di Indonesia yang sudah cukup usang bangun 7 Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot / Lambat Dengan Mudah


#5. Aktifkan cache browser

 

Bukan hanya faktor operator, HP / perangkat sahabat sendiri pun juga sanggup jadi penyebab Internet Indosat lemot.
Salah satunya yaitu cache browser..

Cache, kalau di komputer / HP berfungsi untuk menyimpan data-data yang telah diproses oleh sistem supaya sistem sanggup mengingat dan tidak perlu memuat ulang kembali data-data yang telah di proses tersebut..

Nah, di browser sendiri cache berfungsi untuk menyimpan file ibarat text, script, gambar dan sejenisnya, supaya sahabat tidak perlu mendownload kembali file-file tersebut ketika sedang browsing..

Cache sendiri biasanya sudah pribadi aktif, tapi di beberapa browser, ada opsi dimana fitur cache sanggup mati.. Sobat sanggup melihat di setelan browser yang sahabat pakai, untuk melihat opsi cachenya.


#6. Pakai perangkat lain


Tiap perangkat, punya kapasitas masing-masing dalam menangkap sinyal dan kecepatan maksimum internet yang sanggup diambil.. Ini juga besar lengan berkuasa terhadap kecepatan koneksi nantinya..

Contoh mudahnya.. HP 3G dan HP 4G.. Mana yang lebih cepat? Jelas HP 4G..

Nah, sahabat sanggup mencoba menggunakan perangkat lain, misalnya dengan menggunakan modem lain.. Tinggal pindahkan saja kartu Indosat yang kini ke modem tersebut.

Tapi kalau pakai HP lain, sahabat juga sanggup menggunakan mode tethering Hotspot. Kalau HP yang jadi tetheringnya kencang, otomatis HP yang di koneknya juga kencang..


#7. Pakai ketika malam hari


Terakhir, sahabat sanggup mencoba internetan ketika malam hari.

Di malam hari, trafik internet itu menipis.. Orang-orang sedang tidur.. Otomatis, jaringan jadi lebih leluasa..

Efeknya?

Sobat akan menerima peningkatan kecepatan internet yang cukup drastis, bahkan sanggup hingga berkali-kali lipat lebih cepat..

Termasuk kecepatan internet Indosat / Indosat Ooredoo, yang pastinya bakal meningkat jauh lebih kencang juga..

Tips ini cocok dipakai kalau sahabat sedang ingin mendownload file-file besar.


Penutup..


Demikian beberapa cara untuk mengatasi Indosat lambat lelet dan sejenisnya. Tips ini hanyalah tips umum yang saya tujukan untuk orang-orang yang masih awam HP / Smartphone..

Jika sahabat punya cara lainnya, atau punya cara setting Indosat supaya cepat, saya harap sahabat sanggup menaruhnya di kotak komentar dibawah.. Kalau bagus, akan saya masukkan ke dalam artikel ini..

Sekian, semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot / Lambat Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel