8 Cara Mengatasi Suka Hp Restart Sendiri (Update)

Ada berbagai jenis-jenis kerusakan di HP Android. Dari problem sistem hingga problem hardware. Kerusakan ini kadang gampang diperbaiki kadang juga pembangkang untuk diperbaiki..

Contohnya menyerupai HP restart sendiri..

Masalah HP restart sendiri sanggup disebabkan lantaran problem sistem dan juga problem hardware (Komponen), dan ini termasuk agak susah diperbaiki..

Tapi bukan berarti tidak sanggup diperbaiki..

Sebelum di-servis, mending baca-baca dulu tips-tips berikut untuk mengatasinya.


 Dari problem sistem hingga problem hardware 8 Cara Mengatasi Suka HP Restart Sendiri (Update)


HP yang restart sendiri berdasarkan saya memang merupakan kerusakan yang tidak mengecewakan serius. Banyak penyebab kenapa HP suka restart sendiri.. Karena itulah memperbaikinya agak susah.

HP yang restart sendiri pun banyak jenisnya.. Ada yang restart sendiri waktu dipakai, ada juga yang restart sendiri secara terus menerus ketika gres dinyalakan.

Walau memperbaikinya agak susah, tapi menyerupai yang  saya bilang tadi, HP sering restart sendiri bukan berarti tidak sanggup diperbaiki..


Ada beberapa cara untuk mengatasi HP restart sendiri..

Cara-cara ini saya ambil berdasarkan pengalaman pribadi + saya ambil rujukan dari situs dan lembaga gadget luar..

Langsung saja, berikut caranya...


1. Matikan HP sejenak


HP yang restart sendiri, sanggup disebabkan lantaran overheat. Overheat, yaitu kondisi dimana suhu hardware terlalu panas, sehingga HP mematikan / merestart dengan tujuan untuk menjaga keamanan hardware supaya  tidak rusak.

HP panas ini, sanggup disebabkan lantaran banyak hal.. Bisa lantaran tegangan baterai yang tidak stabil, hingga disebabkan lantaran komponen Processor (SoC) yang memang bawaan dari sananya suka panas.


Saat teman menggunakan HP sesudah HP tersebut restart sendiri, bukan berarti panas didalam HP sanggup eksklusif menghilang begitu saja..

..HP tentu masih tetap panas, atau setidaknya panas yang ada masih belum sepenuhnya hilang. Karena itulah HP jadi suka restart terus menerus.

  • Untuk itu, silakan matikan HP terlebih dahulu untuk beberapa saat.. Lebih bagus, bila baterai, kartu memori, kartu SIM dicopot semua sementara supaya pendinginannya lebih baik.


2. Enable App system yang terdisable


Pada Android, terdapat berbagai app system.. Dari beberapa sumber yang saya dapat, app system yang terdisable sanggup menciptakan sistem mengalami malfungsi yang kesudahannya sanggup menciptakan HP jadi merestart sendiri..

  • Untuk mengatasi ini, teman sanggup mengecek seluruh App yang terinstall, caranya buka settings >> Cari Apps >> Lalu cari aplikasi yang terdisabled.. Kalau ketemu, ubah kembali jadi 'enable'..

..Lalu restart HP, supaya mengefek.
 

3. Update system HP


System HP yang tidak stabil, juga sanggup menyebabkan HP suka restart sendiri.. Apalagi bila beban yang dikerjakan HP tersebut relatif berat..

..Seperti multitasking yang terlalu banyak.

Sistem yang tidak stabil, juga sanggup disebabkan lantaran pabrikan HP tersebut. Karena saya sering sekali melihat sebagian pengguna yang mengeluh sistem HPnya tidak stabil dari bawaan.

Solusi untuk problem ini, teman sanggup mengupdate sistem HP sobat..

Sistem HP, biasanya di update secara bersiklus oleh vendor. Apalagi kalau teman menggunakan brand HP yang terkenal.

  • Cara mengupdatenya, silakan pergi ke settings >> backup dan reset >> update sistem.. Lalu cek apakah ada update-an atau tidak.
 
 Dari problem sistem hingga problem hardware 8 Cara Mengatasi Suka HP Restart Sendiri (Update)

4. Reset HP


Selain sistem yang tidak stabil, sistem yang crash juga sering sekali jadi penyebab HP restart sendiri. Saya sendiri kadang mengalaminya. HP saya kadang suka restart akhir hang ketika saya sedang melaksanakan multitasking dalam jumlah banyak. 

Nah, Sistem yang crash ini banyak penyebabnya..

Mulai dari lamanya penggunaan HP yang semakin usang semakin banyak menumpuk junk files, hingga crash akhir update..

Cara mengatasinya :

  • Coba reset HP sobat.. Pergi ke Settings >> Backup dan reset >> Factory reset.. 
 
 Dari problem sistem hingga problem hardware 8 Cara Mengatasi Suka HP Restart Sendiri (Update)

 
  • Atau teman juga sanggup melaksanakan wipe data (Bukan sistem) lewat recovery Android.. Matikan HP sobat, nyalakan HP dengan cara tekan tombol power + volume up + volume down, kemudian cari dan wipe data (Factory reset)
  • Saya sarankan bersihkan juga dalvik cache dan cache partition.. Caranya sama.. Lewat recovery (Dicari saja). 
 
 Dari problem sistem hingga problem hardware 8 Cara Mengatasi Suka HP Restart Sendiri (Update)





Yang perlu diingat, tentunya mereset HP bakal menghilangkan data-data yang ada di dalamnya. Karena itu, pastikan teman sudah membackup data-data teman sebelum melaksanakan reset.


5. Ganti baterai


Baterai, sangat dekat kaitannya dengan problem HP yang suka restart sendiri. Baterai, semakin renta umurnya, akan semakin turun kinerjanya, Contohnya, menyerupai daya tahannya berkurang hingga tegangannya yang jadi tidak stabil.

Masalah pada baterai ini selain sanggup menciptakan HP suka restart sendiri, juga suka menciptakan HP jadi mati sendiri, bahkan matot (tidak sanggup nyala)..


Cara mengatasinya :

  • Ganti baterai, yaitu solusi yang terbaik supaya HP jadi normal kembali. Ganti baterai dengan baterai yang original. Pengalaman saya, baterai non-ori itu tegangannya sering tidak stabil.. Selain itu, kapasitas dari baterai non-ori itu tidak jelas, walau sudah tertera di body baterainya.
  • Kalau belum ada dana, kalibrasi baterai sanggup jadi solusi sementara. Dengan menjalankan kalibrasi baterai, status baterai yang error akhir umur baterai yang sudah renta sanggup 'dinormalkan' kembali.. Sehingga sanggup meminimalisir kemungkinan terjadinya random restarts..

6. Cek aplikasi yang baru-baru ini terinstall

 

Jika teman awalnya HPnya normal tapi tiba-tiba suka ngerestart sendiri, mungkin ada aplikasi tertentu yang jadi penyebabnya 

Percaya tidak percaya, ada beberapa aplikasi yang sanggup menciptakan HP jadi ngerestart sendiri.. Aplikasi-aplikasi ini, biasanya aplikasi yang berafiliasi dengan sistem Android.  Seperti aplikasi cleaner dan sejenisnya.

  • Solusinya tentu dengan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Silakan pergi ke settings >> Apps >> Cari aplikasi-aplikasi yang kira-kira gres diinstall, kemudian hapus.
  • Tambahan, jangan menginstall aplikasi terlalu banyak. Aplikasi yang terlalu banyak, akan menciptakan service di latar belakang jadi bertambah banyak juga.. Ini sanggup menciptakan RAM HP jadi terbebani.. Ketika dalam kondisi yang sudah full load dan RAM kepenuhan, bukan mustahil HP akan jadi restart sendiri.



7. Unroot

 

Banyak sekali manfaat yang didapat dengan melaksanakan rooting Android. Seperti kinerja yang meningkat, serta HP yang jauh lebih customable

Melakukan root sendiri tidak sanggup sembarangan. Karena salah-salah, bukannya malah tambah elok kinerjanya, HP justru sanggup rusak sistemnya... 

...yang berakibat pada bootloop dan sejenisnya.

Melakukan root HP, juga tidak selalu menciptakan sistem jadi stabil. Rooting HP juga sering menciptakan HP jadi tidak stabil, yang berakibat HP jadi crash..

..Ini sanggup menciptakan HP jadi suka restart sendiri.

Solusi :

  • Unroot HP teman supaya sistem jadi normal kembali. 
  • Ada baiknya sesudah unroot, reset juga HP teman supaya sistem jadi fresh kembali.


8. Service HP


Kalau masih belum sanggup juga, sanggup jadi hardware di HP teman ada yang rusak. Hardware rusak ini biasanya  disebabkan lantaran umur HP yang sudah tua, HP yang sering kepanasan, bahkan defect dari pabriknya langsung.

Untuk problem ini, tentunya tidak sanggup diperbaiki orang awam...

Silakan pergi ke service center dari brand HP yang teman gunakan.. Dengan di service, diperlukan komponen yang rusak akan diganti sehingga HP jadi normal kembali.. 


Penutup...


Banyak penyebab kenapa HP suka restart sendiri. Selain 8 diatas, bahkan mungkin ada beberapa tips yang terlewat. Maka dari itu, teman harus selalu melaksanakan trial and error hingga benar-benar menemukan penyebab pastinya.


Satu pemanis lagi, kalau HP teman sudah benar-benar tua, saya tidak menyarankan untuk melaksanakan servis. HP yang sudah tua, kalau di servis, biasanya tidak tahan lama. Ini lantaran keseluruhan komponen HP tersebut yang sudah tidak elok lagi.

Lebih baik, teman ganti saja ke HP baru, atau beli saja HP second supaya harga yang didapat sanggup jadi lebih murah..

Sekian, agar bermanfaat.

0 Response to "8 Cara Mengatasi Suka Hp Restart Sendiri (Update)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel