10 Cara Mengatasi Kuota Internet Android Cepat Habis Jadi Hemat

Kuota cepat habis yaitu duduk masalah utama yang berbagai dikeluhkan para pengguna internet (termasuk saya). Apalagi kalau penggunaan serta kapasitas kuota yang dimiliki tidak seimbang. Pastinya bakal makin cepat habis.

Saya eksklusif yang seorang blogger + hobi ngegame + download, jujur saja, kuota cepat sekali habis. Bahkan di waktu tertentu, aku sanggup menghabiskan sekian GB kuota hanya dalam 1 atau 2 hari.

Tapi semakin hari, alasannya yaitu duit semakin menipis, jadi aku tetapkan untuk mengotak-atik HP aku semoga kuota yang digunakan jadi lebih sedikit..

 yaitu duduk masalah utama yang berbagai dikeluhkan para pengguna internet  10 Cara Mengatasi Kuota Internet Android Cepat Habis Kaprikornus Hemat


Penggunaan data di HP Android, bahu-membahu tidak jauh beda ketika Anda sedang menggunakan internet di komputer atau laptop. Karena data-data yang di download ketika browsing rata-rata sama dengan versi dekstop.

Tapi ini tidak mengikat..

Karena sanggup saja, browsing di HP justru malah sanggup menghabiskan kuota jauh lebih banyak dibanding ketika Anda browsing di komputer atau laptop.

Tentunya ini hal yang cukup merepotkan, mengingat rata-rata orang-orang merasa jauh lebih nyaman browsing di HP Android ketimbang di PC atau laptop, apalagi kalau dilihat dari sisi mobilitasnya.


Untuk menghemat kuota di Android, jujur saja, tidak begitu sulit. Bahkan berdasarkan saya, tatacara settingnya jauh lebih praktis dibanding di komputer atau laptop. Hanya saja, memang tidak begitu banyak yang tahu caranya..

Nah, disini aku akan membagikan tips semoga kuota HP Android Anda ekonomis ketika browsing, yang  semoga setidaknya sanggup menurunkan kapasitas kuota yang biasa Anda habiskan hingga 70 persen dari biasanya..

Langsung saja, berikut caranya...


1. Pakai browser yang cocok dan ekonomis kuota


Banyak sekali jenis browser yang ada di playstore. Ada firefox, chrome, ucbrowser dan lain sebagainya. Untuk duduk masalah ini, Anda bahu-membahu sanggup menentukan sesuai selera Anda.

Saat menentukan browser, yang terpenting pastikan saja bahwa browser tersebut mempunyai fitur adblock di dalamnya. Adblock ini, berfungsi untuk mencekal iklan semoga tidak tampil, alasannya yaitu memang iklan punya andil besar dalam menghabiskan kuota internet ketika browsing.

Untuk duduk masalah adblock, saran aku pribadi, pilihlah browser dengan blokir yang tidak berlebihan.

Alasannya begini..

Saat ini, fitur adblock sudah digunakan oleh berbagai orang, sehingga banyak iklan di website jadi terblokir. Ini menjadikan pendapatan para pemilik website menurun.

Untuk mengatasi ini, para pemilik website biasanya akan menciptakan sebuah fitur tertentu yang menciptakan Anda tidak sanggup mengakses situs tersebut (Anti Adblock), atau mereka akan membatasi konten yang sanggup Anda lihat di dalamnya.

Yang jadi duduk masalah bukan itu...

Kalau sebuah situs menggunakan anti adblock atau membatasi konten yang terlihat, Anda masih sanggup mengaksesnya secara penuh dengan mematikan fungsi adblock pada browser.

Tapi yang jadi masalah, yaitu kadang adblock juga memblokir navigasi situs tersebut. Ini menjadikan Anda akan sering mengalami error ketika browsing. Dan navigasi hilang ibarat ini sering sekali tidak diketahui.

Nah, ibarat yang aku bilang tadi, aku menyarankan semoga Anda menggunakan browser yang mempunyai fitur adblock standar dan tidak hiperbola (seperti Google Chrome), tujuannya semoga acara browsing Anda tidak terganggu, dan tentunya tetap ekonomis kuota.

Ini kembali pada Anda.


2. Non-aktifkan GAMBAR ketika browsing


Saat Anda browsing, Anda niscaya akan menemukan 2 hal, yaitu text dan gambar. Untuk text memang tidak masalah, alasannya yaitu dalam 10.000 karakter-pun kapasitasnya tetap kecil. Yang jadi duduk masalah yaitu gambar atau foto.

Gambar atau foto yang Anda temui ketika browsing, rata-rata mempunyai ukuran 50 hingga 100 Kb untuk 1 gambarnya. Ukuran ini memang relatif kecil, tapi perlu diingat, ukuran 50 hingga 100 Kb itu sudah di compress oleh pemilik websitenya.

Nah, kalau tidak di compress, rata-rata gambar yang ada kurang lebih kapasitasnya 100 hingga 500 Kb, yang mana bila di total, mungkin 1 kali jalan masuk situs tersebut sanggup menghabiskan 1 sampai 3 MB kuota.

Itu untuk 1 situs lho.. Sedangkan kita browsing biasanya sanggup hingga puluhan bahkan ratusan situs sehari.

Untuk mengatasi ini, Anda sanggup men-disable pemuatan gambar, semoga gambar secara otomatis tidak ikut ter-load ketika Anda membuka sebuah situs.

Untuk fitur ini, tidak semua browser support, jadi Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu. Cara ceknya, silakan pergi ke settings dan cari opsi untuk disable gambar.

Berikut tampilan di salah satu browser yang support fitur disable gambar ini :


 yaitu duduk masalah utama yang berbagai dikeluhkan para pengguna internet  10 Cara Mengatasi Kuota Internet Android Cepat Habis Kaprikornus Hemat


Tampilan webnya :


 yaitu duduk masalah utama yang berbagai dikeluhkan para pengguna internet  10 Cara Mengatasi Kuota Internet Android Cepat Habis Kaprikornus Hemat


Bisa dilihat, bahwa blog aku diatas gambarnya tidak termuat sama sekali..


Untuk fitur disable gambar ini, silakan sesuaikan dengan pemakaian dan situasi. Karena jujur saja, browsing dalam keadaan gambar ter-disable, sangat tidak nyaman.


3. Aktifkan data saver pada browser


Hampir semua browser populer di playstore mempunyai fitur data saver, yaitu fitur yang menciptakan browser secara otomatis akan menghemat data yang di download ketika browsing.

Data saver ini akan bekerja dengan cara memblokir bagian-bagian tertentu ketika Anda sedang browsing, entah itu gambar, script, pop-up hingga iklan.

Anda sanggup mengaktifkan data saver ini pada settings browser Anda. Kalau di Google Chrome caranya begini...

  • Masuk setelan
  • Klik penghematan data
  • Silakan aktifkan mode ekonomis data disini



  yaitu duduk masalah utama yang berbagai dikeluhkan para pengguna internet  10 Cara Mengatasi Kuota Internet Android Cepat Habis Kaprikornus Hemat



Untuk browser lainnya, silakan cek sendiri di setelan masing-masing ^^


4. Aktifkan limit data pada Android


Sebagian orang (termasuk saya) kadang sering lupa waktu ketika sedang browsing, yang menciptakan kuota jadi cepat habis. Untuk menciptakan kuota Anda hemat, Anda harus menghilangkan kebiasaan ini..

Untuk mengatasinya, di sistem operasi Android, terdapat fitur limit data seluler yang sanggup diatur sesuka Anda. Limit data ini, berfungsi untuk mengontrol acara browsing Anda semoga tidak berlebihan.

Selain limit data, terdapat juga mode penghemat data. Mode penghemat data ini berfungsi untuk mengurangi frekuensi penerimaan dan mengirim data pada latar belakang Android jadi lebih sedikit.

Caranya :


  • Klik tombol settings di Android
  • Masuk ke penggunaan data
  • Klik penghemat data
  • Silakan Aktifkan


 yaitu duduk masalah utama yang berbagai dikeluhkan para pengguna internet  10 Cara Mengatasi Kuota Internet Android Cepat Habis Kaprikornus Hemat


Untuk memberi limit data, caranya :

  • Klik tombol settings di Android
  • Masuk ke penggunaan data
  • Klik data seluler

 yaitu duduk masalah utama yang berbagai dikeluhkan para pengguna internet  10 Cara Mengatasi Kuota Internet Android Cepat Habis Kaprikornus Hemat

  • Silakan ubah jumlah limitnya sesuai kebutuhan Anda



Selesai. Dengan ini, kuota Anda akan lebih hemat. Dan juga dengan setting limit data, diharapkan akan membantu Anda yang barangkali punya kebiasaan browsing lama.


5. Pakai aplikasi 'Lite' untuk sosial media atau aplikasi chatting


Khusus untuk aplikasi chat dan media sosial, beberapa aplikasi punya versi Lite. Bedanya, aplikasi versi lite ini mempunyai fitur yang lebih sedikit dibanding versi biasa. Ditambah, aplikasi versi lite juga lebih dekat dengan user yang jaringannya buruk atau spek HPnya kurang memadai.

Versi lite ini memang belum tersedia di semua aplikasi. Tapi bila memang ada (Contohnya facebook atau line), Anda sanggup mendownload dan mulai menggunakannya.


6. Uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak perlu


Aplikasi-aplikasi yang membutuhkan jalan masuk internet tapi tidak terpakai, ini sanggup menghabiskan kuota tanpa Anda sadari. Karena aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai tersebut, mungkin saja sedang berjalan di latar belakang (background services), dan sedang menggunakan koneksi internet.


Bukan hanya menghabiskan kuota, tapi juga sanggup menciptakan koneksi internet yang digunakan jadi lebih lambat atau tidak stabil.

Silakan uninstall aplikasi-aplikasi yang kira-kira jarang diperlukan, terutama pada aplikasi-aplikasi yang terang butuh koneksi internet untuk membukanya. Anda juga sanggup menghapus aplikasi chatting atau aplikasi media umum bila sudah jarang digunakan.

Atau  untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda sanggup menuju settings >> penggunaan data, dan lihat mana aplikasi yang paling menghabiskan kuota data.


7. Matikan mode data seluler ketika HP tidak dipakai


Cara ini cukup efektif untuk mengurangi jumlah pemakaian data pada Android. Saat HP sedang tidak dipakai. Sama ibarat yang aku bilang sebelumnya.. bahu-membahu aplikasi-aplikasi yang terinstall masih berjalan di latar belakang, dan aplikasi-aplikasi ini mungkin akan memakan data internet.

Selain lewat cara uninstall diatas, Anda juga sanggup lebih menghematnya dengan mematikan data seluler ketika HP Anda sedang tidak dipakai. Karena dengan ini, notifikasi-notifikasi internet aplikasi yang berjalan tidak akan bekerja. 

Kelemahannya, mungkin Anda akan melewatkan chat penting dari sobat atau rekan kerja Anda.


8. Pakai kuota 4G LTE


Saya sering sekali memberi saran untuk menggunakan kuota 4G LTE di artikel-artikel sebelumnya. Alasannya, alasannya yaitu kuota 4G LTE kebanyakan mempunyai kuota berkali-kali lebih banyak dibanding kuota 3G.

Selain kuota yang lebih banyak, koneksi 4G LTE juga jauh lebih cepat dan stabil dibanding kuota 3G. Anda sanggup lihat perbedaannya di artikel aku sebelumnya : Cara download file besar supaya cepat dan tidak corrupt

Anda sanggup menentukan provider terbaik yang sudah meng-cover 4G di kawasan dimana tempat Anda tinggal, tentunya dengan kuantitas yang menyesuaikan.


9. Mengurangi acara yang menghabiskan kuota

 

Aktivitas-aktivitas ibarat download, streaming atau membaca sebuah komik di internet akan menciptakan kuota Anda jadi cepat habis. Kalau Anda ingin kuota jadi lebih hemat, kurangilah acara ibarat ini.

Solusinya, Anda sanggup melaksanakan download pada video yang ingin di tonton atau melaksanakan save file pada halaman-halaman situs tertentu, bila memang ingin ditonton / dibaca berulang-ulang.

Atau Anda juga sanggup menggunakan cara berikut...


10. Maksimalkan WIFI

 

Jika tempat tinggal, sekolah atau tempat kerja Anda mempunyai koneksi WIFI, Anda harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. Karena koneksinya yang cepat dan sanggup dibilang unlimited,  WIFI yaitu koneksi yang pas untuk Anda yang suka menggunakan internet.

Anda sanggup melaksanakan aktivitas tertentu yang memakan banyak kuota ibarat yang aku bilang tadi melalui WIFI.


Tapi alasannya yaitu koneksi WIFI sifatnya publik, lebih baik Anda tidak melaksanakan acara ibarat transaksi atau sejenisnya (Karena gampang disusupi).


Penutup...


Sekian, semoga dengan 10 cara diatas sanggup membantu Anda yang mempunyai duduk masalah kuota cepat habis, terutama pada acara browsing. Beberapa langkah diatas mungkin akan berbeda sesuai dengan versi Android yang Anda gunakan (Kalau aku pakai Android Nougat 7.1).

Beberapa poin diatas juga mungkin tidak akan bekerja di HP Anda. Tapi bila HP Anda termasuk keluaran baru, rata-rata bisa.

Semoga sanggup membantu Anda yang kuota HP nya cepat habis..

Semoga bermanfaat.


0 Response to "10 Cara Mengatasi Kuota Internet Android Cepat Habis Jadi Hemat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel