Cara Lengkap Mengatasi Laptop Tidak Dapat Nyala

Laptop tidak nyala, problem ini jarang ditemui, tapi sekalinya ketemu sangat merepotkan untuk memperbaikinya. Laptop yang tidak sanggup menyala sendiri ada beberapa kasus, contohnya:

  • Laptop menyala tapi layar mati.
  • Laptop menyala, layar juga menyala tapi tidak ada gambar apa-apa.
  • Laptop benar-benar tidak sanggup menyala sama sekali.
  • Laptop menyala sebentar tapi mati sendiri

Diantara masalah diatas, ada juga masalah dimana laptop menyala tapi layar
menampilkan gambar yang aneh (biasanya abu-abu).




Penyebab laptop tidak menyala, kebanyakan dari komponen belahan dalam, dan biasanya berafiliasi dengan power laptop.

Saya sendiri punya laptop lama, yang sudah tidak menyala kembali hingga ketika ini. Sebelumya jujur saja, saya bukan seorang teknisi laptop, tapi sudah saya melaksanakan riset melalui forum-forum.

Dam sesudah saya tanya-tanya untuk referensi, disini saya akan memperlihatkan tips cara mengatasi laptop tidak sanggup menyala:


1. Cek baterai laptop kemudian pasang kembali.


Yang pertama dilakukan untuk mengatasi laptop tidak sanggup menyala, sobat sanggup mengecek kembali baterai laptop.

Coba cabut dan pasang kembali, dulu laptop saya pernah tidak sanggup nyala, dan normal kembali sesudah melaksanakan hal ini.


2. Memakai charger dengan atau tanpa baterai.


Yang kedua, cobalah untuk menggunakan laptop dengan keadaan charger yang terhubung.

Cara ini dipakai bila baterai sobat benar-benar sudah rusak. Dimana ketika baterai laptop sudah rusak, laptop masih sanggup menyala tapi biasanya akan mati sendiri dalam jangka waktu tertentu.


3. Memakai tips berikut untuk atasi laptop yang tidak sanggup menyala.


Tips berikut didapatkan dari situs resmi salah satu produsen laptop besar. Caranya yaitu dengan:

  • Lepaskan baterai dari laptop sobat, kemudian cabut kabel charger dari laptop sobat.
  • Tekan dan tahan tombol power di laptop sobat selama kurang lebih 30 detik. Jika sudah lepaskan.
  • Pasang kembali baterai laptop, dan sambungkan charger laptop menyerupai biasa
  • Setelah semuanya sudah terpasang dengan benar, coba nyalakan kembali laptop sobat.


4. Membersihkan memory / RAM laptop.


Cara ini dipakai bila laptop serta layar nya menyala, tapi tidak ada gambar apa-apa.


Salah satu penyebabnya ialah memori RAM yang bermasalah atau rusak. Cara yang sanggup dilakukan untuk memperbaikinya, ialah dengan membongkar kemudian membersihkan RAM tersebut.

Pertama bersihkan terlebih dahulu debu yang melekat dengan tisu, kemudian bersihkan belahan kuningan RAM dengan penghapus hingga benar-benar bersih.

Konektor RAM yang kotor, akan mengganggu RAM sehingga laptop tidak sanggup membaca RAM dengan baik dan benar.


5. Diamkan laptop selama 3 hari atau lebih.


Cara ini memang aneh, tapi saya pernah mengalami hal ini di PC saya Ketika itu, PC saya sanggup dinyalakan, tapi entah kenapa layarnya gelap.

Kemudian saya berinisiatif untuk membersihkan hardware-hardware nya, tapi problem tidak teratasi.

Karena malas untuk troubleshooting nya lagi, hasilnya saya biarkan saja PC tersebut. Setelah kurang lebih 4 harian, saya mencoba lagi menyalakan PC tersebut dan anehnya berjalan kembali dengan normal.

Nah, mungkin sobat sanggup mencoba cara tersebut pada laptop sobat.


6. "Saya sudah melaksanakan seluruh hal diatas, tapi kenapa laptop masih belum normal?".



Berarti kerusakan yang terdapat pada belahan dalam komponen sobat sudah tidak mengecewakan parah. Jika sudah begini, mau tidak mau sobat harus membawanya ke service center laptop sobat, atau kepada teknisi komputer.

Jika sobat mau tanya apa saja biasanya kerusakan yang terjadi pada komponennya, jawabannya tidak pasti.

Saat perbaikan, teknisi nanti akan menganalisis serta mengganti komponen belahan dalam laptop yang terjadi kerusakan.



Sekian, begitulah cara mengatasi laptop yang tidak sanggup menyala. Semoga membantu dan bermanfaat bagi sobat yang laptop nya sedang rusak.

Membuat artikel ini, terasa cukup sulit bagi saya, alasannya ialah minimnya sumber rujukan informasi yang sanggup didapatkan.

Kaprikornus untuk teman-teman teknisi laptop, saya akan sangat berterima kasih, bila teman-teman mau membantu saya soal pengalaman serta tips untuk mengatasi kerusakan laptop. Silakan tinggalkan pada kotak komentar.

Terima kasih sudah membaca.

0 Response to "Cara Lengkap Mengatasi Laptop Tidak Dapat Nyala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel