9 Cara Mengatasi Hp Cepat Panas (Dijamin Dingin)

HP Panas, bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman sekarang. Karena memang wajar, yang namanya barang elektronik ya niscaya bakal panas.

Tapi..

Yang jadi masalah, bukanlah HP yang panas, melainkan HP cepat panas..

Banyak pengguna HP, terutama yang masih awam mengeluhkan duduk kasus penyebab HP cepat panas. Dipakai main game panas, di pake sosmed panas, bahkan gres dinyalain panas. Tentunya mengganggu bukan?

Apalagi HP cepat panas ini juga sanggup mendatangkan duduk kasus lain, menyerupai baterai yang cepat habis, hingga komponen yang simpel rusak.


 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)


HP yang cepat panas, saya sendiri sedang mengalaminya sekarang. HP yang saya pakai termasuk kelas middle atau istilahnya mainstream lah. HP ini (Yang tidak mau saya sebutkan merknya) termasuk cepat sekali panas.

Kalau digunakan semacam nonton film ga masalah..

Tapi panas ini simpel sekali muncul, saat saya main game-game yang tidak mengecewakan berat.. Panasnya ini bahkan muncul hanya dalam waktu 3 menit saat saya gres main..

Nah, saya yakin, sebagian dari sobat, niscaya ada yang mengalami duduk kasus yang sama dengan saya, dan bingung, kenapa HP sanggup cepat panas begini..

Karena itulah disini saya ingin menjelaskannya 😃


Penyebab HP cepat panas

 

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, nggak lengkap rasanya kalau ngga bahas penyebab kenapa hp cepat panas.

HP cepat panas, kalau saya baca di internet, ada berbagai penyebabnya. Dari aplikasi yang terlalu banyak berjalan, sistem yang tidak stabil, hingga duduk kasus virus (Walau jarang sekali).

Memang bener sih, tapi, berdasarkan saya pribadi, Penyebab HP cepat panas itu ada 3, yaitu :


1. Jenis chipset yang digunakan

Seperti yang teman tahu, jenis chipset (SoC) di HP itu beda-beda. Ada berbagai tipe dan generasi chipset yang dirilis dalam jangka waktu tertentu.
Nah, dari banyaknya chipset ini, tidak semua chipset stabil..

Beberapa ada yang simpel panas, menyerupai HP yang sedang saya gunakan kini ini. Yah, anggap saja menyerupai 'penyakit bawaan' Processornya.


2. Body HP.. 

Jenis body HP itu kebanyakan ada 4, yaitu plastik, kaca, aluminum, dan polycarbonate, yang tentunya punya perbedaan masing-masing kalau bicara soal duduk kasus penghantaran panas.

Makara ada body HP yang cepat menghantarkan panas, ada juga yang tidak.


3. Panas berdasarkan pendapat masing-masing..

Selain duduk kasus 'penyakit bawaan' chipset, perbedaan pada 'feel' / sugesti (atau apa ya istilahnya) pada HP juga sanggup jadi salah satu penyebabnya.

Tiap orang, punya pendapat masing-masing, berapa derajat suhu yang dihasilkan komponen untuk sanggup disebut panas.

Termasuk para reviewer HP Professional.. Mereka juga mematok derajat suhu pada HP untuk sanggup dibilang panas. Ada yang mematok 45C, 47C, 50C, dan sebagainya..

Yang artinya, suhu panas itu sanggup relatif..

Sobat sanggup mengecek sendiri suhu yang dihasilkan di HP sobat. Kalau saya biasanya pakai App CPU-Z.. Ini misalnya :


 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)
Disini terlihat suhu pada tiap komponen HP



Cara paling jitu mengatasi HP Panas

 

Kesimpulan saya sesudah membahas 3 penyebab HP panas diatas, yaitu penyebab HP panas itu kebanyakan duduk kasus bawaan HP itu sendiri.. 

Mengatasi HP panas hingga tuntas dan ga panas lagi, kalau berdasarkan saya tidak bisa.. Tapi beda dongeng kalau sekedar ingin mengoptimalkan HP biar tidak cepat panas.

Ada beberapa cara jitu biar HP gak cepat panas.. Cara-cara ini saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi, website lain, dan pendapat logis dari 'master' di lembaga gadget yang masih 1 lembaga dengan saya.

Oke, eksklusif saja, berikut cara mengatasi HP cepat panas :

 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)
What...

 

1. Kurangi jumlah aplikasi yang terinstall pada HP

 

Saya tahu, sebagian dari teman niscaya ada yang hobi install app dan lupa menghapusnya dalam jangka waktu lama.. "Mentang-mentang HPnya bagus".

Padahal, ini sanggup jadi salah satu penyebab kenapa HP teman cepat panas lho. Alasannya begini..

Ketika teman mendownload dan menginstall aplikasi di Playstore, aplikasi tersebut tidak selalu 'diam' saja. Kadang, aplikasi tersebut terbuka dan tetap berjalan terus menerus di latar belakang (Background services) tanpa teman ketahui.

Contoh mudahnya, lihat saja, notif-notif yang muncul di HP sobat.. Seperti aplikasi chatting, itulah aplikasi yang berjalan di latar belakang.

HP yang berjalan di latar belakang ini, tentu sanggup jadi penyebab HP cepat panas. Karena aplikasi yang berjalan ini tetap akan membebani kinerja processor, sehingga processor jadi bekerja lebih keras.

Apalagi kalau aplikasi yang diinstall jumlahnya banyak.

Cara mengatasinya tentu simpel. Cukup hapus apps yang nggak pernah digunakan tersebut. Sobat sanggup mengeceknya di Settings > Apps

 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)


Jika sudah, restart..


2. Hapus aplikasi-aplikasi 'Cleaner'


Saya punya pendapat pribadi, bahwa aplikasi-aplikasi semacam cleaner ini tidak perlu diinstall di HP Android. Bukan tanpa alasan..

Rata-rata aplikasi cleaner itu berat, cukup berat untuk mengambil banyak resource RAM dari HP yang teman gunakan. Kira-kira sama dengan poin sebelumnya.. Aplikasi cleaner hampir semuanya berjalan di latar belakang..

..Sehingga malah membebani kinerja processor.

Saya sarankan, hapus saja aplikasi cleaner semacam ini.. Walau katanya fungsinya sanggup membersihkan RAM atau mempercepat kinerja HP.

Tapi bukan berarti App cleaner ini sama sekali tidak ada gunanya, misalnya menyerupai berikut..


3. Bersihkan junk files pada Android

 

Semakin usang HP dipakai, akan semakin banyak juga menumpuk junk files. Selain junk files, ada juga file-file pribadi yang lupa dihapus, atau terdapat duplikat file yang menimbulkan memori internal jadi cepat penuh..

"Lah, terus apa hubungannya sama cepet panas?"

Jelas ngaruh.. HP yang penuh junk files, biasanya kinerjanya bakal melambat dan jadi berat.. Ini sanggup menimbulkan HP jadi cepat panas.

Junk files ini tidak sanggup dibersihkan / sulit dibersihkan kalau pakai cara manual. Maka dari itu, teman sanggup menggunakan aplikasi-aplikasi Cleaner yang bermanfaat untuk membersihkannya.


 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)



Sobat sanggup install dan pakai aplikasi cleaner manapun yang teman suka.. Yang penting, lihat saja reviewnya, mesti positif.


4. Matikan fungsi tertentu yang jarang digunakan di Android



Kita tahu, bahwa di Android, terdapat berbagai fitur-fitur yang bermanfaat untuk dipakai. Seperti GPS, Bluetooth, dan sebagainya.

Tapi apakah fitur-fitur ini selalu dipakai? Tentu tidak..

 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)


Sobat sanggup mematikan fitur-fitur ini kalau memang jarang dipakai. Karena selain sanggup menciptakan HP jadi lebih simpel panas, juga sanggup menciptakan baterai jadi lebih boros.

Contohnya, biasakan untuk mematikan fungsi GPS saat berada di rumah, dan nyalakan kembali saat sedang ingin keluar rumah. 

Atau nyalakan fungsi airplane dan pakai koneksi WIFI jikalau daerah yang sedang teman tempati ada WIFInya.


5. Kurangi jumlah multitasking

 

Tiap HP, punya spesifikasinya masing-masing. Dan masing-masing spek tersebut, punya batasan sendiri dalam multitasking. 

Tapi beda dongeng kalau HP teman punya duduk kasus bawaan cepat panas..

Disarankan, untuk mengurangi jumlah multitasking yang berlangsung.. Contohnya, biasanya buka 5 aplikasi sekaligus, kini cukup buka 3 aplikasi saja.

 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)


Sobat juga sanggup menggunakan aplikasi tertentu untuk meng-hibernate aplikasi-aplikasi yang berjalan. Kalau saya biasanya pakai Greenify..


6. Kurangi gaming berat

 

Tidak diragukan lagi, kalau duduk kasus cepat panas ini kerap muncul saat kita sedang main game..

Yup, Ngegame memang sanggup bikin HP cepat panas, bahkan sanggup jadi overheat. Apalagi kalau game yang dimainkan termasuk berat..

Kalau duduk kasus ini saya ada 2 saran sih..

  • Istirahatkan HP

Batasi jumlah waktu pemakaian HP untuk digunakan ngegame.  Misal, dari setengah jam jadi 15 menit saja.. Ini tidak mengecewakan efektif untuk mengurangi panas berlebih pada HP.

HP dengan panas berlebih yang digunakan pada waktu lama, dalam jangka waktu panjang sanggup menimbulkan baterai jadi rusak. Paling parah, HP bahkan sanggup mati total..

  • Kurangi tingkat grafis pada game

Di game-game tertentu dengan kualitas grafis tinggi atau pada game terkenal (Seperti Mobile Legends), biasanya menyediakan setting kualitas grafis.


 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)


Semakin tinggi kualitas grafis yang disetting, semakin berat pula kerja komponen pada HP, yang tentu sanggup menciptakan HP jadi cepat panas.

Saran saya, kurangi tingkat kualitas grafis tersebut.. Kalau mau adem, ubah saja jadi low semua. Hilangkan juga fitur-fitur yang dirasa kurang perlu, menyerupai notif atau fitur vibrate..


7.  Matikan HP saat di cas

 

Pengguna HP jaman sekarang, memang kadang suka gak puas sama ukuran baterai pada HPnya. Yang padahal, kapasitas baterainya sudah termasuk besar.

Akibatnya HP jadi suka dimainin sambil di cas..

Memainkan HP sambil di cas, pastinya bakal bikin HP cepat panas. Kalau dari pengalaman saya, HP yang punya penyakit bawaan cepat panas, kemudian digunakan sambil di cas, temperaturnya bakal tidak mengecewakan lebih panas jikalau dibandingkan waktu digunakan normal.

Solusinya mudah..

 ...Hemat-hemat baterai sobat.

Untuk caranya, sanggup mengikuti 6 poin yang saya bahas sebelumnya..  Karena Secara tidak langsung, 6 poin tadi masih bekerjasama dengan cara mengatasi baterai cepat habis. Jadi, saya sarankan untuk menerapkan semuanya..

Sobat juga sanggup menghemat baterai tidak mengecewakan efektif dengan cara menurunkan brightness pada HP. Penghematannya bahkan sanggup puluhan persen lebih hemat lho.. 

 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)





8. Reset HP sobat

 

 Kalau sudah menerapkan cara-cara sebelumnya, tapi masih suka cepet panas, teman sanggup mempertimbangkan untuk mereset HP sobat.

Dengan mereset HP, HP otomatis akan jadi menyerupai keadaan gres kembali, yang berarti semua setting + aplikasi yang terinstall bakal hilang..

..Otomatis HP jadi optimal kembali.

Untuk cara resetnya, sanggup dilakukan lewat settings >> Backup & Reset >> Factory Reset. Tapi saya sarankan, untuk meresetnya lewat recovery saja. Caranya :


1. Matikan HP sobat.

2. Ketika HP dalam keadaan mati, nyalakan kembali dengan menggunakan kombinasi tombol : Power + Volume Up + Volume Down

3. Nanti teman akan masuk ke mode recovery.. Tinggal cari setting wipe data / factory reset (Hati-hati, jangan hingga salah wipe system)


 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)



Jika sudah restart kembali.

  • Note : Beberapa HP punya kombinasi tombol masuk recovery yang berbeda-beda. Sobat sanggup mengetes satu persatu kombinasinya atau cari di Google.


9. Pakai Custom ROM

 

Terakhir, kalau teman benar-benar mau HP nggak cepet panas, saya sarankan untuk mencoba menginstall custom ROM. Dijamin bakal lebih adem. 

Custom ROM, merupakan ROM hasil modifikasi pihak tertentu, yang dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan performa sistem jadi lebih meningkat dan lebih optimal ketimbang menggunakan ROM bawaan HP.

Di dalam custom ROM sendiri biasanya memang terdapat banyak tweak. Seperti tweak RAM, Baterai, hingga kernel yang sanggup berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja Processor.


 bukanlah duduk kasus yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman kini 9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)


Banyaknya laba menggunakan Custom ROM, bukan berarti tidak ada kelemahannya.. 

3 Diantaranya :


1. Tidak semua Custom ROM HP stabil. Sangat banyak Custom ROM yang malah jauh lebih buruk jikalau dibandingkan dengan Stock ROM (ROM Bawaan) vendor HP.

2. Memasang custom ROM, juga sama saja dengan memodifikasi sistem, yang artinya teman bakal kehilangan garansi. 

3. Untuk yang masih awam Android, memasang Custom ROM ini tentu lebih susah kalau dibandingkan dengan cara root.. Salah-salah, HP sanggup bootloop..


Makara silahkan pertimbangkan sendiri. 😃


Penutup..

 

Oke, demikian tutorial cara mengatasi HP cepat panas. Kalau saya cek di internet, ada beberapa lagi cara-cara lain menyerupai membersihkan HP dari debu,  hati-hati kena air, hingga jangan mengoverclock Processor HP.

Tapi saya pikir, saya tidak perlu menaruh poin-poin tersebut pada artikel ini, sebab intinya memang kurang relevan untuk mengatasi HP Cepat panas..

Dah gitu aja.. Semoga bermanfaat.

1 Response to "9 Cara Mengatasi Hp Cepat Panas (Dijamin Dingin)"

  1. Panas pada ponsel android sebenarnya prilaku yang normal, apalagi ketika hp tersebut sering sekali digunakan, misalnya sering digunakan untuk main game secara terus menerus tanpa istirahat Pilot Frog

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel