5 Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah Alasannya Yakni Layar Hp

Mengatasi mata lelah jawaban terlalu banyak melihat layar HP - Bagi orang-orang yang banyak bekerja di depan layar komputer maupun HP, mata lelah pastinya ialah suatu hal yang tidak sanggup dihindari.

Mata yang lelah alasannya ialah HP ini terjadi jawaban imbas radiasi. Tentunya hal ini sanggup mengganggu pekerjaan yang sedang teman jalani.

Apalagi buat orang-orang yang hobi nonton film pakai HP selama berjam-jam.. Tentu harus sanggup lebih memperhatikan kesehatan mata..

Blog ini gotong royong membahas wacana teknologi. Tapi artikel cara mengatasi mata lelah jawaban HP ini aku rasa masih berafiliasi dengan teknologi..

Mengatasi mata lelah jawaban terlalu banyak melihat layar HP  5 Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah Karena Layar HP


Buat aku langsung juga problem mata cepat lelah ini sering aku alami. Apalagi aku sering mantengin layar HP selama berjam-jam. Buat browsing dan nonton film.

Ditambah ngurusin beberapa blog lain.. Ini ga sanggup dihindari..

Nah, kemudian aku coba-coba browsing wacana bagaimana caranya mengatasi mata capek alasannya ialah terlalu banyak melihat layar HP..

..Tapi aku lihat kayaknya di website yang masuk ke halaman Google tersebut, ada beberapa poin yang sayangnya terlewat..

Nah, alasannya ialah itulah aku juga ingin membahas topik ini, tapi ditambah beberapa tips langsung dari aku juga.

Langsung saja kita bahas :


#1. Istirahatkan mata


Sobat juga niscaya tahu.. Kalau mata lelah, solusinya ya istirahatkan mata. Poin ini simpel sih, dikala teman matanya terasa lelah, alihkan pandangan dari layar.. selama 1-3 menit. Lihat yang jauh-jauh, atau pejamkan mata sementara.

Biasanya cukup efektif.

Tapi kalau masih terasa lelah, lebih baik istirahatkan mata dalam jangka waktu yang lebih lama. 15 atau 20 menit misalnya..


#2. Kurangi temperatur layar pada HP


Pada cahaya, terdapat temperatur warna yang dihitung dalam satuan kelvin (K). Contoh mudahnya teman sanggup lihat lampu jenis CFL / Lampu apa saja. Pada spesifikasi lampunya terdapat satuan kelvin.. Biasanya ada di rentang 4500K sampai 10.000K.

Makin tinggi kelvin, akan semakin biru warna dari cahaya tersebut. Begitu pula sebaliknya.. Makin rendah kelvin, spektrum warna cahaya akan cenderung berwarna kecoklatan.

Terus apa hubungannya sama HP?

Sangat berhubungan. Di layar HP, biasanya temperatur cahaya di sett sebanyak 6000K keatas. Temperatur ini sudah cukup pas dan yummy untuk dilihat.

Nah.. Tapi dalam situasi tertentu, terutama kalau kita ingin melihat layar dalam waktu lama, jumlah temperatur default dari HP ini kadang justru terasa kurang pas, dan cenderung menciptakan mata jadi cepat lelah.

Karena itulah, aku sarankan teman untuk mengubah temperatur warna tersebut. Caranya :

  • Klik Settings
  • Buka opsi Live Display
  • Ubah opsi temperatur warna siang dan malam sesuai kebutuhan. Dibawah 4000K misalnya.
 
Mengatasi mata lelah jawaban terlalu banyak melihat layar HP  5 Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah Karena Layar HP
  • Klik Oke

Maka temperatur warna akan berubah. Dan coba tes, mata teman niscaya akan terasa lebih nyaman untuk melihat layar dalam waktu lama. Cara ini biasa aku gunakan waktu mau nonton film dengan durasi berjam-jam. Dan aku rasa cukup efektif.


Bagaimana kalau ngga ada setting Live Display?

Tidak semua HP ada setting Live Display menyerupai HP yang aku pakai. Solusinya, teman sanggup menggunakan aplikasi tertentu untuk mengubah temperatur layar.

Sobat sanggup mencarinya di Playstore. Contohnya : Blue Light Filter For Eyes Care.

Mengatasi mata lelah jawaban terlalu banyak melihat layar HP  5 Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah Karena Layar HP


 #3. Kurangi kecerahan layar

 

Kecerahan layar pada HP, harus diadaptasi dengan kondisi daerah HP tersebut sedang di pakai. Contoh, di ruangan gelap, pakai mode kecerahan yang agak terang.

Mengatasi mata lelah jawaban terlalu banyak melihat layar HP  5 Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah Karena Layar HP


Kalau aku sendiri lebih sering mengatur layar ke 50% - 75%. Kecuali kalau kondisi sekitar terang cahayanya. Biasanya aku atur kecerahan layar ke 25% - 30% (Biar sekalian menghemat baterai)..


#4. Perbesar ukuran font


Ukuran font juga terang sanggup mensugesti kondisi mata. Font yang terlalu kecil, akan menciptakan mata harus lebih fokus ke layar, sehingga menciptakan mata jadi cepat capek.

Ukuran font sendiri gotong royong sanggup dirubah lho.. Caranya :

  • Pergi ke settings
  • Scrool dan cari aksebilitas
  • Klik opsi ukuran font
  • Ubah pengaturan ukuran font sesuai kebutuhan sobat.
 
Mengatasi mata lelah jawaban terlalu banyak melihat layar HP  5 Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah Karena Layar HP

#5. Ganti HP

 

HP Android, mempunyai bermacam-macam spesifikasi. Spesifikasi ini contohnya menyerupai baterai, chip, kamera, sistem, dan layar.. 

Ada banyak jenis layar pada HP Android. Ada yang jenis layar biasa, IPS, AMOLED dan sebagainya.

Nah, buat teman yang sudah usang nggak ganti HP, aku boleh sarankan untuk ganti saja HP yang sekarang.. Apalagi kalau sering menggunakan HP dalam waktu lama.

Ganti HP ke layar dengan besar setidaknya 5.5 Inch keatas.. Jangan ambil dibawah 5 inch. Karena ukuran layar bakal terlalu kecil..

Untuk tipe layar, pilih setidaknya / minimal yang mempunyai panel IPS alasannya ialah lebih nyaman kalau dilihat dalam jangka waktu yang lama.

Jangan ambil HP dengan jenis layar biasa.. Pengalaman saya, mata selain cepat lelah, juga sanggup agak perih..


 Penutup...


Dan demikian, tips singkat wacana cara mengatasi mata yang cepat capek jawaban sering melihat layar HP. Tips ini merupakan tips yang banyak dibahas di Google, namun aku tambahkan beberapa poin lagi semoga lebih lengkap.

5 Tips diatas sudah aku coba, dan buat aku langsung cukup efektif. Mata jadi tidak cepat capek..

And kalau teman ada tips lain, boleh taruh di komentar dibawah. Kalau bermanfaat, akan aku masukkan ke dalam artikel ini.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah Alasannya Yakni Layar Hp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel