Cara Gampang Menciptakan File Midi Untuk Video Shyntesia

Untuk pemain piano, atau terutama keyboard. Pasti kadang ingin merekam permainan kita kan? Merekamnya sanggup melalui HP atau kamera video yang sanggup diputar berulang-ulang nantinya.

Tapi untuk hasil rekaman pastinya tidak akan sesuai harapan. Masalahnya hasil rekaman tergantung kondisi ruangan, keyboard yang digunakan, dan kamera yang dipakai.

Jika ada faktor yang tidak mendukung, kesudahannya 90% akan berisik dan banyak noise.


 Pasti kadang ingin merekam permainan kita kan Cara Praktis Membuat File Midi Untuk Video Shyntesia
Contoh video shyntesia di youtube.. Yang nonton ratusan ribu!

Saya ini pemain keyboard yang berguru otodidak. Karena di kota saya, kursus piano jaraknya tidak mengecewakan jauh, jadi sulit kesana.

Di rumah, aku biasanya main piano dengan berguru sendiri lewat video-video yang ada di youtube. Kebetulan untuk melodi sudah terbiasa di kepala, jadi tinggal pembiasaan saja.

Nah, di youtube ini berbagai video Shyntesia. Mirip dengan aplikasi-aplikasi piano android, dimana lagu yang dimainkan akan menyerupai hujan. Jatuh ke tuts yang dibunyikan secara teratur.

Video shyntesia ini berbagai yang suka dan nonton. Karena dengan video shyntesia, orang-orang yang ingin bermain piano, khususnya para pemula akan sanggup berguru lewat video tersebut.

Makara sebenarnya, bagaimana cara buatnya?


Persiapan...

 

Pertama, siapkan dulu sebuah keyboard yang sudah support midi. Coba cek bab belakang, ada colokan midi in dan midi out, bentuknya menyerupai ini:

 Pasti kadang ingin merekam permainan kita kan Cara Praktis Membuat File Midi Untuk Video Shyntesia


Lalu siapkan juga sebuah kabel midi untuk dicolok antara keyboard dan komputer. Fungsinya, biar keyboard sanggup terbaca di komputer atau laptop yang nantinya akan digunakan untuk merekam. Lalu bagaimana cara sambungnya? 

Cara sambungnya sudah aku buat lengkap di : Cara menyambung keyboard piano ke PC

Makara silakan ikuti cara disana.

Di link yang aku berikan diatas, aku tidak menulis cara buat file midi. Saya hanya bilang bahwa keyboard aku gunakan untuk memasukkan audio di hasil rekaman video permainan piano aku biar tidak ada noise.

Nah, untuk menciptakan midinya, teman butuh sebuah software berjulukan Freepiano.

Freepiano, ialah software untuk bermain piano di PC dengan keyboard. Software ini juga punya fitur perekam yang menciptakan kita sanggup merekam permainan kita.

Dan fitur perekam ini, nanti akan kita buat jadi sebuah file midi. Yaitu dengan cara men-exportnya kedalam harddisk PC / laptop.


Caranya...

 

1. Pertama, pastikan Keyboard sudah tersambung dengan PC atau laptop sobat. 

2. Kemudian, dapatkan aplikasi freepiano di freepiano.tiwb.com. Filenya kurang lebih hanya dibawah 4 MB. Ingat, ada dua versi, yaitu 32 bit dan 64 bit. Makara sesuaikan dengan Windows.

3. Kalau sudah, freepiano ini softwarenya portable, alias sanggup pribadi pakai tanpa install. Extract terlebih dahulu softwarenya dengan winrar. Jika sudah, buka softwarenya.

4. Pada bab options (tanda obeng) setting kabel midinya terlebih dahulu. Ikuti saja softwarenya, gampang kok.

5. Kemudian, cek di keyboard piano sobat, tekan tutsnya. Jika freepiano merespon, artinya keyboard sudah siap dipakai.

6. Kemudian, klik tombol warna merah yang ada disebelah kanan tombol 'group'. Fungsinya untuk merekam permainan.

7. Mainkan hingga selesai. Jika sudah, klik lagi tombol merah nya.

8. Lalu klik file -> Export -> Midi file (MID) -> Simpan hasil rekaman tadi di harddisk.

 Pasti kadang ingin merekam permainan kita kan Cara Praktis Membuat File Midi Untuk Video Shyntesia



Finishing...

 

File midi tadi, kini sudah siap untuk dijadikan sebuah video di shyntesia. Dapatkan dan install terlebih dahulu shyntesianya. Kemudian masukkan file midi tadi ke direktori lagu shyntesia.

Jika sudah, tinggal di play, kemudian rekam laptop / PC dengan software perekam. Bisa dibaca disini:  Cara merekam game untuk upload ke youtube.

Judulnya untuk rekam game, tapi sanggup juga untuk rekam shyntesia kok.

Nah, untuk hasilnya, kebetulan aku punya 1 video bekas dulu yang untungnya belum terhapus dari beranda profil facebook saya. Ini tumpuan jadinya:







Ngomong-ngomong video diatas, video yang aku buat 3 tahun kemudian untuk upload ke grup facebook. Kebetulan banyak minta tutorial dari lagu ini. Sayangnya waktu itu permainan aku masih berangasan hehe. 

Kalau kurang besar, volume speakernya diperbesar saja ya. Karena aku pribadi upload tanpa edit dulu (aplikasi editnya error).

Tambahan, supaya tidak ada gangguan menyerupai macet. Coba baca cara atasi laptop lemot (khusus untuk pengguna laptop)


Apa sih laba pakai shyntesia?


Seperti yang aku bilang, shyntesia ini berbagai yang cari. Walau tidak sebanyak video permainan piano yang direkam langsung, tapi jumlah saingannya relatif belum begitu banyak.

Sehingga berpeluang di monetisasi untuk sanggup uang di youtube.

Membuat video shyntesia juga sanggup jadi cara irit untuk rekam video permainan piano di youtube tanpa alat-alat menyerupai mic atau video recorder mahal.


Penutup...

 

Sekian, kurang lebih itu saja. Jika ada yang ditanyakan, boleh ditaruh lewat kotak komentar. Sukses uploadnya ya. Kalau bisa, tag url blog ini di salah satu video shyntesia teman hehe.

Terima kasih.



0 Response to "Cara Gampang Menciptakan File Midi Untuk Video Shyntesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel