Cara Gampang Menyambungkan Keyboard Piano Ke Pc Atau Laptop

Saya sering sekali buka youtube untuk mencari video-video musik anime yang terutama sudah di cover ke piano.

Lalu pernah suatu waktu, saya melihat video tutorial cara bermain lagu tersebut lewat piano..

Videonya ibarat piano dilihat dari atas kemudian dapat diikuti yang mana yang harus diketuk.

video musik anime yang terutama sudah di cover ke piano Cara gampang menyambungkan keyboard piano ke PC atau laptop



Awalnya saya kira mereka buat video tutor itu dengan menciptakan sheet (partitur) kemudian diinput ke software tertentu. I

ya mungkin saja,

tapi ternyata ada cara lebih mudahnya.. Yaitu menyambungkan dan merekam pribadi keyboard musik digital ke PC.

UPDATE 02-07-2017

Nah, materi yang dibutuhkan:


  • Keyboard digital yang ada slot MIDI IN dan MIDI OUT
video musik anime yang terutama sudah di cover ke piano Cara gampang menyambungkan keyboard piano ke PC atau laptop
Keyboard saya, Yamaha PSR 280
video musik anime yang terutama sudah di cover ke piano Cara gampang menyambungkan keyboard piano ke PC atau laptop
Ini pola port Midi, Cek belakang keyboard soba untuk melihat sudah didukung atau belum

  • Sebuah kabel MIDI To USB - Bisa dibeli di toko komputer, saya beli sekitar 65 Ribu, atau dapat juga beli lewat online.

video musik anime yang terutama sudah di cover ke piano Cara gampang menyambungkan keyboard piano ke PC atau laptop
Kabel MIDI To USB

  • PC Atau Laptop
  • Software virtual piano (Seperti Midi piano,Free piano,Shyntesia Dsb)

 Cara menyambungkannya
  • Ambil kabel Midi To USB kemudian sambungkan ke keyboard dengan cara:
Kabel MIDI IN disambung ke socket MIDI IN di keyboard dan MIDI OUT ke socket MIDI OUT
Atau
Kabel MIDI IN disambung ke socket MIDI OUT di keyboard dan MIDI OUT ke socket MIDI IN (Dibalik

  • Colokkan USB nya ke PC atau laptop sobat
  • Kabel Midi To USB saat dicolok, biasanya pribadi Plug and play tanpa perlu menginstall driver.
  • Buka software virtual piano yang sudah sahabat download.
  • Pada software virtual piano Setting Midi To USB, Aktifkan Input dan outputnya
video musik anime yang terutama sudah di cover ke piano Cara gampang menyambungkan keyboard piano ke PC atau laptop
Biasanya pada input dan output akan tertera "USB2MIDI atau sejenisnya.
  • Ketuk keyboard sobat, Jika tersetting dengan benar, Maka pada software virtual piano secara otomatis akan ikut terketuk juga.

Nah selesai, sahabat tinggal bereksperimen apa saja yang dapat sahabat lakukan seletelah menyambungkan keyboard musik ke PC atau laptop sobat.


Saya biasa menggunakannya untuk merekam permainan keyboard saya, kemudian saya satukan dengan video yang sudah saya rekam sebelumnya juga. Makara videonya tidak ada noise.

atau juga mengambil dampak piano di software virtual soalnya lebih mendekati ke piano aslinya. alasannya maklum saya pakainya keyboard tua. haha.. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Gampang Menyambungkan Keyboard Piano Ke Pc Atau Laptop"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel