5 Cara Memperbaiki Hp Mati Total (Matot) Jadi Nyala Lagi

 Jaman Blackberry hingga ke jaman Android kini inilah kerusakan yang paling merepotkan 5 Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot) Makara NYALA Lagi


Kerusakan HP paling parah, HP Mati total..

Dari jaman HP usang ibarat Symbian (Nokia), Jaman Blackberry hingga ke jaman Android kini inilah kerusakan yang paling merepotkan..

Bahkan, HP-HP murah dibawah 500 ribuan hingga HP belasan juta rupiah pun tidak akan luput dari yang namanya rusak mati total..

HP mati total atau biasa disebut matot, ialah kerusakan dimana HP tidak mau menyala sama sekali. Dipencet tombol power tidak menyala, juga tidak ada gejala kehidupan sama sekali..

HP mati total ini sanggup terjadi di segala jenis merk. Seperti Oppo, samsung, smartfren, lenovo, Vivo, Xiaomi, Sony, ASUS, Acer, dan merk-merk HP lainnya. HP matot juga sanggup terjadi pada Iphone.



Apakah HP Mati Total Bisa diperbaiki sendiri?

 

Tulisan ini, saya targetkan kepada sahabat yang barangkali masih awam soal HP. Karena tidak semua orang mengerti perihal komponen-komponen elektronik (Saya sendiri tidak terlalu).

Sebelum lanjut.. Kita bahas dulu, apakah HP matot sanggup diperbaiki sendiri?

Jawabannya Ya. Bisa, tapi sayangnya untung-untungan.


Alasannya begini..


Rusak HP Android itu dibagi ke dua hal. Yaitu rusak komponen dan rusak sistem :

 Jaman Blackberry hingga ke jaman Android kini inilah kerusakan yang paling merepotkan 5 Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot) Makara NYALA Lagi


  • Rusak komponen, ialah kerusakan yang terjadi pada komponen pecahan dalam HP. Entah itu lantaran faktor internal (Panas, defect, umur) atau faktor eksternal (Kena air, kebanting, terjatuh).

  • Sedangkan rusak sistem, ialah kerusakan yang terjadi jawaban virus,  salah oprek, salah install aplikasi dan sejenisnya.


Lalu kenapa saya bilang untung-untungan?

Nah, lantaran kalau rusak komponen, itu kemungkinan sanggup diperbaikinya kecil. Beda dengan rusak sistem yang hampir 100 persen sanggup diperbaiki.

Banyak orang yang eksklusif berpikir untuk membawanya ke kawasan service begitu HPnya mengalami mati total.

Tapi jangan buru-buru..

Coba lakukan terlebih dahulu hal-hal yang pernah saya lakukan ini. Siapa tahu HP sahabat yang matot jadi normal kembali :


1. Charger HP terlebih dahulu

 

Kalau Anda merasa kalau HP yang tadinya baik-baik saja kemudian tidak sanggup nyala, sanggup jadi baterai HP Anda habis.

HP mati total juga bukan berarti ada kerusakan di komponen atau sistemnya. Masalah sepele ibarat baterai habis yang tidak disadari atau bahkan lupa di cas juga sanggup jadi penyebabnya. 

Silakan cas HP sahabat terlebih dahulu dengan benar. Jika sudah, coba nyalakan kembali.

Tapi kalau sewaktu di cas tidak ada respon apa-apa (Hanya hitam), Ada beberapa penyebabnya:

 Jaman Blackberry hingga ke jaman Android kini inilah kerusakan yang paling merepotkan 5 Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot) Makara NYALA Lagi


HP tidak mau di cas ketika dalam keadaan mati


HP yang tidak sanggup di cas dalam keadaan mati ini banyak penyebabnya.. Salah satu yang paling sering, ialah terjadi bug pada sistem..

Bug apa sih?

Bug ini saya kurang tahu namanya.. Tapi ini bug charging.. Kejadiannya HP tidak sanggup dicas dalam keadaan mati. Walaupun dicas, biasanya HP nggak tampil apa-apa. Kalau sudah begini Anda biasanya diharuskan untuk menyalakan HP terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara nyalainnya? Padahal HPnya kan matot?

Cara mengatasinya : Lakukan pengecasannya menggunakan charger dekstop.. Lakukan pengecasan selama 30 hingga 45 menit. Jika sudah, nyalakan HPnya kembali.

Kalau merespon (Nyala kembali), artinya HP masih normal.



Kotoran melekat pada konektor baterai


Kalau dengan cara sebelumnya tadi HP tidak mau merespon, mungkin juga terdapat kerusakan pada salah satu komponen di pecahan dalam HP.

Contoh yang paling sering : Konektor antar baterai dan HP terdapat kotoran yang menempel, sehingga berakibat ke penghantaran listrik..

..Yang mengakibatkan HP tidak mau menyala.



Dan masih banyak lagi..
 

Penyebab HP tidak mau di charger itu bukan hanya 1 atau 2, tapi ada banyak. Kalau saya taruh detailnya disini, nanti akan kepanjangan..

Karena itu, coba baca artikel ini: Cara memperbaiki HP yang di cas tapi tidak mau mengisi 


Kalau belum bisa, selanjutnya...


2. Tes dengan baterai yang lain

 

Anda juga sanggup mempertimbangkan untuk mengganti baterai dengan yang gres kalau memang tidak ada gejala kehidupan, lantaran sanggup jadi baterai HP Andalah yang rusak.

Belum ada budget buat ganti?

Untuk pengetesannya, Anda sanggup mencoba untuk menggunakan baterai HP lain.

Memang bisa?

Bisa.. Asalkan cocok.

Saya sendiri pernah mengetes HP saya yang mati total dengan baterai HP lain. Hasilnya, HP nyala kembali (Walaupun berkedip-kedip lantaran tegangan tidak cocok).
Tapi Ingat : kalau baterai yang digunakan tegangannya tidak cocok (Seperti kasus saya), lebih baik gunakan sebagai uji coba saja.. Tegangan baterai yang tidak cocok berpotensi merusak HP.


3. Wiping data, cache, system di recovery

 

Cara ini saya sanggup di website Jalantikus. Untuk cara ini, sanggup dilakukan kalau HP masih ada gejala kehidupan dan bisa masuk recovery.

Recovery, ialah sebuah sistem kendali pada Android dimana kita sanggup melaksanakan peniadaan dan perubahan pada sistem Android.

Cara ini ampuh untuk memperbaiki HP yang mati total yang disebabkan lantaran sistem yang corrupt / rusak.

Nah, untuk melaksanakan wiping cache, dalvik cache dan data, caranya ibarat berikut :

1. Saat HP dalam keadaan mati, silakan masuk ke dalam recovery Android dengan cara menggunakan tombol kombinasi. Untuk tombol kombinasinya berbeda-beda tergantung merk.

Kalau Anda resah pencetannya, Saya sudah menulis tombol kombinasi pada banyak brand Android di Kumpulan tombol recovery Android.
2. Saat sudah masuk sistem recovery, cari kategori wipe data, dan wipe cache / dalvik cache. Kalau di HP saya tampilannya ibarat ini :


3.Lakukan wiping (Penghapusan) data dan cache hingga selesai. Jika sudah, restart.

Kalau berjalan, berarti Anda termasuk beruntung..

Nah, kalau belum bisa, coba lakukan wipe system.. Dengan catatan nanti HP sanggup nyala tapi tidak sanggup dipakai.
Kalau sudah di wipe sistem, maka HP harus diinstall ROM gres kembali. Cara installnya sanggup lewat mode recovery tadi dengan melaksanakan flashing file .zip.

Selain di install lewat flashing file .zip, Install sistem juga sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan flashing ulang HP Android lewat PC / laptop.


4. Lakukan flashing ulang HP Android lewat PC / Laptop

 

Flashing ulang HP Android tidaklah sulit. Yang diharapkan hanya sedikit pengetahuan, file, serta tutorial-tutorial yang telah tersedia banyak di internet.


 Jaman Blackberry hingga ke jaman Android kini inilah kerusakan yang paling merepotkan 5 Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot) Makara NYALA Lagi


Jujur saja, flashing ulang HP lewat PC / Laptop ialah hal wajib untuk sahabat yang sedang mencoba memperbaiki HP yang mati total.

Kenapa?

Karena pada proses penancapan USB dari HP ke PC / Laptop, kalau masih terbaca, itu artinya HP masih ada tanda kehidupan dan berpontensi untuk normal kembali..

Untuk cara flashingnya, saya tidak sanggup membahas tutorialnya disini. Karena tiap HP, kadang berbeda-beda cara flashnya di tiap merk..

Dan juga tergantung dengan chipset (Processor) yang digunakan. Contohnya, kalau di chipset processor mediatek biasanya menggunakan SPFlashtool.. Sedangkan di Snapdragon, biasanya menggunakan aplikasi QPST.

Nah, daripada saya jelasin salah-salah malah rusak, mendingan sahabat cari tutorialnya di internet.


Caranya ibarat ini :

1. Pertama, silakan buka Google

2. Kemudian masukkan 'kata kunci' cara flash HP Anda. Contohnya : "Cara flash ASUS Zenfone 5" atau "Cara flash Xiaomi REDMI Note 5"

 Jaman Blackberry hingga ke jaman Android kini inilah kerusakan yang paling merepotkan 5 Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot) Makara NYALA Lagi
 

3. Sisanya tinggal ikuti caranya.

 Jaman Blackberry hingga ke jaman Android kini inilah kerusakan yang paling merepotkan 5 Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot) Makara NYALA Lagi



Mungkin Anda yang belum familiar merasa gugup, takut malah HPnya rusak. Padahal, Secara garis besar, Cara flashing HP Android itu hanya memerlukan 5 hal :

  • Laptop / PC dengan spesifikasi apa saja.
  • Kabel data USB
  • Software flashing (Contoh: SPflashtools)
  • File ROM / File sistem
  • Driver USB (Optional, kalau HP tidak terbaca)


Makara kesimpulannya nggak ribet. Sisanya tinggal keberanian untuk mencoba saja.

Oh, dan pastikan komputer / laptop atau listrik tidak mati tiba-tiba ketika proses flashing. Bisa-bisa HP tidak mau nyala lagi.


5. Pergi ke kawasan service / service center

 

Kalau masih belum bisa, sahabat sanggup mempertimbangkan untuk service ke (Saran saya) service center.

Kerusakan komponen, misalnya ibarat IC charger atau EMMC akan dilakukan penggantian ulang dengan komponen baru. Sehingga HP jadi normal kembali.

Solusi ini ialah solusi cara perbaikan terbaik. Tapi kalau HP yang digunakan HP lama, dan biaya perbaikan tidak jauh beda dengan harga bekas, mending beli HP baru.


Penutup...

 

Memperbaiki HP Android matot, gampang-gampang sulit. Faktor kerusakan yang didapat hingga faktor keberuntungan sanggup mensugesti apakah HP sanggup normal kembali atau tidak.

4 Cara diatas (Sebelum nomor 5), ialah cara yang biasa saya lakukan ketika menemui HP yang mati total. Dan sejauh ini, masih sukses.

Untuk kerusakan lantaran jatuh, biasanya ada di komponen. Kerusakan ini, sanggup pakai 5 metode diatas.

Untuk kerusakan yang lantaran terkena air, silakan keringkan terlebih dahulu HPnya.. Tapi pengeringannya dihentikan sembarangan lho.. Coba baca cara mengatasi HP terkena air tumpah / hujan

Sekian, agar bermanfaat. Dan terima kasih.

0 Response to "5 Cara Memperbaiki Hp Mati Total (Matot) Jadi Nyala Lagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel