8 Cara Mengatasi Lag Pes 2018 (Update - Dijamin Lancar)

Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES, yaitu salah satu game sepak bola yang paling digemari di dunia. Sedikit berbeda di seri-seri PES sebelumnya, PES 2018 meminta sistem requirements lumayan tinggi, sehingga berpotensi terjadi lag atau patah-patah.

Saya sendiri cukup kaget, ketika sistem requirements PES 2018 resmi diumumkan, dimana spesifikasi yang diharapkan cukup jauh. Yang berbeda dengan seri-seri PES sebelumnya yang notabene hanya butuh low spec.


 Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES 8 Cara mengatasi LAG PES 2018 (UPDATE - Dijamin lancar)


Perbandingannya ibarat berikut, untuk PES 2017, sistem requirementsnya:

CPU: Intel Core2 Duo 1.8GHz / AMD Athlon ? X2 240 or equivalent processor
RAM: 1 GB
OS: Windows 10, 8.1, 8, 7 SP1, Vista SP2

VIDEO CARD: DirectX 9.0c compatible video card. 1024 MB
SOUND CARD: DirectX 9.0c compatible sound card
FREE DISK SPACE: 8 GB

Spesifikasi PES 2017 diatas, masih cukup jadul, dimana dari segi CPU dan VGA termasuk seri hardware lama. Sedangkan PES 2018:

CPU: Intel Core i5-3450(3.10GHz)/AMD FX 4100(3.60GHz)
CPU SPEED: Info
RAM: 8 GB
OS: Windows 10, 8.1, 8, 7 SP1(64bit)
VIDEO CARD: NVIDIA GTX 650/AMD Radeon HD 7750
FREE DISK SPACE: 30 GB

Nah, di PES 2018 ini spesifikasi yang diharapkan meloncat cukup tinggi, dimana hardware yang dibutuhkan, yaitu hardware keluaran sekitar tahun 2012/2013 yang masih tidak mengecewakan baiklah buat ngegame jaman kini (di resolusi HD)


Memang, hardware-hardware tersebut pada zamannya tidak begitu tinggi, (masih termasuk entry level), tapi secara umum dikuasai low spec gamer ibarat saya masih terasa berat ketika menjalankan game ini.

Lantas bagaimana supaya tidak lag?


Singkat kisah ketika mencoba PES 2018 di PC saya dengan spesifikasi: AMD Athlon 860K (Quad Core), RAM 8GB dan VGA HD 7730 DDR3. Spek saya ini, cukup mendekati dengan minimum sistem requirements PES 2018.

Tapi, ketika saya memainkannya di resolusi HD, saya mengalami patah-patah dan gerakannya yang tidak halus.

Tentu tidak enak, main PES 2018 patah-patah/macet begitu, apalagi 2 player, lebih parah lagi.




Nah, disini balasannya saya sanggup cara optimalisasi agar pes 2018 tidak lag. Cara ini dijamin PES sahabat lebih lancar,fps bertambah dan lagnya berkurang.

Cara untuk mengurangi lag di PES 2018 ada 4 cara.

4 cara? Iya, hanya 4 cara. 4 cara ini yaitu cara yang dijamin sanggup menambah fps PES 2018 dan mengurangi LAGnya. Langsung saja:


1. Update dan Optimalisasi Driver VGA.

 


Yang pertama, sebab PES 2018 ini termasuk game yang baru, maka kita juga perlu optimalisasi dengan driver yang baru.

Jika vendor VGA sahabat sudah merilis update driver baru, jangan lupa untuk rutin mengupdatenya.

Yang kedua, sahabat sanggup melaksanakan optimalisasi grafis lewat driver VGA, yaitu dengan mensetting grafis dari tampilan ke performance. Berikut teladan saya menggunakan VGA AMD dan driver AMD Crimson.

 Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES 8 Cara mengatasi LAG PES 2018 (UPDATE - Dijamin lancar)
Atur ke performance / sesuaikan


2. Mengurangi resolusi di PES 2018




Cara kedua, yaitu dengan mengatur resolusi layar di setting PES 2018.

Semakin besar resolusi yang diatur di dalam sebuah game, maka semakin berat juga kerja VGA. Untuk itu, mengurangi resolusi layar sanggup menjadi salah satu opsi supaya fps pada PES 2018 bertambah.

Buka Setting PES 2018, lihat pada belahan Resolution, nah, silakan atur resolusi ke yang lebih rendah.


 Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES 8 Cara mengatasi LAG PES 2018 (UPDATE - Dijamin lancar)


Saya menggunakan monitor wide 19,5 Inch dengan resolusi HD (1366x768), di belahan setting resolusi, saya atur ke (1280x720) 16:9 karena itulah resolusi yang paling rendah yang sanggup saya setting.

Entah apakah berbeda di komputer lain sebab saya belum tes.

Jika sahabat mempunyai spesifikasi monitor berbeda, coba sesuaikan settingnya, dan perhatikan aspect ratio, sebab di seri PES sebelumnya, jikalau ratio layar tidak pas, maka layar jadi tidak full. (Kurang tahu kalau PES 2018).


3. Mengganti data dt00_x64.cpk dengan yang telah dimodifikasi oleh Theartman



Jika sahabat sedang mencari cara mengatasi PES 2018 yang lag di google, mungkin sahabat akan menemukan rekomendasi untuk mengganti dt00_x64.cpk dengan yang sudah di modifikasi.

Penggantian data ini wajib supaya FPS yang didapatkan sanggup lebih tinggi.

Di file yang telah dimodifikasi ini, yang telah saya baca, file ini yaitu file untuk merubah setting grafis yang 'dipaksa' ke very low. Sehingga FPS yang didapatkan jauh lebih tinggi.

Perbedaan FPS yang saya sanggup ketika saya tes, mencapat 10 FPS, ini termasuk cukup tinggi, sebab dengan 10 FPS perbedaan gerakan akan jauh lebih halus.

Sobat sanggup mencobanya di sini

  • Update : Karena beberapa orang ada yang komplain linknya error.. Sobat sanggup cek di artikel berikut..


4. Mengatur setting grafis di PES 2018.



Salah satu poin menarik disini, yaitu ketika pertama kali saya membuka PES 2018, saya tidak menemukan settingan grafis di setting PES 2018, yang biasanya tersedia dalam 3 opsi, yaitu low,medium dan high (Sobat penggemar seri PES niscaya tahu.)

Yang otomatis, kita tidak sanggup mengatur lebih jauh lagi setting grafisnya.

Sempat kecewa, tapi ternyata letak setting grafis PES 2018 telah berubah ke render setting di dalam game.

Kerennya, di render setting di dalam game ini kita sanggup mengoptimalisasi lebih jauh settingan grafis di bandingkan seri PES sebelumnya.

Sehingga dengan setting yang customable ini sanggup menyesuaikan setting grafis dengan sasaran FPS yang diinginkan.


Cara untuk settingnya, pertama buka terlebih dahulu gamenya, kemudian buka Render setting,

Kalau saya bukanya di exhibiton match -> pilih tim -> ketika berada di layar gameplan, lihat kanan -> buka system setting -> kemudian buka render setting.

Di render setting ini, silakan sesuaikan grafis yang diinginkan. Jika menargetkan FPS yang lebih baik dan lancar, sahabat sanggup ganti grafisnya dari high ke low.

 Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES 8 Cara mengatasi LAG PES 2018 (UPDATE - Dijamin lancar)
Settingan saya

Sebagai contoh, gambar diatas yaitu settingan PES 2018 di PC saya. Karena saya termasuk gamer tengah-tengah (target grafis yummy + FPS lancar), maka saya setting ke low-medium-high di beberapa bagian.

Jujur, 4 cara diatas adalah 4 cara yang saya pakai untuk mengurangi LAG di PES 2018, dan hasilnya kini lancar. Terakhir saya main lawan adik saya, saya menang 15-6 (Pamer sedikit hehe).

Note: Jika sahabat ingin mengupdate atau mem-patch PES 2018 (team,kits,pemain) dengan yang terbaru, sahabat sanggup mencoba update dengan option files: Cara Patch PES 2018 dengan Option Files (Team,Kits,Transfer)

[: Cara mengatasi game yang crash (Stopped Working)


  • Update 23 Oktober 2017

Karena banyak PM yang minta diupdate artikel ini. Maka akan saya update kembali. Karena sudah jadi kebiasaan, untuk mengupdate artikel-artikel yang ada tutor barunya.

Disini akan saya tambah tutor yang sudah saya riset dan tes untuk menambah FPS di PES 18. Oke, berikut updatenya:


5. Memakai Low Specs Experience dari ragnotech



Low Specs Experience yaitu sebuah tools dari ragnotech yang berfungsi untuk mengubah setting grafis untuk menambah FPS yang lebih tinggi. Tools ini besarnya sekitar 250 MB. Tampilannya ibarat berikut:


 Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES 8 Cara mengatasi LAG PES 2018 (UPDATE - Dijamin lancar)


Ketika saya tes, ternyata tools ini berfungsi untuk mengubah resolusi dari game ke yang lebih rendah. Karena ibarat yang kita tahu, PES 2018 di settings.exe mentok di 1280x720.

Sobat sanggup mengubah / meningkatkan secara optimal settingan dengan tools ini. Hasil grafis yang didapat memang akan ngeblur (karena resolusi yang dimainkan rendah), tapi FPS yang didapat juga akan lebih besar.

Sobat sanggup mencobanya di https://ragnos1997.com/lowspecsexperience

Untuk cara installnya agak ribet, tapi sanggup dilihat di sini:




Sebenarnya katanya sanggup juga pakai PES 2016 Resolutions Changer. Tapi belum saya tes sebab sewaktu aplikasinya dibuka di Windows 10, aplikasinya tidak bekerja.


6. Memakai 'crowd disabler' (Optional)



Kerumunan dari penonton, yaitu salah satu alasan dari PES 18 yang lag. Ini sebab beban grafis dari penonton cukup berat.

Sobat sanggup mencoba mod Crowd disabler untuk menghilangkan kerumunan penonton ini.

Ngomong-ngomong saya taruh optional disini, sebab mod Crowd disabler ini sudah berkali-kali saya coba (dengan bermacam-macam file dan tools) tapi tidak work.

Makara silakan coba, siapa tahu work di PC / laptop sobat. Silakan klik disini


7. Optimasi settingan grafis khusus pengguna NVIDIA

 

Sebenarnya saya bukan pengguna NVIDIA. Tapi di PM facebook, ada yang nanya settingan driver untuk VGA NVIDIA.

Sebenarnya praktis aja. Yang penting, ganti semua settingan ke low atau perfomance ibarat yang saya bilang tadi.

Untuk antialiasing, kalau tidak ada setting off, cukup biarkan aplikasi eksklusif yang setting. Antialiasing ini dari pengalaman saya cukup bikin FPS drop.

Nah, coba lihat rujukan setting VGA Nvidia disini:




Mungkin tampilan drivernya sanggup berbeda tergantung versi driver masing-masing. Apalagi VGA usang yang kadang tidak sanggup update driver VGA versi baru. Makara sesuaikan saja penempatannya dengan versi driver masing-masing, juga sesuaikan lagi setting terbaik untuk PC / laptop sobat.


8. Overclocking hardware (Optional but recommended)



 Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES 8 Cara mengatasi LAG PES 2018 (UPDATE - Dijamin lancar)
Overclocking ringan dengan AMD overdrive

 

Untuk sobat,terutama menggunakan PC yang hardwarenya sudah 'support' overclocking. Bisa mencoba cara ini.

Overclocking sanggup menambah FPS yang didapat di dalam game. Bukan hanya PES 2018, game lain pun akan ikut bertambah.

Tapi sebelum mengoverclock, pastikan dulu seluruh hardware yang didapat sudah support. Seperti Processor, HSF, Mainboard, dan tentu saja Power Supply supaya tidak ada kerusakan.

Overclock sanggup dilakukan secara ringan saja. Melalui BIOS, Driver atau tools.

Kalau saya OC ringan Processor lewat BIOS ditambah OC ringan VGA, penambahan FPSnya kurang lebih sekitar 3 hingga 4 FPS. Lumayan nambah lancar.

Tapi perlu dicatat, segala kerusakan sahabat yang tanggung ya. Silakan cari cara-caranya di google atau di oc.jagatreview.com


9. Aktifkan V-Sync (Update 27 Januari 2018)

 

Khusus untuk sahabat yang punya FPS besar dan stabil, coba nyalakan V-sync.. Pengaktifan V-sync sanggup diatur lewat driver. Silakan cek driver masing-masing.


Berapa FPS yang saya sanggup sehabis optimasi? 

 


Penasaran dengan FPS yang saya sanggup di spek PC saya ini? Sebelum optimasi, saya hanya sanggup sekitar 20 FPS. Belum di cek, tapi dari lagnya sudah tertangkap lembap antara 20 FPS atau kebawah.

Nah, sehabis optimasi, FPS yang saya sanggup kini stabil di 45 FPS Dengan overclocking ringan.

Berikut hasil dengan FRAPS:


 Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES 8 Cara mengatasi LAG PES 2018 (UPDATE - Dijamin lancar)

Di replay, saya sanggup 35 FPS hingga 40 FPS (Atau sedikit lebih tinggi). Tapi di scene tertentu, FPS yang saya sanggup kadang drop di bawah 30. Tapi jarang, jadi terasa lancar-lancar saja.

 Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat PES 8 Cara mengatasi LAG PES 2018 (UPDATE - Dijamin lancar)


Di permainan biasa, FPS yang saya sanggup stabil di 45 FPS. Minimumnya kira-kira 42 FPS, Average 45/46 FPS, Maksimum 51 FPS. Bisa dibilang cukup lancar. Jarang menemui hambatan lag apapun.

Tanpa overclocking ringan, FPS yang didapat kira-kira 2 FPS lebih rendah dibanding dengan overclock.

NB: Maaf fotonya buruk ya. Kamera HP saya memang kualitasnya agak jelek.


Nah, mungkin FPS yang didapatkan niscaya berbeda-beda di PC atau laptop. Apalagi dengan spesifikasi yang berbeda-beda, tapi dengan 8 Cara diatas, setidaknya semoga sahabat sanggup mendapat gaming experience yang lebih baik. Lebih halus dan lebih lancar.

Jika spesifikasi sahabat sudah terlalu jauh dari sistem minimum yang diharapkan PES 2018, ada baiknya supaya sahabat mengupgrade PC sobat, sebab opsi upgrade inilah opsi terbaik supaya ngePESnya tidak ngelag.

Sekian terima kasih.

0 Response to "8 Cara Mengatasi Lag Pes 2018 (Update - Dijamin Lancar)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel