4 Cara Ampuh Selamatkan Kontak Android Yang Rusak Atau Bootloop

Seperti yang kita tahu, bootloop yaitu kondisi dimana smartphone gagal untuk masuk ke dalam sistem, dan akibatnya hanya berputar-putar saja ketika boot.

Smartphone android yang bootloop ini penyebabnya kebanyakan alasannya kerusakan pada file sistem, yang biasanya alasannya faktor ketidak cocokan file.


 bootloop yaitu kondisi dimana smartphone gagal untuk masuk ke dalam sistem 4 Cara ampuh selamatkan kontak android yang rusak atau bootloop


Dan singkat kisah saya pernah menerima hp dalam kondisi bootloop, dan pemilik HP tersebut ingin saya biar menyelamatkan kontaknya.

Sebuah pekerjaan yang tidak mengecewakan sulit, apalagi kalau hp tersebut belum ada backupnya dan minimnya informasi yang sanggup didapatkan dari internet.


Setelah kurang lebih percobaan selama tiga hari, akibatnya saya berhasil membackup kontak tersebut dengan aman!

Dengan ini, teman tidak perlu pusing lagi, siapa tahu cara ini ampuh buat teman yang mau menyelamatkan kontak smartphone android bootloop sobat.

Bagaimana caranya? Berikut ulasan perihal cara menyelamatkan kontak android yang bootloop:


1. Sobat harus punya jalan masuk ke recovery CWM

Nah, hal pertama yang harus dilakukan yaitu memasang CWM (Clock Word Mod) Recovery di Android sobat. Jujur, ini langkah yang paling repot kalau HP teman tidak mendukung CWM.

Bagaimana kalau tidak bisa? teman sanggup mencoba menggantinya dengan recovery yang lain, apapun boleh asalkan sanggup mengambil file database kontak.

Cara memasang CWM sendiri mungkin berbeda-beda di tiap tipe serta brand smartphone, jadi silakan teman cari terlebih dahulu cara untuk memasangnya.

Dalam HP keadaan bootloop, cara memasang CWM sanggup dilakukan dengan di Flash melalui PC. Prosesnya cepat, kurang lebih hanya memakan 3 menit.


2. Backup seluruh data teman melalui CWM ke dalam SDCARD

Jika sudah melaksanakan backup, masukkan seluruh data backup-an CWM ke dalam komputer. Nah, kalau sudah kita sanggup mulai bekerja:


  • Sobat akan menemui file "data" dalam bentuk file kompress, biasanya .tar, ekstrak file tersebut memakai software semacam winrar atau sebagainya. 

  • Lakukan pencarian database kontak, nama filenya contact2.db di folder hasil ekstrak, direktorinya ada di data\data\com.android.providers.contacts\databases

  • File database tersebut berisi data-data kontak sobat, tidak percaya? ini buktinya

 bootloop yaitu kondisi dimana smartphone gagal untuk masuk ke dalam sistem 4 Cara ampuh selamatkan kontak android yang rusak atau bootloop


3. Meng-convert kontak tersebut biar sanggup dipakai.
   
Pada data contact2.db tadi, bukan hanya berisi data-data nomor kontak, tapi juga logs terakhir di smartphone teman juga ada.
File contact2.db ini masih belum sanggup diapa-apakan. Saya sendiri ketika sedang melihat-lihat database kontak, isinya ada lebih dari 1000 nomor kontak!

Bayangkan, kalau saya harus memasukkan secara manual nomor-nomor kontak yang ada di database tersebut.

Nah, disini kita akan meng-convert file database tersebut ke fomat .vcf (variant call format).

Dengan file .vcf ini kita sanggup mengimpor kontak-kontak yang tersimpan di database tadi ke dalam android dengan aplikasi atau memakai email (nanti saya jelaskan). Berikut caranya:
  • Backup kontak tersebut untuk jaga-jaga. Nah, kalau sudah buka link berikut: gsmrecovery.ru
  • Upload file contact2.db tadi ke kotak yang di sediakan. Kalau sudah klik "convert".
  • Simpan hasil file convert tersebut ke komputer / laptop sobat..


4. Import kontak teman ke dalam android
 Step terakhir, teman tinggal mengimpor file .vcf tadi ke dalam android menyerupai yang dijelaskan sebelumnya, disini saya akan memakai gmail untuk mengimpor kontaknya.

  • Klik "more" dan klik "import" kemudian pilih "csv/or vcard file"


 bootloop yaitu kondisi dimana smartphone gagal untuk masuk ke dalam sistem 4 Cara ampuh selamatkan kontak android yang rusak atau bootloop

  • Mungkin teman akan disuruh ke mode tampilan lama. Caranya hanya tinggal import kontak melalui vcard tadi. 
  • Jika sudah browse dan memasukkan file .vcf tadi Seharusnya file kontak tadi sudah masuk ke dalam kontak gmail sobat

Selesai, kalau hp teman sudah benar, tinggal login dengan email yang diisi kontak tadi, kemudian sinkronkan biar seluruh kontak masuk ke hp sobat.

Nah, ada kemungkinan beberapa dari kontak teman menghilang, kontak yang saya backup waktu itu dari 1000 lebih kontak, menghilang sekitar 150an kontak.

Tapi kebanyakan dari kontak yang menghilang tersebut yaitu kontak yang tidak ada nomornya.


Cara ini hanya 1 dari banyak cara yang sanggup digunakan untuk menyelamatkan kontak sobat.  

Jika ada dilema ketika backup, mungkin teman sanggup menanyakannya disini lewat kotak komentar yang disediakan. Terima kasih.

0 Response to "4 Cara Ampuh Selamatkan Kontak Android Yang Rusak Atau Bootloop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel